Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Era 5.0: Tantangan Dan Peluang
Integration of Artificial Intelligence (AI) in Islamic Religious Education Curriculum in the 5.0 Era: Challenges and Opportunities
Abstract
Perkembangan teknologi di era Society 5.0 mendorong dunia pendidikan, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI), untuk melakukan inovasi agar tetap relevan. Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam kurikulum PAI menjadi salah satu solusi strategis untuk membentuk peserta didik yang religius sekaligus melek teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan serta peluang dalam penerapan AI pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Data diperoleh melalui kajian literatur, observasi terbatas, serta wawancara dengan guru dan pakar teknologi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada hambatan seperti keterbatasan sarana, kurangnya pemahaman teknologi di kalangan pendidik, dan sikap resistif terhadap perubahan, AI juga membuka peluang besar dalam hal personalisasi pembelajaran, peningkatan interaktivitas, dan penguatan nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu, integrasi AI perlu dilakukan secara hati-hati dan proporsional dengan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip ajaran Islam.
References
Annisa, N., Nurdin, N., & Syahid, A. (2024). Integrasi Teknologi dan Kecerdasan Buatan Manusia dalam Menigkatkan Pendidikan Islam. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0(KIIIES 5.0)Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2024, 0, 316–322.
Asep Deni, Herman, D. (2024). PENDIDIKAN DIERA SOCIETY 5.0. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Daffa Faqiha Fawwaz Hanjowo, M., Athahirah, N., Febrianto Saputra, R., Al-Farisi, S., & Wijaya Abdul Rozaq, R. (2023). Peran Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(5), 423–428. https://doi.org/10.54543/etnik.v2i5.190
Fahrudin, R., Sollikhin, R., & Masruroh, A. (2024). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Teknologi Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Interaksi Siswa. Mauriduna Journal of Islamic Studies, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i1.1298
Gunawan, N. R., & Handayani, A. N. (2023). Peluang dan Tantangan Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 3(3), 134–138. https://doi.org/10.17977/um068v3i32023p134-138
Hafiz, A., Mu, A., & Amirrachman, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Kecerdasan Buatan?: Perspektif Pendidikan Agama Islam. Mauriduna Journal of Islamic Studies, 5(1), 56–63. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i1.1070
Hasni Noor, Muhdi, Galuh Nashrulloh Kartika MR, H. (2025). PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE. 4(6), 801–810.
In’ami, M. (2020). Pendidikan Islam 5.0: Integrasi Spiritualitas dan Teknologi di Era Disrupsi. ZAHIR PUBLISHING.
M. Yemmardotillah, Anita Indria, Asrizallis, R. I. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0. Journal of Multidislciplinary Education Reseach, 2(02), 75–87. https://doi.org/10.61683/jome.v2i2.127
Muhammad Aufa Muis, Nurul Awalliyah, S. M. (2016). Membentuk Kepribadian (Akhlakul Karimah) Anak Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Era Digital Muhammad. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(September), 1–23.
Muis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., & Putri, S. A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7172–7177. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4872
Putra, M. R. A. (2023). Ketergantungan Pendidikan pada Teknologi: Tantangan dan Kritik Terhadap Konsep Pendidikan 5.0. Proceedings Series of Educational Studies, 183–186. https://typeset.io/papers/ketergantungan-pendidikan-pada-teknologi-tantangan-dan-2o11vgto
Rozi, M. F., Suhaimi, S., & Wahyono, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Dosen Pendidikan Agama Islam Dalam Mengintegrasikan Kecerdasan Buatan Di Universitas Madura. Dirosat?: Journal of Islamic Studies, 9(1), 59. https://doi.org/10.28944/dirosat.v9i1.1647
Sholehah, C. A., & Rachman, P. (2023). Dinamika Transformasi Pendidikan Agama Islam: Sinergitas Artificial Intelligence Dalam Peningkatan Pemahaman Keagamaan. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 169–177. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.317
Sofwan roif ubaidillah, H. U. (2024). TRANSFORMASI ERA SOCIETY 5.0: INTEGRASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Journal of Elementary School Education, 1, 116–127.
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1), 24–35. https://rumahjurnal.net/sagacious/article/view/1139
Suharyo, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045. Humanika, 30(2), 208–217. https://doi.org/10.14710/humanika.v30i2.60563