Diplomasi Public Relations Telkomsel dalam Meningkatkan Reputasi Bisnis Telekomunikasi di Indonesia

Telkomsel's Public Relations Diplomacy in Improving the Reputation of Telecommunication Business in Indonesia

  • Mumtaz Haya Waralalo Program Magister Ilmu Komunikasi Korporat, Universitas Paramadina
  • Yayat Kusneti Program Magister Ilmu Komunikasi Korporat, Universitas Paramadina
Keywords: Public Relations Diplomacy, Corporate Reputation, Telkomsel, Digital Transformation, Social Programs

Abstract

Diplomasi Public Relations (PR) Telkomsel berperan penting dalam membangun dan memelihara reputasi perusahaan sebagai pemimpin industri telekomunikasi di Indonesia. Sebagai bentuk komunikasi satu arah yang strategis, diplomasi PR digunakan Telkomsel untuk menyampaikan pesan-pesan kunci yang mencerminkan inovasi teknologi, seperti jaringan 5G, dan kontribusi sosial melalui program Telkomsel Peduli dan Internet Baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana diplomasi PR Telkomsel dirancang untuk membangun persepsi positif publik dan memperkuat citra perusahaan sebagai mitra terpercaya pemerintah dalam transformasi digital Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui analisis dokumen, wawancara, dan laporan program sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diplomasi PR Telkomsel berhasil menyampaikan nilai-nilai perusahaan secara efektif, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan mendukung posisi Telkomsel sebagai aktor utama dalam transformasi digital di Indonesia. Studi ini menyoroti pentingnya komunikasi satu arah yang terarah dan konsisten dalam menciptakan reputasi yang kuat dan berkelanjutan.

References

Carroll, A. B., & Shabana, K. M. (2010). The business case for corporate social responsibility: A review of concepts, research, and practice. International Journal of Management Reviews, 12(1), 85–105. https://doi.org/10.1111/j.1468-2370.2009.00275.x
Coombs, W. Timothy. (2015). Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding (4th edition). Thousand Oaks: SAGE Publications.
Corporate Communication Team Telkomsel – Penghargaan 2021. (2021). Retrieved from https://mix.co.id/mix-award/pr-of-the-year/corporate-communication-team-telkomsel-corcomm-team-of-the-year-2021-in-infrastructure-utility-telecommunication-transportation-industry
Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart & Winston.
Juliana, R., Asmara, S., Kurniawati, D. (2022). Manajemen komunikasi krisis Direktorat Jenderal Pajak dalam mengatasi dampak negatif dari pemberitaan Pajak Pertambahan Nilai barang kebutuhan pokok. Jurnal KomunikA, 18(2). Retrieved from https://talenta.usu.ac.id/komunika/article/view/9545
Kuwoto, M. A., Sudarmanti, R., & Utami, A. B. (2024). Construction of political education in learning Pancasila and Citizenship in increasing students' political awareness. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 21(2), 274–283. https://doi.org/10.21831/jc.v21i2.73916

MIX MarComm. (2021). Corporate Communication Team Telkomsel – Corcomm Team of the Year 2021 in Infrastructure, Utility, Telecommunication & Transportation Industry. Retrieved from https://mix.co.id/mix-award/pr-of-the-year/corporate-communication-team-telkomsel-corcomm-team-of-the-year-2021-in-infrastructure-utility-telecommunication-transportation-industry/
Pahlevi, R. H. (2017). Peran Corporate Communication Telkomsel dalam membangun citra positif perusahaan melalui program CSR di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, Universitas Mulawarman. Retrieved from https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/03/JURNAL%20(03-23-17-03-13-22).pdf
PR Indonesia. (2023). 7 Strategi Diplomasi untuk Meningkatkan Reputasi. Retrieved from https://www.prindonesia.co/detail/3498/7-Strategi-Diplomasi-untuk-Meningkatkan-Reputasi
Rahmawati, N. A., & Mustakim, I. (2021). Manajemen Krisis PT. Imedco Djaja dalam Menangani Kasus Kebangkrutan. Media Komunika, 4(2), 3–12.
Santoso, A., & Kusumaningrum, F. (2020). Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT. Angkasa Pura I (Persero) dalam Kasus Kebakaran Terminal Keberangkatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. E-Jurnal Komunikasi Universitas Udayana, 8(4), 658–672.
Sudarmanti, R., & Purbaningrum, D. (2022). Supportive communication climate in the self-development of Generation Z. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 8(1), 29–40. https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/
Telkomsel. (2023). Tips membangun komunikasi korporat yang efektif untuk bisnis. Retrieved from https://www.telkomsel.com/enterprise/insight/blog/tips-membangun-komunikasi-korporat-yang-efektif-untuk-bisnis
Telkomsel. (2023). Telkomsel Gelar Program Internet Baik Series 7 2023: Ajak Generasi Muda Inspiratif. Retrieved from https://www.telkomsel.com/about-us/news/telkomsel-gelar-program-internet-baik-series-7-2023-ajak-generasi-muda-inspiratif
Telkomsel. (2021). Telkomsel Luncurkan Layanan 5G Pertama di Indonesia: Wujud Nyata Transformasi Digital. Retrieved from https://www.telkomsel.com/about-us/news/telkomsel-luncurkan-layanan-5g-pertama-di-indonesia-wujud-nyata-transformasi-sebagai
Telkomsel. (2023). Kontribusi Telkomsel untuk Indonesia. Retrieved from https://www.telkomsel.com/about-us/kontribusi
Telkomsel Peduli COVID-19. (2020). Donasi dan Kuota Gratis. Retrieved from https://www.sulutreview.com/wp-content/uploads/2020/07/Telkomsel-Peduli-COVID-19.jpg
Program Internet Baik Series 7. (2023). Literasi Digital. Retrieved from https://www.telkomsel.com/sites/default/files/2023-02/Internet-BAIK-Series-7.jpg
Peluncuran Jaringan 5G oleh Telkomsel. (2021). Retrieved from https://www.telkomsel.com/sites/default/files/2021-05/Telkomsel-5G-Launch.jpg
Published
2025-06-30
Section
Article