Model Hubungan Antara Entrepreneurial Orientation dan Market Orientation Terhadap Business Performance pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Dimsum di Kota Bekasi
Abstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara Entrepreneurial Orientation (EO) dan Market Orientation (MO), serta dampak kolektif dari keduanya terhadap Kinerja Bisnis pada UMKM Dimsum di Kota Bekasi. Dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden, data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SmartPLS 3, sebuah perangkat lunak untuk pemodelan persamaan struktural. Temuan penelitian menunjukkan bahwa EO dan MO memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis, dengan kombinasi keduanya memberikan dampak yang lebih besar. Hal ini mengindikasikan bahwa penyelarasan antara strategi kewirausahaan dan permintaan pasar dapat meningkatkan efisiensi operasional secara substansial.
References
Andika, E. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha (Studi pada Usaha Kecil Tanaman Hias Di Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Sketsa Bisnis, 6(1), 22.
Andriyansah. (2022). PENGARUH BEBAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada PT. Trimitra Baterai Prakasa). STIE Indonesia Jakarta.
Berekat Mamo Buli. (2017). Entrepreneurial orientation, market orientation and performance of SMEs in the manufacturing industry: evidence from Ethiopian enterprises Bereket. Management Research Review, 40(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/MRR-07-2016-0173
Dhamayantie, E., & Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik Dan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Matrik?: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1). https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2017.v11.i01.p07
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Fitri, R. U. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Inovasi Produk dan Kinerja Perusahaan (Usaha Mikro Kecil Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(3), 137–149. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i3.3235
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Evaluation of Formative Measurement Models. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_5
Hamel, C., & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha UKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 863. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9865
Hartato, F., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Bisnis Kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 980. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13471
Idar, R., Yusoff, Y., & Mahmood, R. (2012). The Effect of Market Orientation as Mediator to Strategic Planning Practices and Performance Relationship: Evidence from Malaysian SMEs. Procedia Economics and Finance, 4(Icsmed), 68–75. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(12)00322-x
Inda, L., Miguna, A., & Hariyanto, R. (2019). PENGARUH INOVASI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM KULINER. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 111–118. https://doi.org/10.56910/nawasena.v1i3.399
Lia Ariani, Ratih Hesty Utami Puspitasari, & Qristin Violinda. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Pada Nasabah Kur Bri Semarang. Jurnal Bisnis Kolega, 9(1), 10–23. https://doi.org/10.57249/jbk.v9i1.99
Mahfud, Y. (2018). EFEK MEDIASI MARKET ORIENTATION PADA HUBUNGAN ANTARA ENTREPRENEURIAL ORIENTATION DENGAN BUSINESS PERFORMANCE (STUDI KASUS PADA UMKM SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI KABUPATEN WONOSOBO). Jurnal PPKM II, 148–160.
Masa’deh, R., Al-Henzab, J., Tarhini, A., & Obeidat, B. Y. (2018). The associations among market orientation, technology orientation, entrepreneurial orientation and organizational performance. Benchmarking: An International Journal, 25(8), 3117–3142. https://doi.org/10.1108/BIJ-02-2017-0024
Mukson, Hamidah, & Prabuwono, A. S. (2021). LINGKUNGAN KERJA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI KOMITMEN ORGANISASI [Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/12122/
Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Pering, I. M. A. A. (2021). Abstrak Jurnal Satyagraha. Jurnal Satyagraha, 03(02), 28–48.
Purba, Y. M. S. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR DALAM JARINGAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK PAUD (Studi deskriptif di Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Jawa Barat).
Purwanti, D., & Ningsih, L. S. R. (2023). Eksplorasi Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Dalam Keunggulan Bersaing UMKM KMGD Tebuireng. JUEB?: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 115–126. https://doi.org/10.57218/jueb.v2i2.708
Putra, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Karyawan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Pt.Sawah Solok. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 989–1001. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.767
Sefanya, S., & Ie, M. (2024). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM dengan Dimediasi Keunggulan Kompetitif. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(2), 494–507. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i2.29853
Setyawati, H. A. (2013). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING DAN PERSEPSI KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI PREDIKSI VARIABEL MODERASI (Survey pada UMKM Perdagangan di Kabupaten Kebumen). Jurnal Fokus Bisnis, 12(2), 20–32. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v12i2.3
Setyowati, L., Nalurita, S., & Widyatama, K. (2024). Tantangan dan Peluang Ekonomi Pedagang Dimsumucation fairy. Perfect Education Fairy, 2(3), 45–53.
Sondra, T. C., & Widjaja, O. H. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha UKM Bidang Konveksi Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 500. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11897
Syahyono, S. (2015). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP TARGET PENJUALAN DI P.T. SINAR GRIYA UTAMA. Jurnal AKPU, 5, 1–20.
Syahyono, S. (2016a). Analisis Pengaruh Situasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal AKP, 6(2), 52–72. https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i1.4960
Syahyono, S. (2016b). Pengaruh Motivasi Divisi Karyawan Marketing terhadap Tingkat Penjualan. Jurnal AKP, 6(1), 1–17.
Syahyono, S. (2017). Hubungan Kualitas Layanan Pendidikan Gratis Terhadap Kepuasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Wilayah Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal AKP, 7(2), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/MRR-07-2016-0173
Syahyono, S. (2018). Effect Of Portfolio Investment Optimization Risk-Based And Efficiency Investment On Investment Decision. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 124–131. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v1i1.1193
Syahyono, S. (2019). The Effect Of Structural Capital And Creative Innovation On Increasing Business Performance Of The Cibaduyut Shoes Fashion Industry In Bandung City. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 299–306. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v1i2.1192
Syahyono, S. (2020a). Market orientation strategy in improving company performance in the logistics industry in Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 268–275.
Syahyono, S. (2020b). THE EFFECT OF DIVIDEND POLICY AND DEBT ON COMPANY VALUE (Empirical Study on Manufacturing Companies on the Indonesia Stock Exchange 2003 - 2016). JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 2(2), 88–97.
Syahyono, S. (2020c). THE EFFECT OF MANAGERIAL OWNERSHIP AND INSTITUTIONAL OWNERSHIP ON THE VALUE OF MANUFACTURING COMPANIES. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 364–370.
Syahyono, S. (2021a). Effect of Work Motivation on Sea Transportation Employee Performance. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 12(3).
Syahyono, S. (2021b). Investment Effect Based on Investment Objectives and Experience on Investment Decisions From a Behavioral Financial Perspective. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 3(2), 388–394.
Syahyono, S. (2021c). Model of Improving Business Success through Entrepreneurship Competency and Business Environment Mediated by Competitiveness in the Garment Industry in West Java. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4).
Syahyono, S. (2021d). THE EFFECT OF CHAIN VALUE CREATION ON INCREASING THE FASHION INDUSTRY BUSINESS PERFORMANCE IN BANDUNG CITY. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 3(2), 723–750. https://doi.org/10.1002/9781119818663.ch25
Syahyono, S. (2022). Business Performance Improvement Model Through Entrepreneurial Skills and Benchmarking Mediated by Innovation Performance of MSMEs in the Culinary Creative Industry Sub-Sector in West Java Province. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 06(01), 65–83.
Theofadilla, A. Y., & Handoyo, S. E. (2024). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Efikasi Diri terhadap Kinerja UMKM Kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(3), 753–761. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i3.31608.