Strategi Komunikasi Politik Rano Karno: Pemanfaatan Citra 'Si Doel' Dalam Pilgub DKI Jakarta Tahun 2024

Rano Karno's Political Communication Strategy: Leveraging the Image of 'Si Doel' in the 2024 Jakarta Gubernatorial Election

  • Muhammad Prakoso Aji Dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Ameilya Az-Zahra Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Fayza Arzmy Niafaran Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Muhammad Putra Tyanto Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Adinda Sekar Kinanthi Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
Keywords: Citra Budaya, Pemasaran Politik, Rano Karno, Si Doel, Strategi Komunikasi.

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi politik Rano Karno dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024 melalui pemanfaatan citra budaya populer “Si Doel Anak Betawi” sebagai modal politik. Fenomena ini memanfaatkan simbol budaya lokal sebagai modal politik untuk membangun kedekatan emosional dengan masyarakat di tengah kontestasi politik modern yang semakin mengandalkan media digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan secara sistematis strategi komunikasi politik yang diterapkan. Penelitian menggunakan teori pemasaran politik Bruce I. Newman dengan fokus pada konsep exchange process dan kerangka 4P (Product, Push Marketing, Pull Marketing, dan Polling) yang menjelaskan hubungan timbal balik antara kandidat sebagai penyedia jasa politik dan pemilih sebagai konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra “Si Doel” berhasil berfungsi sebagai produk politik yang kuat serta memperkuat identitas Rano Karno sebagai sosok merakyat, sederhana, dan dekat dengan masyarakat Betawi serta kelas menengah ke bawah. Optimalisasi media massa dan media sosial, khususnya Instagram berhasil memperluas jangkauan komunikasi hingga ke generasi muda. Kesimpulannya, keberhasilan Rano Karno menegaskan pentingnya integrasi simbol budaya lokal, strategi pemasaran politik, dan komunikasi yang adaptif untuk membangun citra politik yang kuat sekaligus inklusif dalam konteks demokrasi modern.

References

Buku
Kaid, L. L. (2004). Handbook of political communication research. Lawrance Erlbaum Assosiates.
Newman, B. I. (1993). The marketing of the president: Political marketing as campaign strategy. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Jurnal
Abdullah, A., Mahameruaji, J. N., & Rosfiantika, E. (2018). ‘SI DOEL ANAK SEKOLAHAN’, SINETRON INDONESIA PALING FENOMENAL (Tinjauan Ilmu Komunikasi atas Sinetron Si Doel Anak Sekolahan). ProTVF, 2(2), 209–219.
Amanu, H., & Karmila, L. (2021). Peran Media Massa dalam Komunikasi Politik Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 1(1), 1-8.
Apriliachani, D., Maula, S. D., Sasongko, R. L., Rameli, R. M., & Cahyani, A. R. (2024). Strategi Politik Iklusif: Analisa Pasangan Pram-Rano dalam Kontestasi Pilkada 2024. Journal of Indonesian Social Studies Education, 2(1), 26-32.
Cahyaningrum, Z. R., & Zamzamy, A. (2025). Political branding Rano Karno dalam Pilkada Jakarta 2024 sebagai “Si Doel” melalui akun Instagram @si.doel. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 56–73.
Hakim, S. (2024). Penggunaan nama “Si Doel” dinilai sebagai strategi politik. Antara News; ANTARA. https://www.antaranews.com/berita/4350943/penggunaan-nama-si-doel-dinilai-sebagai-strategi-politik?
Hurasan, R., Sidharta, V., Nazaki, & Sophia, U. (2022). Komunikasi pemasaran politik dalam pemilihan kepala daerah (Studi kasus pemilihan kepala daerah Kabupaten Buru Selatan Provinsi Maluku 2020), Global Komunika, 5(1).
Joniarta, I. W. (2024). Strategi komunikasi politik pasangan calon dalam meningkatkan dukungan elektoral melalui media sosial Instagram dalam perspektif administrasi publik. Governance: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, 11(2).
Lestari, P., & Sihombing, L. H. (2022). Learning Indonesian Culture through an Indonesian TV Series Si Doel Anak Sekolahan. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3).
Nurfaiz, M. R. (2025). Memadukan seni dan politik: Strategi kepemimpinan “Si Doel” (Rano Karno) dalam mengatasi tantangan sosial budaya di DKI Jakarta. ResearchGate.
Nada, S. (2020). Representasi budaya Betawi dalam film Si Doel The Movie. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Rahmadi, I., & Rifqi, M. (2025). ‘Si Doel’ dalam kontestasi Pilkada Jakarta: Strategi dan makna simbolik. Jurnal Penelitian Inovatif, 5(1), 705–712.
Said, R. W. (2023). FENOMENA POLITIK IDENTITAS DALAM PEMILU DI INDONESIA. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(1), 10-15.
Toha, L. I. (2024). Komunikasi politik kampanye pemilu di Indonesia 2024 perspektif filsafat bahasa Antonio Gramsci. Lingue: Bahasa, Budaya, dan Sastra, 6(1), 49-61.
Yolanda, A. T., Prasetyo, G., & Purnomo, M. I. (2025). Nostalgia budaya politik: Strategi kampanye Rano Karno melalui citra “Si Doel” perspektif konstruksi sosial realitas. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 6(7), 71–80.
Zainuri, R. A. Strategi public relations politik pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief pada pemilihan kepala daerah serentak provinsi Banten 2017 (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah).
Published
2025-10-11
Section
Article