Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menstimulasi Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita di TK Sumber Ceria Kecamatan Kasimbar

The Role of Early Childhood Education’s Teacher to Stimulating Children’s Language Through Story Telling Method at Sumber Ceria Kindergarden Kasimbar District

  • Santi Santi Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Salam Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syamsidar Syamsidar Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Peran Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Metode Bercerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi terhadap peran guru dalam menstimulasi Bahasa anak di TK Sumber Ceria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri atas kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, alat yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa peran guru sebagai: (1) pengajar, (2) pembimbing, (3) motivator dan (4) fasilitator sudah dilaksanakan dengan cukup baik oleh guru. Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dengan ikut melakukan permainan. Guru membimbing anak dengan cara menuntun anak yang masih kesulitan saat pembelajaran. Guru memotivasi anak dengan cara menumbuhkan rasa percaya diri anak. Peran guru sebagai fasilitator yaitu guru memfasilitasi kegiatan belajar anak dengan menyiapkan media pembelajaran seperti boneka tangan untuk bercerita di depan kelas.

References

1. Wandi ZN, Mayar F. Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2019;4(1):351–8.
2. Ariyanti T. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Din J Ilm Pendidik Dasar. 2016;8(1).
3. Niati W. Peran Guru Paud Dalam Menstimulasi Perkemangan Bahasa Anak Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tk Darma Wanita Kab. Seluma. Al Fitrah J Early Child Islam Educ. 2019;3(1):38–48.
4. UMI LR. HUBUNGAN ANTARA CREATIVE INTELLIGENCE (KECERDASAN KREATIF) DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH GISTING KABUPATEN TANGGAMUS. FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN; 2021.
5. Mu’min SA. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA’DIB J Kaji Ilmu Kependidikan. 2013;6(1):89–99.
6. Bawono Y. Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah: Sebuah kajian pustaka. Pros Temu Ilm Nas X Ikat Psikol Perkemb Indones. 2017;1.
7. Putro KZ. Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Apl J Apl Ilmu-Ilmu Agama. 2016;16(1):19–27.
8. Maryani K. PEMEROLEHAN SINTAKSIS PADA ANAK USIA 3, 4, DAN 5 TAHUN. J Pendidik Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Reli Akuntabel). 2018;4(1).
Published
2022-04-25
Section
Artikel Penelitian