Pemanfaatan Penggunaan Media Digital yang Aman dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Safe Use of Digital Media in Early Childhood Education

  • Ambar Pawitri STKIP Kusuma Negara
  • Zahrati Mansoer STKIP Kusuma Negara
  • Andi Musda Mappapoleonro STKIP Kusuma Negara
Keywords: Kreativitas Anak, Literasi Digital, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat penggunaan media digital yang aman dalam pendidikan anak usia dini. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, media digital menawarkan banyak potensi untuk mendukung pembelajaran anak-anak. Namun, penggunaan teknologi yang tidak terkontrol dapat menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan anak, seperti paparan konten yang tidak sesuai atau penggunaan berlebihan. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya memilih media digital yang aman dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Studi ini menggunakan metode studi literatur untuk mengidentifikasi berbagai manfaat dan tantangan terkait penggunaan media digital dalam pendidikan anak usia dini. Beberapa manfaat utama yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi peningkatan literasi digital, pengembangan kreativitas, keterampilan sosial, dan pembelajaran yang lebih interaktif. Media digital juga dapat merangsang keterampilan kognitif anak, seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis. Namun, penggunaan media digital harus diawasi dengan ketat untuk menghindari dampak negatif seperti ketergantungan pada perangkat atau gangguan dalam interaksi sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital yang aman dapat memberikan manfaat besar bagi pendidikan anak usia dini jika digunakan dengan bijak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua, pendidik, dan pembuat kebijakan untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan digital yang mendukung perkembangan anak secara holistik.

References

Bozzola, E., Spina, G., Agostiniani, R., Barni, S., Russo, R., Scarpato, E., Di Mauro, A., Vita Di Stefano, A., Caruso, C., Corsello, G., & Staiano, A. (2022). The use of social media in children and adolescents: Scoping review on the potential risks. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(16), 9960. https://doi.org/10.3390/ijerph19169960

Budiarti, E., & Kurniati, K. N. (2024). Developing children's creativity through the TikTok social media platform. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 18(1), 11. https://doi.org/10.21009/JPUD.181.11

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Kwiatkowska, W., & Wi?niewska-Nogaj, L. (2022). Digital skills and online collaborative learning: The study report. The Electronic Journal of e-Learning, 20(5), 510–522. https://doi.org/10.34190/ejel.20.5.2412

Radita, I. G. A., Adikampana, I. M., & Antara, I. K. (2023). The effect of place attachment on the satisfaction and loyalty of tourists visiting the coffee shop in Kintamani, Bangli Regency, Bali. Devotion Journal of Community Service, 4(3), 680–692. https://doi.org/10.36418/devotion.v4i3.428

Rosyadi, R. N., Sarwi, S., Wasino, W., & Wardani, S. (2024). Digital literacy as a support for child-friendly education in the era of technology disruption. Proceedings of the International Conference on Science, Education and Technology, 22–184.

Sari, G. I., Winasis, S., Pratiwi, I., Nuryanto, U. W., & Basrowi. (2024). Strengthening digital literacy in Indonesia: Collaboration, innovation, and sustainability education. Social Sciences & Humanities Open, 10.

Sukmawati, S., Ainiyah, S. W., & Rohma, E. A. (2025). Pengaruh game edukasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik: Studi kasus SDN Daleman I. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 383–396. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3361

Swider-Cios, E., Vermeij, A., & Sitskoorn, M. M. (2023). Young children and screen-based media: The impact on cognitive and socioemotional development and the importance of parental mediation. Cognitive Development, 66, 101319. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2023.101319

Wibowo, G. A., Karim, A. A., Hasan, S. H., & Ruhimat, M. (2023). Use of technology in active learning: Increasing student interaction and engagement. Al-Hijr Journal of Adulearn World, 2(4), 271–293. https://doi.org/10.55849/alhijr.v2i4.539

Published
2025-01-30
Section
Article