Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Beban Kerja terhadap Kinerja Guru Sdit Al-Fahmi Palu

The Influence of Emotional Intelligence and Workload on Teacher Performance at Sdit Al-Fahmi Palu

  • Jasri Ifansyah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM)
Keywords: Kecerdasan Emosional, Beban Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan emosional dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru SDIT Al-Fahmi Palu”. Sampel pada penelitian ini adalah guru SDIT Al-Fahmi Palu sebanyak 43 sampel. Tehnik pengambilan sampel adalah teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif dan verifikatif. Metode penelitian data dengan observasi dan angket. Semua isntrumen telah memenuhi syarat sebagai syarat pengukuran, karena telah di uji cobakan serhingga telah memenuhi syarat uji validitas menggunakan korelasi product dan realibilitas menggunakan alpha chronbac. Analisis data menggunakan uji-T dan presentase besar pengaruh menggunakan koefisien determinasi R Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dengan nilai thitung (3,622) lebih besar dari ttabel (2,016) dengan nilai signifikan sebesar (0,001) lebih kecil dari taraf signifikan (0,005), dan beban kerja dengan nilai thitung (2,233) lebih besar dari ttabel (2,016) dengan nilai signifikan (0,003) lebih kecil dari taraf signifikan (0,005), berpengaruh terhadap kinerja guru SDIT Al-Fahmi Palu.

References

Barnawi & Arifin, M. 2012. Strategi dan Kebijakkan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Terbitan Yogyakarta. Edisi Revisi: Ar-Ruzz Media.
Daniel Goleman. 1996. Emotional Intelligence. London: Blowsbury. Eng. Publishing. Co, Inc.
Daniel Golemen. 2006. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
David C Mc Clelland, 2004. The Achieving Society. Edisi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Much Solehudin. 2018. Peran Guru Pai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (Sq). Edisi Revisi. Majenang.
Prof. Dr. Zakiah Daradjat, 2014. Perspektif Pemikiran. Pendidikan Karakter Dan Kecerdasan Emosi. Edisi Antasari Pascasarjana.
Suci R. Mar'ih Koesomowidjojo, 2017. Panduan Praktis Menyusun Analisis Beban Kerja. Edisi 1, cet. 1.
Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Edisi 1.
Sudrajat, 2012. Analysis of Consumer Attitude Using Fishbein Multi-Atributes Approach. International Journal Of Basic And Applied Science Vol. 1.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta. CV.
Munandar. 2014. Lingkungan Kerja Fisik dan Sosial. Terbitan Yogyakarta. Cet 3.
Uno, Hamzah B. 2009. Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Edisi Revisi Bumi Aksara.
Published
2023-12-14
Section
Artikel Penelitian