Ramadhan Happy Kids: Program Pengabdian untuk Menyemai Kepedulian Sosial Anak
Ramadhan Happy Kids: A Community Service Program to Sow Children's Social Awareness
Abstract
Bulan Ramadhan momentum yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial, terutama kepada anak-anak sebagai generasi penerus. Program Ramadhan Happy Kids hadir sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan menyemai empati, semangat berbagi, serta rasa tanggung jawab sosial pada anak-anak usia dini. Kegiatan ini dirancang secara interaktif dan menyenangkan melalui metode edukasi kreatif, game educatif, dongeng islami, dan aksi sosial sederhana seperti berbagi takjil serta Zakat kepada warga yang membutuhkan. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif yang melibatkan anak-anak, orang tua, dan relawan dalam setiap kegiatan. Edukasi dikemas dalam bentuk Pembelajaran dan praktik partisipatif. bernilai edukatif, serta kegiatan turun langsung ke masyarakat sebagai bentuk praktik nyata dari nilai-nilai yang diajarkan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme dan kesadaran sosial pada anak-anak peserta program. Mereka tidak hanya memahami makna berbagi, tetapi juga mulai menunjukkan sikap peduli terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari. Program ini terbukti efektif sebagai media pembentukan karakter sosial anak dengan pendekatan yang menyenangkan dan bermakna. Ramadhan Happy Kids menjadi contoh bahwa menanamkan nilai kemanusiaan dapat dimulai sejak dini, dalam balutan kegiatan yang penuh kebahagiaan.
References
Badi’ah, R., Odelia, E. M., Anugrahadi, Y. D., Effendi, R., & Swasti, I. K. ): (2022). Program Pelatihan Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir UPN “Veteran” Jawa Timur. TOEFL Online Special Ramadhan (TOSRSELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6((4),), 1932–1943. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V6i4.11673
Chandra K, F., Asih, F., Fauziah, L., Sidik, A. F., Putri, S. A.-A., Saputra, R. K. E., … Asfi, M. (2023). MENUMBUHKAN GERAKAN WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI KEGIATAN BAZAR RAMADHAN 1444 H. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1163. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V7i2.15011
Hilmin, H. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7((1)), 37-45.
Jaya, S. (2024). MENINGKATKAN LIETERASI AL-QURAN ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN MASJID AL MASYITHOH LINGKAR TIMUR MELALUI KEGIATAN MAGRIB MENGAJI. KENDURI?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3,((3)), 137-147. Https://Doi.Org/10.62159/Kenduri.V3i3.1004
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal Of Instructional And Development Researches, 4(1),((1),), 25-37.
Kumari, R., Nurhayati, S., Harmiasih, S., & Yunitasari,. (2023). Menumbuhkan Sikap Empati Pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sedekah Jumat Berkah Di PAUD Insan Mandiri Kota Bogor.. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1067–1074.
Nainggolan, M., & Lubis, S. I. A. (2023). Penerapan Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Di RA Ar Rahman Sei Paham Asahan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3((5),), 4487-4495.
Nurwinda Setyaningsih, & Irma Nur Cantika. (2025). DIMENSI SPRITUAL DAN SOSIAL DALAM IBADAH RAMADHAN: KAJIAN TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS . Central Publisher, 2((2),), 1680-1685. Https://Doi.Org/10.60145/Jcp.V2i2.351
Saniya, K., & Filasofa, L. M. K. (2025). Penanaman Karakter Sosial Anak Melalui Program Berbagi.
Suryawan, I. A. J. (2020). Penanaman Nilai Moral Dan Etika Pada Anak Usia Dini Melalui Konsep Sorga Neraka. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1((1),), 1-11.
Tabi’in, A.. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal Of Social Science Teaching, 1((1).), 40–59.
Uce, L. (N.D.). MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK.
Utama, F., & Tanfidiyah, N. (2019). Pendekatan Dalam Studi Islam Emphatic Dan Homeschooling Scaffolding Vigotsky Untuk Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7((1)), 43-64.
Yanto, M. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Perspektif QS. Al-Baqarah Ayat 83. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 414-427.((1),), 414-427.