PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING MATERI PERILKU KEGIATAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISIWA DI SMA MUHAMMADIYAH SUKAMANDI

  • Julaeka Raplesi Pendidikan Ekonomi Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Poy Saefullah Zevender Pendidikan Ekonomi Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Lutfi rahmawati Pendidikan Ekonomi Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Suwanto Pendidikan Ekonomi Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
Keywords: Model, Role Playing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berjudul “ Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran role playing materi perilaku kegiatan ekonomi terhadap hasil belajar siswa di (SMA) Muhammadiyah Sukamandi”. Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, sehingga diperlukan inovasi penggunaan model pembelajaran oleh guru. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XII semester genap SMA Muhammadiyah Sukamandi kabupaten Subang tahun ajaran 2023/2024. Dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan metode pengolahan data berupa dokumentasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, pada hasil pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa di (SMA) Muhammadiyah Sukamandi  berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil data pretest, nilai rata-rata siswa sebelum digunakannya model role playing sebesar 65,48. Sedangkan pada posttest atau setelah gunakannya model role playing nilai rata-rata siswa mencapai 89,05. Berdasarkan hasil uji statistik data yang diperoleh dalam penelitian, disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan model role playing lebih tinggi secara signifikan dari pada siswa yang  memperoleh pembelajaran secara konvensional. Dengan demikian penggunaan model role playing dapat dijadikan sebuah alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021).
Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), h 15.

Devita, I., & Mayasari, M. (2020).
Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 3 Kota Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 4(2), h.30-39

Hamalik, Oemar. (2016).
Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Imelda, and Mayasari Mayasari.
"Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 3 Kota Jambi." SJEE (Scientific Journals of Economic Education) 4.2 (2020): hl.31.

Joyce, Bruce. dkk. 2016. Models of Teaching
(Model-Model Pengajaran) Edisi Kesembilan.Jakarta:RinekaCipt

Suprijono, Agus. 2015.
Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.
Sugiyono. (2017).
Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-07-16
Section
Artikel Penelitian