Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Dengan Perilaku Oral hygiene Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di SDN 01 Duhiadaa
Abstract
Kesehatan gigi dan mulut merupakan aspek penting bagi anak usia sekolah. Anak-anak dengan tingkat pengetahuan yang baik tentang kesehatan gigi cenderung memiliki perilaku oral hygiene yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan kesehatan gigi dengan perilaku oral hygiene pada siswa SDN 01 Duhiadaa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari 84 siswa kelas 5 dan 6 yang dipilih dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi, lalu dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat pengetahuan kesehatan gigi yang baik (95,35%), sedang (1,16%), dan buruk (1,16%). Perilaku oral hygiene siswa dikategorikan cukup (56,32%), baik (39,08%), dan buruk (1,15%). Uji Spearman menunjukkan korelasi sebesar 0,217 dengan p-value = 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan kesehatan gigi dengan perilaku oral hygiene. Kesimpulannya, terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan kesehatan gigi dengan perilaku oral hygiene siswa. Oleh karena itu, edukasi kesehatan gigi perlu ditingkatkan melalui peran orang tua, guru, dan tenaga kesehatan guna membentuk kebiasaan perawatan gigi yang lebih baik sejak dini.
References
A. Badu, 2024. Buku Ajar Metode Penelitian & Penulisan Hukum. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi
A.Amalia 2023. Penyusunan Instrumen Penelitian Konsep, Teknik, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Contoh Instrumen Penelitian. NEM. Jawa Tenga
Anggaraini, D.2023. Buku Ajar:Metodologi Penelitian Kesehatan. Stikes Majapahit Mojokerto. Mojokerto
Ariani, 2024. Metodologi Penelitian: Langkah Mudah Menulis Skripsi dan Tesis. PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers. Banjarmasin
Asep S.T. 2021. Menyikat Gigi Tindakan Utama Untuk Kesehatan Gigi, Jurnal Skala Husada, Poltekkes Denpasar, Denpasar. Universitas Diponeogoro, 4(3), 56-57.
Dimyati, J. 2023. Pengukuran Dan Penilaian Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Prenada Media. 3(4), 88-90.
Ramdhan M, 2023. Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara. Jakarta
Femilian Afryla, 2024. Pengetahuan dan Sikap dalam Memengaruhi Perilaku Manajemen Pengelolaan Pasien HIV/AIDS. Deepublish. Yogyakarta
Budi E, 2024. Buku Ajar Promosi Kesehatan Dan Pendidikan Kesehatan. Basya Media Utama. Jawa Timur
Ermawati, T. 2023. Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Pendekatan Art Therapy pada Siswa Taman Kanak-Kanak di Jember. Warta Pengabdian, 17(1), 1-3.
Ermawati, T., 2021. Improving Oral And Dental Health Through Counseling To Elementary School Students In Jember. Journal of Community Service and Empowerment, 2(1), 1–7.
Lesmana Gusman, 2021. Bimbingan Konseling Populasi Khusus. Prenada Media. Jakarta
A. Hidayat 2021. Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing. Surabaya
Islamiati, N. 2022. Hubungan Penilaian Diri Dan Perilaku Kebersihan Gigi Mulut Pada Remaja Dan Ibu The Borrelation Between Dental Hygiene Behavior And Self-Assessed Oral Hygiene Of Adolescents And Mothers In Desa Sumber Jaya Bekasi Regen. Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students, 6(2), 111-114.
Kamil, H., 2020. Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Syiah Kuala University Press. Aceh
Kumala, E. 2023. Relasi Penyakit Sistemik dengan Jaringan Periodontal serta Penatalaksanaannya. Universitas Brawijaya Press. Jawa Timur
Mahirawatie, I. 2021. Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Orang Tua pada Karies Gigi Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun. Indonesian Journal of Helath and Medical, 1(3), 487–492.
Manurung, N. (2021). Hubungan Pelaksanaan Oral Hygiene Dengan Dengan Penurunan Kesadaran Di Rsu Imelda. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 3(2), 105–114.
MAULANI, D. C. (2022). Kiat Merawat Gigi Anak. Elex Media Komputindo. Jakarta
Nasution, A. I. (2022). Jaringan Keras Gigi?: Aspek Mikrostruktur dan Aplikasi Riset. Syiah Kuala University Press. Aceh
Siti Rapingah, 2022. Buku Ajar Metode Penelitian. Feniks Muda Sejahtera.
Jawa Barat
Ari Wibowo N, 2023. Buku ajar Pencegahan Penularan Infeksi Pasien VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA di Ruang Perawat Insentif. UMSurabaya Publishing. Surabaya
Pangastuti, L. 2021. Pengaruh Oral Hygiene Pada Tingkat Kejadian Ventilator Associated Pneumonia Pada Pasien. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), 168–183.
Pargunanto, S., 2020. Pengetahuan Dan Perilaku Oral Hygiene Dengan Kejadian Karies Gigi. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1), 58–63.
Perniti, 2020. Faktor Pengetahuan dan Kejadian Karies Gigi pada Anak Usia Sekolah: Literature Review. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika, 3(2), 1–12.
Prakoso, P. 2022. Pengaruh Pengetahuan Tentang Personal Hygiene dengan Metode Ceramah dan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Dalam Mencegah Keputihan di SMK Bakti Purwokerto. UMP Keperawatan, 2. Purwokerto
Purwanto. 2019. Variabel Dalam Pendidikan. Surabaya, Teknodik, 10(18), 1–20.
Putri, V. 2021. Efektifitas Gosok Gigi Massal dan Pendidikan Kesehatan Gigi Mulut pada Anak Usia 7-11 Tahun di SDN 174 Kel. Murni Kota Jambi. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(1), 63.
Hidayat R, 2021. Kesehatan Gigi dan Mulut-Apa yang Sebaiknya Anda Tahu? Andi Publisher. Yogyakarta
Radhiyani, F., 2021. Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. Ananta Vidya. Yogyakarta
Ramadhani R, 2021. Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Prenada Media. Jakarta
Restuning, S. 2022. Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut Pasien Rawat Inap. Penerbit NEM. Bengkulu
Roesminingsih, M. 2024. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bayfa Cendekia Indonesia.
Rusmiati, 2023. Pengantar Kesehatan Gigi Dan Mulut. Pustaka Aksara. Jawa Timur
Salfiyadi, T. 2024. Manajemen Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi. Penerbit NEM. Bengkulu
Salfiyadi, T., 2023. Peran Perawat Gigi di Puskesmas Dalam Mendukung Transformasi Kesehatan The Role of Dental Nurses in Community Health Centers in Supporting Health. 2(1), 64–70.
Sariningsih, E. 2021. Merawat Gigi Anak Sejak Dini. Elex Media Komputindo. Jakarta
Siahaan, S. (2020). Pembelajaran Ragam Kelas/Tingkatan (Multigrade Teaching) DI SEKOLAH DASAR (SD): Konsep dan Penerapannya. Jurnal Teknodik, 15, 043–067.
Rahmah Haruna, S. 2022. Faktor Yang Berhubungan Dengan Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Uwais Inspirasi Indonesia. Jawa Timur
Suanda, I. 2021. Implementasi Proses Pembelajaran dalam Penyuluhan Kesehatan Bagi Tenaga Kesehatan. Media Nusa Creative (MNC Publishing). Syapitri, H., 2021. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Ahlimedia Book. Jambi
Wahyudi, L. 2022. Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22.
Nur Aida, W 2024. Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut Individu. Nas Media Pustaka. Semarang
Widodorini, T., 2021. Hubungan Imt Dengan Karies Gigi Pada Siswa Kelas 5 Sd Di Kota Malang. E-Prodenta Journal of Dentistry, 5(1), 369–383.
Wisnasari, S., 2021. Keperawatan Dasar: Dasar-Dasar untuk Praktik Keperawatan Profesional. Universitas Brawijaya Press.Malang