MOTIVASI KERJA PEGAWAI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN SIGI

  • Imam Maulana Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Moh. Tofan Samudin Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Andi Irawan Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi. Tipe  penelitian ini adalah penelitian deskriktif kualitatif. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang ditetapkan dengan teknik purpossive sampling. Data yang dibutuhkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 3 bulan. Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa kurangya motivasi kerja pada sebagian pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi, khsusunya pegawai dengan status PNS tidak selamnya disebabkan oleh kebutuhan fisiologis, kebutuhan sosil, kebutuhan aktualisasi diri yang belum terpenuhi. Tetapi disebabkan oleh faktor dari dalam diri pegawai itu sendiri yang merupakan sifat alamiah manusia, yaitu rasa malas dan kurang semangat yang kadang-kadang muncul dari dalam diri masing-masing pegawai. Sebab hasil penelitian menunjukkan bahwa, khsusus pegawai dengan status PNS sudah terpenuhi kebutuhan pokoknya dari gaji yang mereka terima sebagai pegawai, terpenuhi kebutuhan sosialnya, kebutuhan aktualisasi diri. Hanya masalah penghargaan yang masih kurang diberikan kepada mereka. Kecuali bagi pegawai honorer motivasi yang kurang memang disebabkan masalah gaji yang rendah sehingga hanya mampu memenuhi sebagian dari kebutuhan fisiologisnya.

Author Biographies

Imam Maulana, Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Moh. Tofan Samudin, Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Andi Irawan, Bagian Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Refika Aditama.

Muchlas, Makmuri. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarya. Gadjah Mada University Press.

Saydam, Guuzali. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Mikro. Jakarta:Kresna Prima Persada.

Samsudin, Sadli. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Memehami Good Governance Dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Gava Media.

Sulistiyani, Ambar Teguh &Rosidah. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep Teori dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik.Yogyakarta. Garaha Ilmu.

Winardi. 2010. Azas-Azas Manajemen. CV.Bandung. CV. Mandar Maju Mandar Maju.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>