Analisis Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) Terhadap Penanganan Korban Henti Jantung Dan Henti Napas

Analysis of the Overview of Students' Knowledge and Attitudes Regarding Basic Life Support (BHD) Towards Handling Cardiac Arrest and Respiratory Arrest Victims

  • Dewi Triana Universitas Strada Indonesia
Keywords: Bantuan Hidup Dasar, Pengetahuan, Sikap, Mahasiswa

Abstract

Latar Belakang: Kegawatdaruratan merupakan kejadian secara tiba-tiba yang membutuhkan tindakan segera salah satunya adalah kasus henti jantung. Henti jantung maupun henti napas merupakan suatu kondisi yang mengancam jiwa dan dapat berakibat kematian apabila lambat dalam penanganannya. Aspek dasar pertolongan pada henti jantung mendadak adalah bantuan hidup dasar (BHD). Mahasiswa adalah orang yang harus mengetahui dan paham terkait bantuan hidup dasar, serta sebagai agen of change untuk menjadi perubah dan siap tanggap dalam keadaan kegawatdaruratan pada korban henti jantung dan henti nafas. Tujuan penelitian ini untuk diketahui gambaran pengetahuan dan sikap mahasiswa tentang bantuan hidup dasar terhadap penanganan korban henti jantung dan henti napas. Metode Jenis dan desain penelitian merupakan penelitian literatur review dengan metode analisis isi jurnal. Pencarian literatur melalui publikasi di database kualitas tinggi dan sedang yang didapatkan tiga artikel sesuai kriteria inklusi dan ekslusi yang dipergunakan dalam penelitian. Hasil dari analisis tiga jurnal penelitian ini menunjukkan gambaran pengetahuan dan sikap mahasiswa tentang BHD pada jurnal pertama pengetahuan rata-rata 4,97 dari 10, pada jurnal kedua hanya mendapat 22% responden memiliki pengetahuan yang baik, dan pada jurnal ketiga hanya sekitar 9,3% memiliki pengetahuan yang buruk sedangkan untuk sikap mahasiswa dari ketiga jurnal rata-rata 90% responden memiliki sikap yang positif tentang BHD.Kesimpulan bahwa kurangnya pengetahuan mahasiswa terhadap bantuan hidup dasar harus ditingkatkan untuk dapat memberikan pertolongan pada kondisi kegawatdaruratan sampai petugas medis datang. Pendidikan BHD harus menjadi bagian dari kurikulum untuk mengatasi masalah ini. Pelatihan berulang dengan demonstrasi praktis diperlukan untuk memperoleh pengetahuan yang mudah dipahami dikalangan mahasiswa.

References

American Heart Association. (2018). American Heart Association guidelines For cardiopulmonary resuscitation and emergency cardiovascular. Circulation. 2018.

American Heart Association. (2019). 2019 ACC/AHA Guideline on the Primary Prevention of Cardiovascular Disease: A Report of the American College of Cardiology/American Heart Association Task Force on Clinical Practice Guidelines. In Circulation (Vol. 140, Issue 11). https://doi.org/10.1161/CIR.0000000000000678

Aminuddin. (2013). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapan Perawat Dalam Menangani Cardiac Arrest di ruangan ICCU DAN ICU Rsu Anutapura Palu. Jurnal Keperawatan Soedirman, 8 No.3.

Ativie, R. N., Awotidebe, T. O., Omeru, O., Ogunyemi, S. A., & Olowe, G. T. (2018). Knowledge , Attitude and Experience of Cardiopulmonary Resuscitation among Medical and Healthcare Professional Students in a Nigerian Medical College. 28(September 2017), 1–9. https://doi.org/10.9734/ JAMMR/2018/38166

Azwar, S. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Dahlan, S., Kumaat, L., & Onibala, F. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Terhadap Tingkat Pengetahuan Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(1), 110395.

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2013). How to write a literature review. Journal of Criminal Justice Education, 24(2), 218–234.

Fatmawati, B. R., Suprayitna, M., & Prihatin, K. (2019). Efektifitas Edukasi Basic Life Support dengan Media Audiovisual dan Praktik Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Jenjang D.III Stikes Yarsi Mataram Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7, 6–12.

Halawani, L. M., Alghamdy, S. D., Alwazae, M. M., & Alkhayal, W. A. (2019). Knowledge and attitude of Saudi female university students about first aid skills. Journal of Family & Community Medicine, 26(2), 103.

Hung, M. S. Y., Chow, M. C. M., Chu, T. T. W., Wong, P. P., Nam, W. Y., Chan, V. L. K., & Chan, T. H. (2017). College students’ knowledge and attitudes toward bystander cardiopulmonary resuscitation: A cross-sectional survey. Cogent Medicine, 4(1). https://doi.org/10.1080/2331205x.2017.1334408

Indonesian Heart Association: Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI). (2019). Press Release, World Heart Day PERKI 2019. Indonesian Heart Association. http://www.inaheart.org/news_and_events/news/2019/9/26/press_release_world_heart_day_perki_2019

Kleinman, M. E., Brennan, E. E., Goldberger, Z. D., Swor, R. A., Terry, M., Bobrow, B. J., Gazmuri, R. J., Travers, A. H., & Rea, T. (2015). Part 5: Adult basic life support and cardiopulmonary resuscitation quality: 2015 American Heart Association guidelines update for cardiopulmonary resuscitation and emergency cardiovascular care. Circulation, 132(18), S414–S435. https://doi.org/10.1161/CIR.0000000000000259

Lontoh, C., Kiling, M., & Wongkar, D. (2013). Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Siswa-Siswi Sma Negeri 1 Toili. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 111914.

Mendhe, H. G., Burra, L., Singh, D., & Narni, H. (2017). Knowledge, attitude and practice study on cardiopulmonary resuscitation among medical and nursing interns. International Journal Of Community Medicine And Public Health, 4(8), 3026. https://doi.org/10.18203/2394-6040.ijcmph20173366

Mohammed, Z., Arafa, A., Saleh, Y., Dardir, M., Taha, A., Shaban, H., Abdelsalam, E. M., & Hirshon, J. M. (2020). Knowledge of and attitudes towards cardiopulmonary resuscitation among junior doctors and medical students in Upper Egypt : cross-sectional study. 4–11.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nukhba, Fatima, N., Akram, M., & Hamza, M. (2018). Knowledge , attitude and practices regarding basic life support among medical students of Rawalpindi Medical. 22, 41–43.

Nursalam. (2020). PENULISAN LITERATUR REVIEW DAN SYSTEMATIC REVIEW PADA PENDIDIKAN KESEHATAN (CONTOH) (D. Priyantini (ed.)). Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Nursalam, S. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (E4). In Jakarta: Salemba Medika. Salemba Medika.

Pundalika, D., Narayan, R., Biradar, S. V, Reddy, M. T., & Bk, S. (2015). Assessment of knowledge and attitude about basic life support among dental interns and postgraduate students in Bangalore city , India. 6(2), 118–122. https://doi.org/10.5847/wjem.j.1920

Simanjuntak, M. (2019). RSUD Undata Kini Layani Operasi Jantung. Metro Sulawesi. http://metrosulawesi.id/2019/10/11/rsud-undata-kini-layani-operasi-jantung/

Word Heart Federation. (2019). World Heart Day 2019. World Heart Federation. https://www.world-heart-federation.org/world-heart-day/world-heart-day-2019/

World Health Organization. (2007). Risk Reduction and Emergency Peparedness. WHO Document Production Services, Geneva, Switzerland, 20. http://www.who.int/hac/techguidance/ preparedness/emergency_preparedness_eng.pdf

World Health Organization. (2017). Cardiovascular diseases (CVDs): Key facts. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/cardiovascular-diseases-(cvds)

Yenni, F. (2019). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Tentang Resusitasi Jantung Paru Pada Mahasiswa Profesi Ners Di Rsup Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019. Universitas Andalas.

Published
2024-08-26
Section
Artikel Penelitian