Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
The Influence of Using Technology-Based Learning Videos on Student Learning Motivation in Islamic Religious Education Subjects
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis teknologi terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa sekolah menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel frekuensi penggunaan, jenis video, serta durasi dan interaktivitas video memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi belajar siswa. Dalam konteks penelitian ini, kemudahan akses teknologi dan lingkungan belajar tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran, khususnya penggunaan video, dapat meningkatkan keterlibatan dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini menyarankan pentingnya perancangan konten video yang berkualitas dan penggunaan strategi pembelajaran yang efektif untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan praktik pendidikan dan kebijakan yang mendukung penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.
References
(2021). Analisis dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 1(1), 1-10. https:/doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190
Ahmad, M. (2021). Optimization of learning effectiveness through the learning environment and learning motivation for students. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 13(3), 1546-1555. https:/doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.617
Ananda, Y. (2023). Application of the video-assisted problem based learning model to increase student learning motivation in virus material. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(8), 6230-6237. https:/doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4766
Andriani, R. and Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https:/doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ardiansari, B. and Dimyati, D. (2021). Identifikasi nilai agama islam pada anak usia dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420-429. https:/doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Dalimunthe, R., Harahap, R., & Harahap, D. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran ipa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341-1348. https:/doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888
Eden, C. (2024). Harnessing technology integration in education: strategies for enhancing learning outcomes and equity. World Journal of Advanced Engineering Technology and Sciences, 11(2), 001-008. https:/doi.org/10.30574/wjaets.2024.11.2.0071
Gaol, M. (2024). Penggunaan chatgpt dalam pembelajaran: persepsi mahasiswa. In Search, 22(1), 254-259. https:/doi.org/10.37278/insearch.v22i1.821
Gelete, L. (2023). Psychosocial learning environmAhmad, M. (2021). Optimization of learning effectiveness through the learning environment and learning motivation for students. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 13(3), 1546-1555. https:/doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.617
Hudain, M. (2023). Media pembelajaran berbasis video: apakah berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar pada anak?. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4881-4891. https:/doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4924
Kholidah, L. (2023). Pelatihan desain pembuatan ragam media pembelajaran berbasis afeksi bagi guru- guru pendidikan agama islam sekolah dasar. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 3(2), 211-224. https:/doi.org/10.47709/dst.v3i2.3056
Kurniawan, F., Erita, Y., Syahrir, N., & Utami, N. (2023). The influence of students' environment on students' learning motivation. Journal of Digital Learning and Distance Education, 1(8), 297-305. https:/doi.org/10.56778/jdlde.v1i8.58
Legiowati, T. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan dengan media pembelajaran video youtube untuk kelas i sd/mi. Laplace Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 148-158. https:/doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1112
Li, Y. (2024). The impact of digital educational games on student’s motivation for learning: the mediating effect of learning engagement and the moderating effect of the digital environment. Plos One, 19(1), e0294350. https:/doi.org/10.1371/journal.pone.0294350
Lu, K., Yang, H., Shi, Y., & Xuan, W. (2021). Examining the key influencing factors on college students’ higher-order thinking skills in the smart classroom environment. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https:/doi.org/10.1186/s41239-020-00238-7
Mashfufah, I. (2023). Pengembangan video animasi berbasis pendekatan sets untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa smp kelas vii pada tema bumiku asri. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 893-902. https:/doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1202
Mutiawati, M., Mailizar, M., Johar, R., & Ramli, M. (2023). Exploration of factors affecting changes in student learning behavior: a systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education (Ijere), 12(3), 1315. https:/doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24601
Norjanah, N., Nasir, M., & Mauizdati, N. (2022). Kompetensi guru dalam mengembangkan pendidikan agama islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5130-5137. https:/doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3051
Nurfallah, M. and Pradipta, T. R. (2021). Motivasi belajar matematika siswa sekolah menengah selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2425-2437. https:/doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.752
Ou, C., Joyner, D., & Goel, A. (2019). Designing and developing videos for online learning: a seven-principle model. Online Learning, 23(2). https:/doi.org/10.24059/olj.v23i2.1449
Pramesti, A. (2023). Analisis kesulitan belajar peserta didik kelas vii 5 pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 5 cikarang utara kabupaten bekasi. AJIS, 1(01), 15-23. https:/doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.10006
Rohmah, F., Hidayah, N., & Hidayat, M. Y. (2023). Peran guru pendidikan agama islam (pai) dalam menangani kenakalan siswa kelas viii di smp muhammadiyah sukoharjo. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 325-343. https:/doi.org/10.51729/82234
Sae, H. (2023). Media video animasi dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65-73. https:/doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474
Sae, H. (2023). Media video animasi dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65-73. https:/doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474
Sulistiawati, E. (2024). Strategi penggunaan multimedia pada pembelajaran pendidikan agama islam tingkat sekolah dasar. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 11(1), 31-42. https:/doi.org/10.31102/alulum.11.1.2024.31-42
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran manajemen kepemimpinan dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332-338. https:/doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417
Syofyan, R., Irianto, A., Sofya, R., & Hakim, L. (2021). Perancangan media video belajar beranimasi untuk meningkatkan higher order thinking siswa sman 3 pariaman. Jurnal Ecogen, 4(4), 602. https:/doi.org/10.24036/jmpe.v4i4.12431
Tutiana, Y. (2023). Pengaruh model pembelajaran coopertive tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas v. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2162-2169. https:/doi.org/10.31949/jee.v6i4.6928
Urbaningkrum, S., Ichsan, Y., Rahma, A., & Iklima, I. (2022). Penerapan metode kisah melalui video animasi pada pendidikan akhlak. Darul Ilmi Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 231-243. https:/doi.org/10.24952/di.v9i2.3899
Winarno, A., Fedin, M., & Salleh, N. (2022). The effect of technological literacy, learning facility, and family environment on students’ learning motivation. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 7(7), 246. https:/doi.org/10.17977/jptpp.v7i7.15404