Evaluasi Jaringan Pipa Distribusi Air Bersih Perusahaan Daerah Air Minum Uwe Lino Kelurahan Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu

Evaluation of the Clean Water Distribution Pipeline Network for Uwe Lino Regional Drinking Water Company, Mamboro Sub-district,, North Palu District, Palu City

  • Eko Widodo Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palu
  • Triyanti Anasiru fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mohamad Ardiansyah Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: PDAM, Air Bersih, Jaringan Pipa

Abstract

Permasalahan yang terjadi di PDAM Uwe Lino daerah layanan Mamboro dimana air yang dikonsumsi pelanggan berkurang atau tidak mengalir sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi air baku, sistem pengelolaan air bersih, dan kondisi jaringan pipa air bersih yang dimiliki PDAM “Uwe Lino” tahun 2022. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran debit air sesaat dengan cara pengukuran debit air menggunakan pelampung, pengecekan sistem pengelolaan air, dan pengukuran panjang dan diameter pipa distribusi air bersih PDAM “Uwe Lino” wilayah pelayanan Mamboro tahun 2022. Dari hasil analisis Ketersediaan air di sungai Bale sebesar 463,01 liter/detik, untuk kebutuhan  air normal pada tahun 2021 sebesar 6,609 liter/detik dan di tahun 2026 sebesar 7,447 liter/detik serta kebutuhan air harian maksimum  tahun 2021 sebesar 7,6 liter/detik dan di tahun 2026 sebesar 8,564 liter/detik. Debit yang tersedia di sungai maupun debit produksi masih mencukupi kebutuhan air normal, kebutuhan air harian maksimum dan kebutuhan air pada saat jam puncak pada tahun 2021 hingga tahun 2026. Hasil survei di lapangan kondisi jaringan pipa distribusi saat ini masih tergolong layak karena masih terawat hanya saja ada kebocoran di beberapa titik dan perlu penambahan jaringan pipa baru. Kondisi Intake mengalami kerusakan ringan di bagian saluran pengambil dikarenakan akar pepohonan yang merambat ke dalam saluran dan sebagian mendorong pasangan batu saluran hingga terjadi retak pada pasangan batu, sehingga air yang lewati saluran intake terhambat. Kondisi IPA sangat memprihatinkan dimana salah satu dari dua IPA mengalami rusak berat sehingga tidak produktif dan juga IPA yang satunya lagi mengalami rusak ringan hingga produktifitas tidak maksimal.

 

References

Damanhuri, Enri. 1989. Ajaran Sistem Pengelolaan Air. ITB , Bandung.

DPU Ditjen Cipta Karya. 2007. Pedoman Kebijakan Program Pembangunan Prasarana Kota Terpadu (P3KT). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum, Direktoral Jenderal CiptaKarya.

Giles, Ranald V. 1993. Mecanica The Lost Fluida And Hidraulica, Libros McGraw-Hill, Institute Teknologi Drexel

J. Purwanto, M. Yanuar. 2014. Pengelolaan Sumber Daya Air In: Pengantar Pengelolaan Sumber Daya Air. Universitas Terbuka. Jakarta.

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 690-069 Tahun 1992 Tentang Pola Petunjuk Teknis Pengelolaan PDAM.

Napitupulu, Agustina H. 2019. Evaluasi Jaringan Pipa Distribusi Air Bersih PDAM Tirtanadi Cabang Toba Samosir Unit Porsea Menggunakan Aplikasi Epanet 2.0. Tugas Akhir.. USU.

Permenkes Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 27, 2016 Tentang Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum.

Radja Udju, Jemri Ifence. 2014. Evaluasi Jaringan Perpipaan Distribusi Air Bersih Daerah Layanan Kamelimabu Kecamatan Katikutana Selatan Kabupaten Sumba Tengah. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Nasional Malang.

Ray. K. Kinsley. Jr, Max A. Kohler, Joseph L. H. Paulhus. 1989. Hidrologi untuk Insinyur. Erlangga, Edisi 3.

Rezagama, Arya. 2016. Jaringan Perpipaan Air Minum. Teknosain. Yogyakarta.

SNI 8066:2015. Tata cara Pengukuran Debit Aliran Sungai dan Saluran Terbuka Menggunakan Alat Ukur Arus dan Pelampung.

Sophian, Riyan., dan Habibur F.R. 2020. Tinjauan Sistem Jaringan Perpipaan Air Bersih Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Tugas Akhir. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Makassar

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Triatmaja Radianta. 2021. Teknik Penyediaan Air Minum Perpipaan, Gadjah Mada University Press.

Triatmodjo Bambang. 1996. Hidraulika II, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Tsakiris, G., M. Spiliotis. 2012. Applying resilience indices for assessing the reliability of water distribution systems. Athens: E.W. Publications, Water Utility Journal 3 : 19-27.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1962 Tentang Usaha Milik Pemda.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Sumber Daya Air.

Universitas Muhammadiyah Palu. 2021/2022. Pedoman Penyusunan Tugas Akhir. Unismuh, Palu.

https://www.google.com.”Gambar Distribusi Menggunakan Gravitasi” Diakses 20 Maret 2022.

https://bpsdm.pu.go.id Center Proyeksi butuhan Air dan Identifikasi Pola Fluktuasi Pemakaian Air. Diakses 17 Maret 2022.

Published
2024-02-24
Section
Artikel Penelitian