Problematika Pendidikan Islam dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam

Problems of Islamic Education in the Study of the Philosophy of Islamic Education

  • Safira Martania Putri Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nur Aniqa Pernaningtik Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Khoirun Niswatin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Problematika, Pendidikan Islam, Filsafat

Abstract

Filsafat Pendidikan Islam memiliki beberapa persoalan di zaman modern ini. Dalam kajian Filsafat Pendidikan Islam, problematika yang menjadi tantangan pendidikan Islam saat ini mencakup permasalahan buta huruf dan ketidaktahuan akan makna Al-Qur’an, agenda paradigma atau dualisme konseptual, serta ketidakakuratan program dan arah yang salah. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam kajian filsafat pendidikan Islam. Penulisan artikel ini menggunakan metode library riset atau penelitian pustaka yang berkesinambungan terhadap problematika, pendidikan, filsafat Islam. Penulisan ini membahas tentang Filsafat Pendidikan Islam yang mempunyai objek kajian dan problematika yang ada didalamnya. Objek kajiannya meliputi objek ontologis, objek epistemologi serta objek aksiologis.

Author Biography

Nur Aniqa Pernaningtik, Universitas Sunan Giri Surabaya

Dosen

References

Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)

Arifin, Zainal, ‘Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Ilmu’, TA’DIB, XIX (2014)

Assegaf, Abd. Rachman, ‘Filsafat Pendidikan Islam’, 2011

Baharuddin, Dikotomi Pendidikan Islam Historisitas Dan Implikasi Pada Masyarakat Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)

El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana, Cholifatul Azizah, and Sayyid Qutub Nabillah, ‘Kurikulum Dan Problematika Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam’, Masaliq, 3.3 (2023), 370–83 <https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3.897>

El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana, Putri Yasmin, and Laylatul Mubarok, ‘Ontologi Filsafat Pendidikan Islam (Studi Kasus: Bahan Ajar Penerapan Literasi Pada Peserta Didik)’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6.9 (2023), 6614–24 <https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2800>

Hamdani, Filsafat Sains (Bandung: Pustaka Setia, 2011)

Hermawan, Haris, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Diroktrat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009)

Ilham, Dodi, ‘Persoalan-Persoalan Pendidikan Dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam’, Didaktika, 9.2 (2020) <https://jurnaldidaktika.org/179>

Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat Dan Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)

Jenilan, ‘Filsafat Pendidikan’, Jurnal El-Afkar, 07 (2018)

Nurgiansah, T. Heru, Filsafat Pendidikan (Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2021)

Rahayu, Nur Afni Puji, ‘Tinjauan Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi Peningkatan Ketereampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11.1 (2021), 133–39

Rosyid, Abdul, ‘Metode Penelitian Kualitatif: Pedoman Praktis Bagi Mahasiswa’, 2019

Safitri, Elen, Lesma Yoana, Rahma Yani, and Rika Nanda Hayani, ‘Pengertian, Objek Dan Ruang Lingkup Filsafat, Filsafat Pendidikan Dan Filsafat Pendidikan Islam Elen’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.6 (2022), 5398–5404

Wardi, Moh, ‘PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM DAN SOLUSI ALTERNATIFNYA (Perspektif Ontologis, Epistemologis Dan Aksiologis)’, Tadris, 8.1 (2013), 54–70

Yunus, A., Filsafat Pendidikan Islam (Majalengka: Unit Penerbitan Universitas Majalengka, 2015)

Published
2024-02-24
Section
Artikel Penelitian