Pengaruh Rasio Pasar dan Rasio Profitabilitas terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
The Influence of Market Ratio and Profitability Ratio on Stock Returns in Manufacturing Companies in the Consumer Goods Sub-Sector Listed on the Indonesia Stock Exchange
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Rasio Pasar Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode Tahun 2019-2023. Adapun teknik analisis Regresi Linear Berganda versi 23. Berdasarkan hasil analisis secara simultan, PER dan ROA tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Model regresi hanya mampu menjelaskan sebesar 0.7% variasi return saham, yang berarti sebagian besar variasi dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Secara parsial, PER tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Hal ini menunjukkan bahwa rasio pasar ini belum menjadi pertimbangan utama bagi investor dalam menentukan nilai saham pada subsektor barang konsumsi. ROA juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. Ini menunjukkan bahwa profitabilitas perusahaan belum cukup memengaruhi minat investor terhadap saham perusahaan tersebut. Hasil ini sejalan dengan beberapa penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa rasio keuangan seperti PER dan ROA tidak selalu mampu memprediksi return saham secara kuat, terutama pada sektor barang konsumsi yang sangat dipengaruhi oleh permintaan pasar dan faktor eksternal.
References
Almira, D., & Wiagustini, N. L. P. (2020). Pengaruh Return on Assets terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Unud, 9(3), 721–738.
Budiman, B., & Margaretha, F. (2024). Nilai Perusahaan dan Return Saham. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 28(1), 55–66.
Fabozzi, F. J. (2021). Bond Markets, Analysis, and Strategies (9th ed.). Pearson Education.
Ghiffari, M. A. (2021). Pengaruh ROA terhadap Return Saham di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 13(2), 144–156.
Jefri, D., Aulia, F., & Ramadhan, T. (2024). Analisis Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Return Saham pada Perusahaan Barang Konsumsi di BEI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 55–64.
Kumar, R., & Patel, S. (2022). Valuation Metrics and Return Consistency in Defensive Stocks: Evidence from India. Journal of Finance and Investment Analysis, 11(4), 89–105.
Kusumas, D. & Retnaningdiah, P. (2023). Pengaruh ROA dan ROE terhadap Return Saham Perusahaan Barang Konsumsi. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 24(2), 178–187.
Mangkey, H. C., Worang, F. G., & Tumiwa, J. R. (2022). Pengaruh Return on Assets terhadap Return Saham pada Sektor Konsumsi. Jurnal EMBA, 10(1), 317–327.
Nugroho, S., & Wijaya, R. (2020). Analisis Pengaruh PER terhadap Return Saham pada Sektor Barang Konsumsi. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 16(1), 33–40.
Okalesa, M., Hasanah, I., & Saharuddin. (2020). Pengaruh Nilai Perusahaan terhadap Return Saham pada Sektor Consumer Goods. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 8(1), 12–19.
Putri, Y. K., & Soedarsa, H. G. (2025). Dampak Kinerja Keuangan terhadap Return Saham Sektor Consumer Goods BEI. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 26(1), 88–101.
Resti Intan Sari, R., Nurfadilah, R., & Arifin, Z. (2020). Pengaruh ROA terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 210–222.
Rudianto. (2021). Akuntansi Manajemen (Edisi Revisi). Erlangga.
Sari, F. D., & Gunawan, B. (2021). Analisis Profitabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Konsumsi. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 9(2), 110–117.
Simamora, R., & Manurung, D. T. (2021). Price Earning Ratio dan Return Saham: Studi pada Sektor Konsumen. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 13(3), 92–99.
Sugiono, D., & Untung, S. (2021). Manajemen Keuangan: Teori dan Praktik (Edisi 2). CV Andi Offset.
Sugiyono, I. (2023). *Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D* (Edisi ke?2, Cet. ke?2). Yogyakarta: Alfabeta. ISBN 978?602?289?533?6.
Supeno. (2022). Analisis Laporan Keuangan dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 10(2), 34–45.
Sujarweni, V. W. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Pustaka Baru Press.
Susilo, A., Fadhil, R., & Wibowo, H. (2023). Hubungan Price Earning Ratio terhadap Return Saham. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Indonesia, 13(3), 54–69.
Syifa, N., & Fauji, A. (2021). Pengaruh Kepemilikan Kelembagaan terhadap Nilai Perusahaan dengan DER dan ROA sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 177–188.
Umar, H., Kartini, & Safitri, A. (2021). Pengaruh PER dan ROA terhadap Return Saham Sektor Makanan dan Minuman. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 10(1), 25–32.
Wijaya, R., & Nuryasman, H. (2022). Analisis PER dan Return Saham pada Perusahaan Barang Konsumsi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 11(2), 200–210.
Wulandari, M. (2020). Return On Assets dan Pengaruhnya terhadap Return Saham Perusahaan Makanan dan Minuman. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 4(1), 45–52.
Zhang, Y., Tan, W., & Li, J. (2023). Value vs Growth Stocks: Evidence from Asian Equity Markets. Asian Financial Review, 17(1), 44–59.