Literasi Steam dalam Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini
Steam Literacy in Developing Critical Thinking Skills in Early Childhood
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi STEAM (sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika) dan pengembangan keterampilan berpikir kritis pada anak usia dini di Sekolah Lebah Madu, yang memiliki konsep Islami dan semi alam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional, menggunakan analisis korelasi Pearson untuk melihat hubungan antara kedua variabel. Sampel penelitian terdiri dari anak-anak usia dini yang mengikuti program pembelajaran berbasis STEAM di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi STEAM memiliki hubungan yang sangat kuat dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis anak, dengan nilai korelasi 0.85 untuk literasi STEAM dan 0.90 untuk keterampilan berpikir kritis. Ini menunjukkan bahwa penerapan literasi STEAM dalam pembelajaran di Sekolah Lebah Madu memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan anak untuk berpikir secara logis, kreatif, dan kritis. Selain itu, pembelajaran berbasis STEAM juga berkontribusi pada peningkatan kreativitas dan kemandirian anak dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menyarankan untuk lebih mengintegrasikan literasi STEAM dalam kurikulum pendidikan anak usia dini guna mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas anak yang lebih optimal.
References
Amalia, D., Sutarto, J., & Pranoto, Y. (2021). Pengaruh pembelajaran jarak jauh bermuatan steam terhadap karakter kreatif dan kemandirian. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233-1246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1765
Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Apriansyah, R. (2023). Analisis peran guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19. Educenter Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 38-43. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i1.206
Aurina, A. and Zulkarnaen, Z. (2022). Efektivitas peran guru pendamping dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak usia dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6791-6802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3450
Dahal, N. (2022). Transformative steam education as a praxis-driven orientation. Journal of Steam Education, 5(2), 167-180. https://doi.org/10.55290/steam.1098153
Damayanti, D. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130
Dinicahyani, N. (2023). Upaya meningkatkan kreativitas dan keterampilan berfikir kritis anak usia dini melalui permainan loose parts. Jurnal Dzurriyat Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14-22. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.16
Egert, F., Dederer, V., & Fukkink, R. (2020). The impact of in-service professional development on the quality of teacher-child interactions in early education and care: a meta-analysis. Educational Research Review, 29, 100309. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100309
Fajri, N. (2024). Systematic literature review : dampak teknologi pendidikan terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif pada pembelajaran matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 11-24. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12083
Fatimah, F., Ulfa, N., & Aprianti, H. (2022). Studi implementasi steam (sciece, technology, engineering, art, and mathematics) dalam pembelajaran di jenjang paud kabupaten jember. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 392-402. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.385
Fauziah, N., Ichsan, I., & Irbah, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran steam berbasis loose part terhadap kemandirian anak usia dini. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 18-27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14746
Fauziah, N., Ichsan, I., & Irbah, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran steam berbasis loose part terhadap kemandirian anak usia dini. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 18-27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14746
Gani, A. (2023). Workshop pembuatan konten edukasi digital untuk pendidikan anak usia dini. abdisultan, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.58291/abdisultan.v1i1.190
Habibah, E. and Trisnawati, N. (2022). Pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa smk pada pembelajaran di masa pandemi covid-19. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4668-4680. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3028
Handayani, W. (2023). Pembelajaran berbasis steam untuk perkembangan kognitif pada anak. Murhum Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 770-778. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.390
Hsiao, P. and Su, C. (2021). A study on the impact of steam education for sustainable development courses and its effects on student motivation and learning. Sustainability, 13(7), 3772. https://doi.org/10.3390/su13073772
Hurley, M. (2023). Rising strong: sustainability through art, science, and collective community action. Sustainability, 15(20), 14800. https://doi.org/10.3390/su152014800
Jannah, D. and Setiawan, R. (2022). Evaluasi implementasi program paud holistik integratif. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7163-7172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2970
Jumarniati, J. (2023). Pembelajaran steam dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal PELITA, 3(2), 72-82. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.315
Kristiyani, E. (2024). Dampak pendekatan pembelajaran steam dengan media loose part pada kreativitas anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 12(1), 21. https://doi.org/10.20961/kc.v12i1.65168
Kuswanto, C. (2023). Life skill sebagai sarana peningkatan kemandirian anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 10(1), 55. https://doi.org/10.24036/121175
Lestari, K. (2024). Pembelajaran steam terhadap kreativitas anak usia dini usia 5-6 tahun. Edu-Riligia Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 8(1). https://doi.org/10.47006/er.v8i1.19806
Mujiono, D. and Sutrisno, S. (2022). Mengembangkan potensi anak usia dini dalam pendidikan islam (al-qur’an dan hadis). Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2), 207-221. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1375
Mumtaziah, H. (2023). Menstimulasi keterampilan berpikir kritis pada anak-anak dalam menunjang kebutuhan abad ke-21 melalui pembelajaran pemrograman sederhana. Jurnal Basicedu, 7(5), 2963-2967. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5616
Muslim, R. (2023). Pengaruh pendekatan stem-pjbl terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Lambda Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa Dan Aplikasinya, 3(3), 131-139. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i3.724
Mustafidah, I., Mutohar, P., & Tanzeh, A. (2021). Prestasi belajar siswa di era covid 19: analisis pelaksanaan pembelajaran daring, motivasi belajar dan lingkungan belajar di madrasah ibtidaiyah. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 355-363. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.887
Mustoip, S. (2023). Analisis penilaian perkembangan dan pendidikan karakter di kurikulum merdeka sekolah dasar. PANDU, 1(3), 144-151. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.470
Nurfajariyah, A. and Kusumawati, E. (2023). Implementasi dan tantangan pembelajaran tematik terintegrasi steam (science, technology, engineering, arts, mathematics). Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM Um Metro, 8(1), 49. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2646
Priantari, I., Rachman, A., & Laili, M. (2022). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis steam bagi guru paud. Dedication Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 183-196. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.784
Putra, D. (2023). Media pembelajaran berbasis steam: membantu mengembangkan keterampilan anak. Jurnal PELITA, 3(2), 83-100. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.331
Putri, S. and Taqiudin, A. (2021). Steam-pbl: strategi pengembangan kemampuan memecahkan masalah anak usia dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 856-867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270
Rakhmawati, E. (2024). Implementasi pembelajaran steam pada kelas rendah di sekolah dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 127. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2930
Reswari, A. (2021). Efektivitas pembelajaran berbasis steam terhadap kemampuan berpikir kritis (hots) anak usia 5-6 tahun. Jce (Journal of Childhood Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490
Saraswati, I. and Ducha, N. (2021). Validitas lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis literasi sains pada materi sistem urinaria untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 10(2), 283-291. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p283-291
Sarnoto, A., Rahmawati, S., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis pengaruh model pembelajaran student center learning terhadap hasil belajar: studi literatur review. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 615-628. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.828
Setyawan, H. (2023). Pengaruh lingkungan pembelajaran dan sikap mahasiswa terhadap minat karir akuntan: peran mediasi intensi peningkatan pengetahuan. Jurnal Economina, 2(2), 709-718. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.392
Setyawan, J., Roshayanti, F., & Novita, M. (2023). Model pembelajaran radec berbasis steam pada materi sistem koloid mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Practice of the Science of Teaching Journal Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 18-26. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.29
Skaraki, E. (2023). Creating a watermill through steam activities for preschool children in the school yard. Advances in Mobile Learning Educational Research, 3(2), 748-753. https://doi.org/10.25082/amler.2023.02.001
Spyropoulou, N. (2023). Augmenting the impact of steam education by developing a competence framework for steam educators for effective teaching and learning. Education Sciences, 14(1), 25. https://doi.org/10.3390/educsci14010025
Syarah, E., Pujianti, Y., & Gunarti, W. (2022). Instilling children's ocean literacy through comic media: steam to r-slamet learning design for ece educators. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1), 01-16. https://doi.org/10.21009/jpud.161.01
Syukri, M., Ukhaira, Z., Zainuddin, Z., Herliana, F., & Arsad, N. (2022). The influence of steam-based learning application on students' critical thinking ability. Asian Journal of Science Education, 4(2), 37-45. https://doi.org/10.24815/ajse.v4i2.28272
Voicu, C., Ampartzaki, M., Dogan, Z., & Kalogiannakis, M. (2023). Steam implementation in preschool and primary school education: experiences from six countries.. https://doi.org/10.5772/intechopen.107886
Voicu, C., Ampartzaki, M., Dogan, Z., & Kalogiannakis, M. (2023). Steam implementation in preschool and primary school education: experiences from six countries.. https://doi.org/10.5772/intechopen.107886
Wahyuningsih, S., Nurjanah, N., Rasmani, U., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A., & Syamsuddin, M. (2020). Steam learning in early childhood education: a literature review. Ijpte International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855
Widodo, R. (2023). Penerapan model pembelajaran tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas x ips 5 sma negeri 1 astanajapura kabupaten cirebon. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(10), 1094-1102. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i10.1048
WulanPitri, Y. and Hazizah, N. (2021). Pelaksanaan seni lukis mencap dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas di tk kartika 1-69 sijunjung. Jce (Journal of Childhood Education), 5(2), 268. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.567
YUSUF, S. (2022). Faktor yang mempengaruhi model pembelajaran : berfikir kesisteman, lingkungan pendidikan dan kurikulum. Al-Afkar Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 118-113. https://doi.org/10.32520/afkar.v10i2.384