Pengembangan Media Pembelajaran Big Book “Muazana” Untuk Pembelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas 1
Development of Big Book Learning Media “Muazana” for Fiqh Learning for Grade 1 Students
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keefektifan media pembelajaran Big Book Fiqih Muazana bagi siswa kelas 1 SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan tes hasil belajar. Validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat valid dengan skor 85,83%. Implementasi di kelas 1 SD Iskandar Said Surabaya menunjukkan peningkatan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi Fiqih. Hasil kuesioner menunjukkan 95% siswa dan 90% guru menilai media ini sangat bermanfaat. Hasil post-test menunjukkan peningkatan rata-rata skor siswa sebesar 25% dibandingkan pre-test. Kesimpulannya, Big Book Fiqih Muazana efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Fiqih.
References
Abd Rahim, N., & Harun, N. I. (2010). Students’ perception towards the usage of the big book / Dr. Normaliza Abd Rahim and Nik Ismail Harun. Gading Journal for the Social Sciences, 14(1), Article 1. https://ir.uitm.edu.my/id/eprint/29822/
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:226822229
Alfurqan, A., & Susanti, M. D. (2021). Effectiveness of Visual Media Use in Islamic Religious Education Learning in Junior High School. Attanwir?: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.92
Amri, Z. (2023). The use of the Canva application learning media in the Fiqh learning process. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um031v10i12023p001
Ariyani, E. (2023). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 07 Sungai Raya. TSAQOFAH, 3(4), 660–675. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1257
Bredikyte, M., & Hakkarainen, P. (2023). Reconstructing the Vygotskian vision of play, learning and development in early childhood (hlm. 61–83). https://doi.org/10.23865/noasp.191.ch4
Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511
Darmawan, L. A., & Wuryandani, W. (2022). How Picture Storybook Improve Creative Thinking Skills and Learning Outcomes of Elementary School Students? Journal of Education Research and Evaluation, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jere.v6i3.45566
Ermayani, T., Saputra, I. H., & Nasrudin. (2020). Character Education Based on Children’s Education Jurisprudence. 180–185. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.038
Essa, E. L., & Burnham, M. M. (2019). Introduction to Early Childhood Education. SAGE Publications.
Fauziah, I. (2021). Desain pembelajaran pendidikan dasar berbasis perkembangan intelektual. Premiere?: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.113
Ibda, H., Prabandari, L. T., & Al-Hakim, M. F. (2023). The Use of Cartoon Media in Elementary School English Learning to Improve Learning Outcomes. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.376
Idris, T., Wita, A., Rahmi, E., & Warmansyah, J. (2022). Ablution Skills in Early Childhood: The Effect of Big Book Media. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3185
I’n, T.-T. H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif berbasis Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. At-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31958/atjpi.v4i1.6124
Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396–403. https://doi.org/10.9734/BJAST/2015/14975
Karges-Bone, D. L. (2015). Bibliotherapy: Children’s Books that Train the Brain and Jumpstart the Heart. Lorenz Educational Press.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM?: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital (2 ed.). Ghalia Indonesia.
Lathifah Abdiyah, -, & Subiyantoro, -. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), Article 2. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55425/
Maemunah, M. (2019). Eksistensi pendidikan agama islam dalam membangun toleransi beragama. Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.16
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361
Mardiyana, L., & Dafit, F. (2022). Big Book Media in Early Reading Learning of First Grade Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.53641
Mayori, E., & R, M. D. (2023). Hubungan Pembelajaran Materi Fiqih Terhadap Peningkatan Kesadaran Melaksanakan Sholat Di Mts Ummul Qur’an Annur Ciomas Kabupaten Bogor. Reslaj?: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i5.2493
Mubarok, M. S. (2016). Pendidikan dalam Keluarga Berbasis Fiqh Prioritas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 21(1), 58–71.
Muhajir, M. (2020). Awal Waktu Shalat Telaah Fiqh dan Sains. Madinah: Jurnal Studi Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.58518/madinah.v7i2.1432
Munawaroh. (2014). Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Ismariyah Al Qur’anniyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 [Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3266/1/MUNAWAROH%200956655%20%28IAIN%20Metro%29.pdf
Ningsih, Y. S., Mulia, M., & Lubis, A. H. (2023). Development of Picture Storybooks with TheoAnthropoEco Centric Approach for Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2817
Palyanti, M. (2023). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Attractive?: Innovative Education Journal, 5(2), 1014–1026. https://doi.org/10.51278/aj.v5i2.859
Parihin, W., Khozin, N., Bashori, Lukmawati, Qohri’ah, Suwandi, & Al Badri. (2020). FIQIH Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kota Surabaya.
Piaget, J., Inhelder, B., Fraise, P., & Piaget, J. (2014). Intellectual operations and their development. Experimental Psychology its Scope and Method: VII Intelligence, 144–205.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069
Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581
Rahmi, R., Desyandri, & Murni, I. (2023). Pentingnya Perkembangan Kognitif Pada Anak. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1297
Reinbold, S. (2013). Using the ADDIE Model in Designing Library Instruction. Medical Reference Services Quarterly, 32(3), 244–256. https://doi.org/10.1080/02763869.2013.806859
Riyani, F., Zaman, W. I., & Kurnia, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Materi Alat Gerak dan Fungsinya pada Hewan untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.81
Rizkyawan, A., & Paksi, H. P. (2022). Pengembangan Media Bigbook Dalam Pembelajaran Ppkn Materi Sila – Sila Pancasila Di Sekolah Dasar. JPGSD, 10(2), 279–288.
Rusnawati. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Fiqh. Jurnal Azkia?: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i1.178
Sari, A., & Setiawan, A. (2018). The Development of Internet-based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal of Active Learning, 3(2), 100–109. https://www.learntechlib.org/p/208671/
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Shidiq, S. (2017). Ushul Fiqh. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=ko9ADwAAQBAJ
Silalahi, R. M. (2019). Understanding Vygotsky’s Zone Of Proximal Development For Learning. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.19166/pji.v15i2.1544
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269
Sulaiman, U. (2017). Pengaruh penggunaan media big book dalam pembelajaran terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal madrasah ibtidaiyah negeri Banta-Bantaeng Makassar. Al-Kalam, 9(2). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/klm/article/view/4486/4103
Sulaiman, U., Djafar, H., Mihrani, M., & Mundzir, C. (2023). The Effect Of Using Big Book Media Based On Peer Tutors To Students’ Cognitive Ability Of Madrasah Ibtidaiyah. Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 26(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/lp.2023v26n1i5
Sutama, S., Wulandari, N. A., Ishartono, N., Narimo, S., & Sutopo, A. (2020). Visual Thinking Strategies Based Picture Book Media For Thematic Learning In Elementary Schools. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3165
Vejvodová, J. (2015). The ADDIE Model: Dead or Alive? Department of Czech Language and Literature, Institute of Lifelong Learning, University of West Bohemia. http://virtuni.eas.sk/rocnik/2009/pdf/paper_127.pdf
Wardani, D. K., Umardiyah, F., Prihatiningtyas, S., & Husna, A. L. (2022). Peningkatan Pemahaman Remaja Karang Taruna Melalui Sosialisasi Buku Saku Fiqih. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2786
Wuryandani, W., Sartono, E. K. E., & Fathurrohman. (2020). Development of Big Book Media to Increase Understanding of Pancasila Values in Early Class. Proceedings of the International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019). International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019), Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.023
Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.41452
Yosinta, D., & Amrulloh, M. (2023). Pengembangan Media Big Book Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Religius. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8260
Zunita, I., & Asmendri, A. (2023). Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fiqih di MI. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 17–22. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.9562