Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Desa Torono Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong

Quality of Health Services at Torono Health Center Village, Sausu District, Parigi Moutong Regency

  • Sussanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Palu
Keywords: Kualitas Pelayanan, Cepat, Tepat, Murah, Ramah

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Desa Torono, Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan tipe penelitiannya deskriptif. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penarikan informan menggunakan purposive. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di Puskesmas Torono belum berkualitas. Ada beberapa faktor atau aspek yang mejadi penyebab sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih belum berkualitas, yaitu masih lambannya tenaga medis dalam memberikan pelayanan kepada pasien/masyarakat yang berobat ke Puskesmas yang terletak di Desa Torono tersebut karena terkendala pada persediaan obat-obatan yang dibutuhkan pasien, serta masih ada beberapa tenaga medis yang dibutuhkan masyarakat tetapi tenaga medis tersebut belum ada yang ditempatkan di Puskesmas Torono, seperti tenaga profesi gizi. Selain itu fasilitas dalam memberikan pelayanan secara cepat kepada pasien juga masih sangat minim, sehingga sebagian pasien harus dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk melakukan perawatan dan masih banyak masyarakat yang mengeluhkan biaya perawatan mandiri yang dianggap masih terlalu mahal. Dengan demikian, diharapkan agar masalah-masalah tersebut di atas, dapat diatasiĀ  dengan mengedepankan pelayanan yang prima, sehingga pasien dapat merasakan kualitas pelayanan kesehatan yang berpihak kepada Masyarakat.

References

Afifuddin dan Saebani, Ahmad Beni. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Pustaka Setia.
Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2014, tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suhady, Idup. 2000. Manajemen Pelayanan Masyarakat. LAN-RI, Jakarta
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
Published
2025-06-30
Section
Article