MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK TK KARTIKA

  • Anita A. Hi. Umar Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Salam Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Husen Husen Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan menggunakan media bahan alam pada anak TK Kartika. Jenis penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa kemampuan motorik halus meningkat melalui kegiatan dengan menggunakan media bahan alam yakni dalam aspek memberi lem pada pola gambar anak kondisi awal sebesar 13%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 13% menjadi 27%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 27% menjadi 40%. Menyusun bahan kolase pada kondisi awal sebesar 20% pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 20% menjadi 40%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 40% menjadi 80%. Merekatkan bahan kolase pada kondisi awal sebesar 27% pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 27% menjadi 53%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 53% menjadi 87%. Penelitian ini berakhir pada siklus II dengan memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 87%.

Author Biographies

Anita A. Hi. Umar, Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Abdul Salam, Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Husen Husen, Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

David A. Jacobsen, Paul Eggen, & Donald Kauchak. 2009. Methods for Teaching Metode-metode Pengajaran

Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. (Alih Bahasa: Achmad Fawaid & Khoirulanam). Yogkakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Undang- undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dikdasmen.

Richard Decaprio. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Rusdinal dan Elizar. 2005. Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas RI.

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR WILAYAH II KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 147–157).

Sugiyono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharso& Ana Retnoningsih. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: CV. Widya Karya.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan