Pengaruh Media Sosial dan Getok Tular terhadap Keputusan Pembelian Pato Donat di Kota Palu
The Effect of Social Media and Word of Mouth on the Decisions to Purchase Pato Donut in Palu City
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh media sosial dan word of mouth secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian Pato Donat di Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli donat di Pato Donat di Palu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kausal dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media sosial dan word of mouth secara simultan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikan F sebesar 0,000 < ? (0,05). Begitu juga, hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel media sosial memiliki nilai signifikan t sebesar 0,001 < ? (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel word of mouth memiliki nilai signifikan t sebesar 0,025 < ? (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Bachri, S., Darman. 2017. The Searching Natural Marketing Networks: South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, Vol. 13. (123-127)
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Erlangga.
Hidayati, Hosianna Ayu. 2013. Faktor-faktor yang membentuk komunikasi Word of Mouth dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen ketan legenda batu).
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/272, di akses tanggal 18 Mei 2018.
Kurnia, Dita. 2013. Pengaruh iklan dan Word of Mouth (WOM) terhadap minat beli mahasiswa universitas negeri padang atas kartu perdana im3.
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/530, di akses tanggal 18 Mei 2018.
Kotler, Philip dan Gary, Armstrong, 2012. Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Marketing Management 14th edition. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip and Keller, K.L. 2016. Marketing Management, 15th Edition,
Pearson Education,Inc.
Rohandi, Mochamad Malik Akbar. 2016. Effective Marketing Communication : Word Of Mouth. Bandung. Universitas Islam Bandung (UNISBA)
Sumardy, Silviana, M., Melone, M. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Supranto dan Nandan Limakrisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media: Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi: Yogyakarta.
Pamungkas, Bagas Aji 2016. Pengaruh promosi di media sosial dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada kedai bontacos, jombang) https://www.neliti.com/id/publications/106806/pengaruh-promosi-di-media-sosial-dan-word-of-mouth-terhadap-keputusan-pembelian, di akses tanggal 28 April 2018.
Putri, Citra Sugianto 2016. Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli.
https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/viewFile/348/317, di akses
tanggal 06 Agustus 2018.