Penggunaan Big Data untuk Optimalisasi Pengambilan Keputusan di Sekolah
The Use of Big Data to Optimize Decision Making in Schools
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana Big Data dapat meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini meneliti implementasi Big Data di beberapa sekolah untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui wawancara dengan manajer sekolah dan analisis dokumen terkait. Temuan menunjukkan bahwa sekolah yang mengintegrasikan Big Data dalam proses pengambilan keputusan berhasil meningkatkan kinerja siswa dan efisiensi operasional mereka. Big Data memungkinkan sekolah untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar, mengidentifikasi tren yang sebelumnya tidak terlihat dengan metode tradisional, serta mengurangi ketidakpastian dalam perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan. Meskipun ada tantangan dalam penerapan Big Data, seperti keterbatasan dalam interpretasi data oleh manajemen sekolah, investasi dalam pelatihan analisis data terbukti membantu mengoptimalkan manfaat yang diperoleh. Penelitian ini menegaskan bahwa Big Data bukan hanya alat untuk pengumpulan data, tetapi juga dapat digunakan untuk mendukung keputusan yang lebih cepat, tepat, dan berdampak positif bagi seluruh proses pendidikan
References
Albantani, A. (2017). Kajian historis pengembangan pendidikan islam di indonesia. Fikrah Journal of Islamic Education, 1(2). https://doi.org/10.32507/fikrah.v1i2.1
Amalia, D. (2023). Implementation of technology acceptance model (tam) in learning management system (case study: kalimantan institute of technology). Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (Jnkti), 6(4), 576-584. https://doi.org/10.32672/jnkti.v6i4.6529
Ang, L., Ge, F., & Seng, K. (2020). Big educational data & analytics: survey, architecture and challenges. Ieee Access, 8, 116392-116414. https://doi.org/10.1109/access.2020.2994561
Anita, Y., Ahmad, S., Azizah, Z., Kenedi, A., & Arwin, A. (2022). Pelatihan pembelajaran berbasis higher order thinking skill (hots) pada masa pandemi covid-19. Majalah Ilmiah Upi Yptk, 91-96. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.120
Astika Devy Paramitha, Endang Wuryandini, & Ngurah Ayu Nyoman Murniati (2023). Perencanaan program sekolah berbasis data berbantuan worksheet analysis di smk. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4535-4549. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1135
Baig, M., Shuib, L., & Yadegaridehkordi, E. (2020). Big data in education: a state of the art, limitations, and future research directions. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00223-0
CHAIRY, A. (2023). Optimalisasi dan mengeksplorasi kelebihan serta kekurangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (tik) di sd/mi. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 1(3), 118-125. https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i3.277
Chierici, R., Mazzucchelli, A., García-Pérez, A., & Vrontis, D. (2019). Transforming big data into knowledge: the role of knowledge management practice. Management Decision, 57(8), 1902-1922. https://doi.org/10.1108/md-07-2018-0834
DAPUS MANAJEMEN PENDIDIKAN
Diansyah, R., Hamzah, H., & Winarso, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa dalam penggunaan online learning (aplikasi sikuli) di umri. Jurnal Coscitech (Computer Science and Information Technology), 3(3), 315-324. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i3.4349
Fahmideh, M. and Beydoun, G. (2019). Big data analytics architecture design—an application in manufacturing systems. Computers & Industrial Engineering, 128, 948-963. https://doi.org/10.1016/j.cie.2018.08.004
Fathni, I. (2023). Pengaruh kebijakan privasi, dan tingkat kepercayaan pada platform digital terhadap perilaku pengguna dalam melindungi privasi online di indonesia. Sanskara Hukum Dan Ham, 2(02), 118-126. https://doi.org/10.58812/shh.v2i02.305
Fauzi, M., Kamaruzzaman, Z., & Rahman, H. (2022). Bibliometric review on human resources management and big data analytics. International Journal of Manpower, 44(7), 1307-1327. https://doi.org/10.1108/ijm-05-2022-0247
Heliana and Wahyuni, H. (2024). Big data analysis in human resources decision making: optimizing workforce management. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 15(01), 58-69. https://doi.org/10.21009/jrmsi.015.1.06
Ismanto, I. and Chairunnas, A. (2021). Penerimaan dan intensi penggunaan e-learning mahasiswa akuntansi pada kondisi sumber daya terbatas. Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 16(2), 57-70. https://doi.org/10.32832/neraca.v16i2.5493
Khan, Z. and Vorley, T. (2017). Big data text analytics: an enabler of knowledge management. Journal of Knowledge Management, 21(1), 18-34.
https://doi.org/10.1108/jkm-06-2015-0238
Li, X., Fan, X., Qu, X., Sun, G., Yang, C., Zuo, B., … & Liao, Z. (2019). Curriculum reform in big data education at applied technical colleges and universities in china. Ieee Access, 7, 125511-125521. https://doi.org/10.1109/access.2019.2939196
Munshi, A. and Alhindi, A. (2021). Big data platform for educational analytics. Ieee Access, 9, 52883-52890. https://doi.org/10.1109/access.2021.3070737
Nurfadillah, N., Mappincara, A., & Wahed, A. (2021). Keterampilan manajerial kepala sekolah dasar inpres di kecamatan duampanua kabupaten pinrang. Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Ilmiah Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 1(2), 115-129. https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42349
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Paramitha, A. (2023). Perencanaan program sekolah berbasis data berbantuan worksheet analysis di smk. Didaktik Jurnal Ilmiah PGSD Stkip Subang, 9(2), 4535-4549. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1135
Pratiwi, F. and Siahaan, F. (2018). Keterampilan sosial sebagai prediktor pembentukan konsep diri akademik pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Inquiry Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 79-90. https://doi.org/10.51353/inquiry.v9i2.186
Saffanah, K. (2024). Perancangan design ui/ux pada aplikasi learning management system guna meningkatkan efektivitas dan kepuasan pengguna menggunakan metode design thinking. Jurnal Mnemonic, 7(1), 23-30. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v7i1.8474
Sekli, G. and Vega, I. (2021). Adoption of big data analytics and its impact on organizational performance in higher education mediated by knowledge management. Journal of Open Innovation Technology Market and Complexity, 7(4), 221. https://doi.org/10.3390/joitmc7040221
Sikumbang, E. (2023). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 96-104. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4692
Simanjorang, G., Berliani, T., & Nugroho, P. (2020). Pembinaan etos kerja guru di smas golden christian school palangka raya. Equity in Education Journal, 2(1), 29-38. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1683
Supriandi, N. (2023). Pengembangan keterampilan kritis dan kreatif melalui pendidikan berbasis masalah: pendekatan praktis di kelas (studi pada salah satu sekolah dasar di sukabumi). Jurnal Pendidikan West Science, 1(05), 271-282. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i5.380
Xue, S. (2024). The application of big data technology in the analysis of higher education optimization management.. https://doi.org/10.4108/eai.13-10-2023.2341144
Yuliyanti, M. and Triputra, D. (2021). Implementasi gerakan literasi pada sekolah ramah anak. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(01), 60-69. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.489