Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa

The Effect of Application of Discovery Learning Learning Models with a Scientific Approach to Student Learning Outcomes

  • Nurhani Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Lutfi Rohmawati Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Poy Saefullah Zevender Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
Keywords: Discovery Learning, Saintifik, Hasil Belajar, IPS

Abstract

literatur riview ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode literatur riview. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dari penelusuran jurnal di berbagai sumber elektronik, seperti internet, koleksi jurnal, dan menggunakan layanan Google Scholar serta aplikasi yang bernama publish or perish. Jurnal diterbitkan dalam rentang waktu 2016 hingga 2023. Berdasarkan hasil pencarian dan penelusuran data menghasilkan 5 jurnal terpublikasi yang sudah memenuhi syarat. Hasil literatur riview menunjukkan bahwa pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam berbagai satuan pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pencapaian hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran.

References

Al-ben, W., Yusuf, M., Uloli, R., Sawah Besar, J., Gorontalo, K., & Jenderal Sudirman, J. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELEJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Luminous, 3(1), 2022. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous

Ayuni, R., & Duharman, )?; (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MTS Al-Huda Mardiharjo. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 445–450.

Fajri, Z. (2019). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD. In 64 | JURNAL IKA (Vol. 7, Issue 2).

Khoiroh, S. U. (2020). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH KELAS VII. In Journal of Educatio (Vol. 3, Issue 3).

Kristin, F., & Rahayu, D. (n.d.). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS 4 SD.

Kurniati, D., Jailani, Ms., Tunas Bangsa Jambi, P., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Kajian Literatur?: Referensi Kunci, State Of Art, Keterbaruan Penelitian (Novelty). http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Muhsiniadi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII.D SMP Negeri 12 Mataram. TSAQOFAH, 2(3), 446–456. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i3.1068

Novita, F., & Jumiarni, D. D. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 86–93.

Rosita Rabbi Rewa, W., & Farrabanie Al Arsy, A. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII Ninik Indawati. http://ejournal.unikama.ac.id

Sabina, F. (2019). Penerapan Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis serta Dampaknya Terhadap Self Regulated Learning Siswa SMP. J. Madani, 2(2), 201–215.

Santoso, F. A., & Airlanda, G. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3783–3791. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2715

Sri Suyati, E., Muhammadiyah Palangkaraya, U., Tengah, K., & Dipublikasi, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa IPS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dimasa Pandemi Covid-19 Improving Social Studies Learning Outcomes Using The Discovery Learning Learning Model During The Covid-19 Pandemic Period Anggriany & 2 Endang Sri Suyati (Vol. 8, Issue 1). http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/

Surbiyanti. (n.d.). PENINGKATKAN MINAT, PARTISIPASI, DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VII.

Syefrizal, 2021. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IX.G MTsN KOTA SOLOK. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5).

Terapan, J., Teknologi, S. &, Ayu, H. D., Alfiana, R., Mar’atus Solihah, H., Zuhannisa’, S., & Hudha, M. N. (2023). Systematic Literature Review: Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Fakultas Sains Dan Teknologi-Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, 5(2), 2023. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8663

Wicaksono, A. G. (2020). SYSTEMATIC REVIEW PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 65–76. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10822

Published
2023-12-13
Section
Artikel Penelitian