Penerapan Konsep Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja
Application of Students' Self-Concept in Learning Islamic Religious Education in Class X Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dan penelitian yang dilakukan di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, digunakan dua sumber data, yaitu sumber primer yaitu sumber data langsung (peserta didik, guru dan orang tua peserta didik), sumber data sekunder yang meliputi hasil tekstual dan 'berbagai kitab dalam bentuk kitab'. jurnal, artikel penelitian, Bahan Penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, panduan observasi, panduan wawancara dan petunjuk dokumentasi, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Penerapan konsep diri peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja terlaksana dengan baik, bahkan jauh lebih komplit disbanding teori yang diajukan dalam kajian teori dalam mengembangkan konsep diri peserta didik. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan data bahwa strategi yang digunakan oleh guru di kelasX Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja yaitu sistem pembelajaran pendidikan agama Islam yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan pembelajaran, kreatifitas guru dalam pengelolaan kelas yang menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberikan kegiatan ekstra berupa membaca buku-buku yang menyangkut tentang psikologi setiap hari jumat setelah kerja bakti demi menunjang terbentuknya konsep diri peserta didik. Secara implisit, peserta didik dilatih berpikir kritis mempertanyakan kelemahannya dan kelebihannya lalu dibimbing untuk mengembangkan konsep diri peserta didik. 2. Hasil penerapan konsep diri peserta didik di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja berupa perubahan nilai rata-rata peserta didik di mid
semester meningkat setelah penilaian kenaikan kelas. Satu siswa yang mengalami masalah dalam pengembangan konsep diri disebabkan oleh faktor eksternal sekolah yaitu kondisi pendidikan informalnya yang mengharuskan siswa tersebut bimbang dalam menentukan titik fokus pada pembelajaran. Namun nilai kualitas berupa skill dan wawasan serta etika, moral dan akhlaknya sangat luar biasa. Hal ini membuktikan bahwa terbentuknya konsep diri baik dari kualitas dan kuantitas dibentuk oleh tiga lembaga pendidikan yaitu informal, nonformal dan formal.
References
Aqila, Nurul dan Salmiati, Signifikansi Pendidikan Agama Islam Menghadapi Peroblematika Remaja Era Revolusi Industri 4.0, jurnal Al-Ibrah, no.02.2020
Fokus, Ngaji Filsafat, Lingkar Filsafat, 25 Desember 2022. (www.msjcolombo.com)
, Fahruddin, falsafah hidup, who am I, (youtube: MSJ channel, http// msjcolombo. com/, 05 Januari 2022.
, Fahruddin, Ngaji Filsafat, historis dan biografi Seyyed Hossen Nasr, MJS Channel, (http://mjscolombo.com/dounlo ad/), 21 April 2023
, Fahruddin, Ngaji Filsafat, Ibnu Arobi, MJS channel, Yogyakarta, 02 April 2020: http://mjscolombo.com/
, Ngaji Filsafat, Ki Hajjar
Dewantara, MSSJ Channel, http//msjcolombo.com/) 04
Maret 2020
, Fahruddin, Ngaji filsafat; Socrates-mengenali diri, (MSSJ Channel,
http//msjcolombo.com/), 04
januari 2023.
, Fahruddin, Emmanuel Levinas: Etika Tanggung Jawab, MJS Channel: 20 November 2022, http://mjscolombo.com/
Hasyim, Buya Arrozi, man arafa nafsahu faqod arofa robbahu. Hadist atau bukan, Mabuk Ilahi,
https://youtu.be/mbNyxOOXV 5k?si=47hXHW7ltvXVBD66), 19 Juni 2021
Hidayatullah, Agus.dkk, Al-Quran Tajwid Kode Transliterasi Perkata Terjemah Perkata, Cipta Bagus Segara, 2013
Indrawan, Irjus, Hadion Wijoyo, Pendidikan Di Luar Sekolah, CV. Pena Persada: Jl. Gerilya No. 292 Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas, Jawa Tengah, cet I 2020
Maulidiyah, Khimatul, Implementasi Pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Al-Islam Jenggawah Jember, (skripsi sarjana, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Siddiq Jember, 2022
Muis, Andi Abd., dkk. Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Parepare: CV.EDUPEDIA Publiser, 2023
, dkk, “Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Makalah, Artikel, Jurnal Ilmiah, Laporan PPL/Magang, Skripsi dan)”. Parepare: CV. EDUPEDIA Publisher. 2023
, Maryam, Efektivitas Metode Belajar Mandiri Terhadap Perkembangan Kreatifitas Berpikir Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMAN 8 Enrekang, Al-Ibrah: Volume IX Nomor 01 Maret 2020
, Nurahmi, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivari Belajar Membaca Al-Quran Peserta Didik SMP Negeri 1 Arungkeke, Al- Ibrah: 2022
Nasr, Seyyed Hossein, Tiga Mahjab Filsafat Islam, Ircishod: Banguntapan Yoyakarta, cet.1 2020
Norman, Upaya Guru Dalam Menanamkan Konsep Diri Pada Pembelajaran IPS di SDN Gonjak kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram, 2020
Novi V, Pengertian Strategi serta Jenis, Tujuan dan Contohnya, (http:// www. Gramedia
.com/literasi/penertian- strategi/) 5 Juni 2024
Nurhasanah, Implementasi Metode Kisah dalam Menumbuhkan Pemahaman tentang Nilai- Nilai Islam di MIS Al-Mubarak Kalamassang, proposal skripsi, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Parepare, 2023
Pahlephi, Rulli Desthian, pengertian Dokumentasi, mengenal fungsih, kegiatan dan jenisnya, Wikipedia(www.detik.com), 10
Juni 2024
Qortun A, jenis-jenis penelitian, Gramedia Blog
(http//www.gramedia.com>liter asi), 2021, 10 Juni 2024
Repository UNIMAR AMNI, Semarang, Maret 2020
Salmiati dkk, Peranan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs ddi Ciellang, Kabupaten Barru, jurnal Al- Musannif, No.01.2019
Salmiati, Megawati, Urgensi pendidikan keluarga dalam membinaAkhlak remaja di desa Bone-Bone kec. baraka15kab. Enrekang, Al-Ibrah: Volume XI No.02 ISSN Online 2722-0087
13https://jurnal.umpar.ac.id/ind ex.php/ibrah, September 2022
Sanusi, Ahmad, pengembangan konsep diri dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 15 Yogyakarta, (Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga) Yogyakarta, 2020
Sarita, Salsabila Rahma, Penerapan Safety Managemen Untuk Meminimalisir Resiko Kecelakaan Kerja di MT.Sanana, (Skripsi, Program Studi Nautika Diploma IV, Politeknisi Ilmu Pelayaran Semarang), 2023
Sumadin, dkk, Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMP Negeri 12 Parepare) Al-Ibrah:2020
Suyono, Belajar dan Pembelajaran, Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset, 2015
Universitas langlangbuana, Metode Penelitian, 2020
Koko Adya Winata, Dkk, Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Nasional, Universitas Sangga Buana, Indonesia, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Indonesia, Attractive: Innovative Education Journal Vol. 3, No. 2, July 2021