Kinerja Perangkat Desa di Desa Maku Kecamatan dolo Kabupaten Sigi

  • Sussanti Sussanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Palu
Keywords: Motivasi, Kemampuan, Kesempatan, Kinerja

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Kinerja Perangkat Desa Maku Kecamatan  Dolo Kabupaten Sigi. Dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan tipe penelitiannya deskriptif. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penarikan informan menggunakan purposive. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Teori yang digunakan adalah teori Robbins yang terdiri dari 3 (tiga) aspek yaitu motivasi, kemampuan dan kesempatan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa kinerja perangkat Desa Maku relatif belum efektif. Penyebabnya adalah aspek motivasi, yaitu masih kurangnya motivasi dari dalam diri, sehingga mempengaruhi rendahnya disiplin kerja perangkat desa. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan sehingga perangkat desa cenderung melanggar aturan organisasi, yaitu tidak tegasnya sanksi yang diberikan Kepala Desa kepada perangkat desa. Sementara aspek kemampuan telah sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sedangkan aspek kesempatan, relatif sudah berjalan sesuai dengan harapan perangkat desa, karena adanya kesempatan yang diberikan untuk mengembangkan sumber daya manusianya.

References

Afifuddin dan Saebani, Ahmad Beni. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Pustaka Setia.
Dwiyanto, Agus., 1995. Penilaian Kinerja Organisasi Publik. Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Fisipol UGM, Yogyakarta.
Gibson James L. 1990. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses (Jilid II) Jakarta. Erlangga.
Idrus Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta. Erlangga.
Irawan Prasetya. 2006. Analisis Kinerja:Panduan Praktis Untuk Menganalisis Kinerja Organisasi, Kinerja Proses dan Kinerja Pegawai, LAN RI, Jakarta.
Kartono Kartini. 1993. Pemerintahan dan Kepemimpinan. Rajawali Press. Jakarta.
Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 239/IX/6/82003 Tentang Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
Mahmudi. 2005. Manajemen kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : UPP AMP YKPN
Mangkunegara Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta. Refika Aditama.
Nawawi Hadari. 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Gajah Mada Universitas Press, Yogyakarta.
Ndraha Taliziduhu. 1997. Budaya Organisasi. Jakarta. Rineka Cipta.
Pasolong Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Alfabeta. Bandung.
Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa
Rasyid M. 1992. Pembangunan Kualitas dan Usaha-usaha Peningkatan Aparatur Pemerintah. Universitas Tadulako Palu.
Robbins Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi. Jakarta. Prehallindo.
Siagian Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Rineka Cipta. Jakarta
Simamora Henry,1995, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Jakarta.
Sinambelan L.P. 2006. Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan dan Implementasi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Sudarto Aman. 1999. Analisis Kinerja. Surabaya : Diklat Prop. Dati I Jatim.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suseno. 2002. Prestasi Kerja, Produktivitas Kerja, dan Profit kerja. Yayasan Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Syarif Roesli. 1991. Teknik Manajemen Latihan dan Pembinaan. Bina Aksara. Bandung.
Tjiptoherianto Prijono. 1993. Pembangunan Sumber Daya Manusia. Prisma. Jakarta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah
Wibowo J. 2007. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Widodo Joko. 2006. Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja. Jakarta. Bayumedia Publishing.
Published
2024-12-11
Section
Artikel Penelitian