Manajemen Strategi dalam Mempertahankan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah

Strategic Management in Maintaining Micro, Small and Medium Enterprises Business

  • Fathul Huda Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi Kesehatan dan Bisnis Graha Ananda Palu
Keywords: Manajemen, Strategi, Produk, Promosi, Harga, Proses

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi pemasaran pada UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke UMKM Yeyandana Store untuk melakukan wawancara pribadi dengan Pemilik Andana Septi Musdalifah. Dilengkapi dengan data-data penjualan produk beberapa tahun ke belakang. Peneliti menyimpulkan bahwa ada beberapa pembahasan yaitu bagaimana strategi yang dilakukan Yeyandana Store berdasarkan Marketing Mix 7P (Product, Promotion, Price, Place, People, Process, Physical Evidence). Strategi produk yaitu inovasi product baru bucket masker. Strategi promotion berupa potongan harga. Strategi price setiap pembelian produk mendapatkan bonus masker dan bunga yang terbuat dari kain flannel. Strategi place yaitu fleksibilitas dalam pengiriman produk sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. Meskipun ada kendala dari segi keuangan dan bahan baku tetapi Yeyandana Store masih bisa menemukan solusi dan alternatifnya yaitu dengan mengelola keuangan dan menggunakan bahan baku secara efisien. Kemudian, solusi UMKM Yeyandana Store dalam menghadapi Covid-19 adalah dengan menjaga cash flow, melakukan inovasi produk, memaksimalkan media sosial dan layanan antar atau delivery.

References

Fauzi, R. U. A., kadi, D. C. A., Ernanda, G. K. S., Triwidya, P.,& Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Indonesia Berdaya, 2021, 2.1:21-30.

Kotler, Philip dan Gerry Amstrong. (2014): Principle Of Marketing, 15th edition, New Jersey:Pearson Pretice Hall.USA

Labaso,S. (2018). Penerapan Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. “MANAGERIA: Jurnal manajemen Pendidikan Islam 3.2 (2018):289-

Paramita, M., & Zulkarnain, M. I. (2018). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Permodalan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 2018, 4.1.

Sofiana, S. (2021). Strategi Pemasaran Catering Dapur Titto Melalui Facebook dan Instragram (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2024-03-13
Section
Artikel Penelitian