Pelatihan Pelatihan Digital Marketing dan Pengembangan Pemasaran Kacang Telur pada UMKM SAFIA di Kabupaten Jember

  • yani subaktilah Politeknik Negeri Jember
  • Resti Pranata Putri
  • Mulia Winirsya Apriliyanti
  • Agus Santoso
  • Mohammad Edwinsyah Yanuan Putra
  • Annisa’u Choirun
Keywords: UMKM Kacang Telur Safia, Pemasaran, Kacang Telur, Digital Marketing

Abstract

UMKM SAFIA merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Jember yang memproduksi kacang telur. Dengan lima orang karyawan, kapasitas produksi hampir mencapai 20 kg setiap kali produksi. Namun, UMKM ini menghadapi keterbatasan dalam pemasaran produk, yang saat ini masih dilakukan secara door to door dan menitipkan produk di beberapa toko maupun mitra di Kabupaten Jember. Mitra berharap dapat memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan promosi untuk meningkatkan omset penjualan. Permasalahan ini diharapkan dapat teratasi dengan memberikan solusi berupa pelatihan digital marketing melalui Instagram dan peningkatan promosi untuk memperluas jaringan pemasaran. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu: survei, perumusan masalah, diskusi, penyusunan materi pelatihan, serta penyuluhan dan pelatihan digital marketing. Hasil dari kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan memperluas jaringan pemasaran UMKM SAFIA. Pemasaran yang awalnya terbatas pada konsumen di sekitar wilayah produksi dan pembelian langsung dari produsen, dapat berkembang menjadi lebih luas melalui promosi dan penjualan di media sosial. Selain itu, transaksi penjualan menjadi lebih mudah dan konsumen dapat mengetahui produk baru serta kegiatan yang diikuti UMKM SAFIA.

References

Aryani, Indita.D., dan Murtiariyati, Dita. 2022. "Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada A.D.A Souvenir Project",Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha 2(2) : 466 – 477
Atmoko, B. Dwi. 2012. Instagram Handbook. Media Kita.
Hennig-Thurau T, Wiertz C and Feldhaus F. 2015. "Does Twitter matter? The impact of microblogging word of mouth on consumers’ adoption of new movies". Journal of the Academy of Marketing Science 43(3):375–394. DOI: 10.1007/s11747-014-0388-3
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. 2020. "Pemanfaatan Media SosialSebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang". Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3) :119–124.
Junawan, H., And Laugu, N. 2020. "Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia". Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1): 41– 57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4 i1.46
Marolt M, Zimmermann H-D, Žnidaršic A and Pucihar A .2020."Exploring social customer relationship management adoption in micro, small and medium-sized enterprises". Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research 15(2): 38–58. DOI: 10.4067/S071818762020000200104
Noerchoidah, N., and Nurdina, N. 2022.“Media website sebagai solusi promosi penjualan pada UMKM”. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 2(1),1–6.
Santoso, Agus, Subaktilah, Yani, Apriliyanti, Mulia. W., Putri, Resti. P., dan Yanuan Putra, M. Edwin. 2024. “Penerapan Mesin Coating Adonan Untuk Meningkatkan Produktivitas Produk UMKM Kacang Telur SAFIA Kabupaten Jember: Application Of Dough Coating Machines To Increase The Productivity of UMKM Kacang Telur SAFIA in Jember Regency”. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1) : 461–465. https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/649
Yammar,Arsandi.2014. “Analisis nilai tambah kacang telur pada industri rumah tangga ‘Ohara’ di kelurahan Nunu kecamatan Palu barat kota Palu,” J. Agrotekbis, 2(2) : 217–223
Published
2024-07-26
Section
Artikel Pengabdian