MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE KARYAWISATA DI KELOMPOK B PAUD/TK AMALIA KAYUMALOA PASANGKAYU

  • Jumriana Jumriana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Widayati Pujiastuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Salam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku sosial anak pada saat belajar banyak yang bermain, jahil, kurang memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan, anak-anak kurang bersemangat ketika mengikuti pembelajaran serta metode karyawisata tidak pernah di terapkan di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku sosial anak di kelompok B Paud/TK Amalia Kayumaloa. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 10 anak perempuan, dan 8 anak laki-laki. Rancangan penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan selama 3 minggu dengan 6 kali tindakan dalam II siklus. Data di kumpulkan dengan cara observasi dan dokumentasi serta alat observasi untuk anak-anak. Serta di analisis secara presentase untuk mengambil kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan sebelum di terapkan metode karya wisata hingga dilaksanakan siklus I dan terbukti dengan penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan perilaku sosial anak terbukti dari peningkatan perilaku sosial anak pada aspek tolong menolong yaitu 22.22%, sementara pada aspek bekerja sama 22.22%, sentara pada aspek berinteraksi dan berkomunikasi 22.22%. semnetara untuk hasil peningkatan dari siklus I ke siklus II juga sangat meningkatkan perilaku sosial anak terbukti dengan peningkatan pada aspek tolong menolong sebagai berikut  27.78%, sementara pada aspek bekerja sama terjadi peningkatan 16.66%, selanjutnya pada aspek berinteraksi dan berkomunikasi 33.33% dari siklus pertama ke siklus kedua pada kemampuan yang di teliti yaitu aspek tolong menolong, bekerja sama, berinteraksi dan berkomunikasi. Sedangkan jika di analisis dari pra tindakan ke siklus dua maka terjadi peningkatan rata-rata 48.14% dari kemampuan yang di teliti yaitu aspek tolong menolong, bekerja sama,berinteraksi dan berkomunikasi. Berdasarkankan penjelasan di atas bahwa penelitian ini berhasil. Walaupun masih ada anak yang belum berhasil meningkatkan perilaku sosialnya yaitu 1.81%.

 

Kata kunci: Metode Karyawisata dan Perilaku Sosial Anak

 

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan