Hubungan Stratifikasi Sosial terhadap Variabel Ekonomi pada Masyarakat Nelayan

The Relationship of Social Stratification to Economic Variables in Fisherman Communities

  • Adinda Azima Riskiya Sibarani Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anisa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aprida Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dea Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lutfiah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Asiyah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sandiyatun Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Silvina Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wanda Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Delfriana Ayu Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Ekonomi, Nelayan, Sosial, Stratifikasi

Abstract

Stratifikasi atau stratasosial adalah struktur sosial yang berlapis-lapis di dalam suatu masyarakat. Lapisan sosial menunjukkan bahwa masyarakat memiliki strata, mulai dari yang terendah sampai yang paling tinggi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stratifikasi sosial terhadap variabel ekonomi pada masyarakat nelayan di desa paluh sibaji kecamatan pantai labu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat nelayan di desa palusibaji kecamatan pantai labu, dengan menggunakan sampel sebanyak 30 orang nelayan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stratifikasi sosial mempengaruhi kemakmuran atau kondisi ekonomi masayarakat nelayan. Baik dari segi pendapatan, jenis alat tangkap yang digunakan, maupun kejadian stratifikasi sosial di tempat kerja nelayan.

References

Ery, R. (2023). STRATIFIKASI SOSIAL DAN PERILAKU KEAGAMAAN MASYARAKAT NELAYAN DI UJUNG BOM KELURAHAN KANGKUNG KECAMATAN BUMI WARASKOTA BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Handoko, D. K. D., Fitriyana, F., & Susilo, H. (2022). KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI HUBUNGAN PATRON KLIEN PADA MASYARAKAT NELAYAN PURSE SEINE DI KELURAHAN BERBAS PANTAI KECAMATAN BONTANG SELATAN KOTA BONTANG. Jurnal Perikanan Unram, 12(3), 408-417.

Husen, I. S. (2014). Dinamika Perubahan Sosial Masyarakat Nelayan dalam Meningkatkan Taraf Hidup di Kelurahan Mafututu Kota Tidore Kepulauan. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Kuswandi, Aos. (2016). Manajemen Pemerintahan Daerah. Bekasi: Badan Penerbit Universitas Islam ‘45’ (UNISMA).

Manggabarani, I. (2017). Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan yang Tinggal di Pesisir (Studi Kasus Lingkungan Kecamatan Luwaor Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene). AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 1 (1), 27-33.

Nahdiyah Ika Rahmah, 2017 "stratifikasi masyarakat nelayan di desa tanjungsari kabupaten pemalang" UNES

Sukmawati, D. (2008). Struktur dan pola hubungan sosial ekonomi juragan dengan buruh di kalangan nelayan Pantai Utara Jawa Barat (Studi tentang simbiosis antara juragan dengan nelayan buruh di Pondok Bali Kecamatan Legon Kulon Kabupaten Subang). Jurnal Kependudukan Padjadjaran, 10(1), 50.

Syatori, A. (2016). Ekologi politik masyarakat pesisir (Analisis sosiologis kehidupan sosial-ekonomi dan keagamaan masyarakat nelayan Desa Citemu Cirebon). Holistik, 15(2).

Ulfa, M. (2018). Persepsi masyarakat nelayan dalam menghadapi perubahan iklim (ditinjau dari aspek sosial ekonomi). Jurnal Pendidikan Geografis, 23 (1), 41-49.

Wasak, MP (2010). Situasi Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Desa Kinabuhutan Kecamatan Likupang Barat. Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jurnal Pasifik, 3 (5), 958-962.

Published
2023-07-06
Section
Artikel Penelitian