Pelaksanaan Tasmi’ dan Munaqasyah dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Quran
Implementation of Tasmi' and Munaqasyah in Increasing Motivation to Memorize the Quran
Abstract
Banyak permasalahan yang dihadapi dalam menghafal Quran maupun dalam melakukan kegiatan murajaah (mengulang). Diantaranya kesulitan dalam, cepat bosan dan rasa mengantuk. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Pelaksanaan Ujian Kompre Tahfizh bertujuan untuk meningkatkan motivasi menghafal peserta didik demi meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah berupa observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisa data yang peneliti gunakan adalah SPSS Statistik korelasi dan regresi sederhana maupun ganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan adanya pengaruh yang signifikan penerapan tasmi/Ujian Komprehensif /munaqasyah dalam peningkatan motivasi menghafal Quran. Oleh karena itu, pelaksanaan tasmi/Ujian Komprehensif /munaqasyah menjadi sarana untuk kembali memuraja’ah hafalan yang sudah dihafal. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur seberapa efektif pelaksanaan tasmi/Ujian Komprehensif /munaqasyah dalam meningkatkan motivasi menghafal Quran
References
Ahmad Annuri, Panduan Tahsin Tilawah Al-Quran & Ilmu Tajwid, Jakarta, Pustaka Al-Kautsar, 2021, h.90
Asep Iim Abdurrohim, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, (Bandung: CV. Penerbit Diponegoro, 2003),
Asra, Menggagas Hafalan Quran Juzz 30, Surabaya, Media Guru, 2020,
Dokumentasi Pelaksanan Tasmi’ ½ Juzz, (Komprehensif ½ Juz) dan 2 Juzz
Eldarifai, Pengembangan Metode Integrasi Tajwid dan Nagham dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan dan Hafalan Quran di Sekolah Dasar, Jurnal Kolaboratif Sains, Volume 7 Issue 1 Januari 2024
Imam Jalaluddi Al-Suyuthi, Al-Itqan Fi Ulumil Quran I, Yogyakarta, Diva Press, 2021, h.390
Kepala SDIT Al Marhamah (Elva Diana, WawanCara), Wawancara tanggal 10 Juni 2024
Maskur, 'Tradisi Semaan Al-Qur'an di Pondok Pesantren', Jurnal Pendidikan Islam, (Vol. 6, No.1, 2021)
Mubasyaroh, Memorisasi Dalam Bingkai Tradisi Pesantren, (Yogyakarta: Idea Press, 2009)
Muhammad Iqbal Ansari, Sistem Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode At-Tibyan di Rumah Tahfidz Ummul Qur’a Kota Banjarmasin. Jurnal Darul Ulum, 9 (2)
Nabila Retno Pratiwi, Nilai-Nilai Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara yang Terkandung pada Profil Pelajar Pancasila, National Conference for Umrah
Nur Kahfi, dkk, Konsep Tadrij dan Takrir Ibnu Khaldun Sebagai Metode Pebelajaran, Jurnal Pendidikan Agama Islam, MUMTAZ : Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022
Pengurus Yayasan Al Marhamah, Wawancara Tanggal 11 Juni 202
Rahmatin, Tekhnik Menjaga Hafalan AL-Quran dengan Metode Tasmi’ AL Quran di Pondok Pesantren Raudhatul Quran AL-Manshury, Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 2 September 2022
Sa'dullah, Sembilan Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an', Jakarta: Gema Insani Press, 2008)
Tim Tahfizh Yayasan AL Marhamah, Wawancara Selasa tanggal 11 Juni 2024
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Bab II pasal 3
Zulkipli, dkk., Pelaksanaan Program Tahfizh AL Quran di SD Sains Alumnika Palembang, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam AL Munadzarah, Vol.02 No.01 Desember 2022