Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Tingkat Penjualan pada PT Asuransi Sinarmas MSIG LIFE Cabang Medan

The Effect of Promotional Strategy on Sales Levels at PT Asuransi Sinarmas MSIG LIFE Medan Branch

  • Erni Dewi Munte Universitas Mandiri Bina Prestasi
  • Hendra Halim Universitas Mandiri Bina Prestasi
Keywords: Strategi Promosi, Tingkat Penjualan

Abstract

Strategi pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para perusahaan untuk mempertahankan usaha yang dimilikinya agar dapat terus berkembang dan memperoleh keuntungan. Kemudian untuk strategi bisnis sendiri yang sering dilakukan oleh para perusahaan adalah dengan cara melakukan promosi terhadap produk miliknya. Promosi merupakan upaya dalam menginformasikan dan menawarkan produk kepada konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen, dan dapat membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk para pesaingnya hal ini akan dapat membentuk citra produk serta kemungkinan dapat meningkatkan jumlah penjualan, menurut Tangkilisan, Oroh, dan Soegoto (2014) Selain promosi terdapat penyebab lain yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan dalam memilih produk dan menurut Permatasari, Ashriana (2019) Produk adalah barang, jasa atau pengalaman yang dirasakan atau diterima konsumen pada suatu proses pertukaran dengan produsen yang berhubungan dengan manfaat produk. Kesimpulannya bahwa promosi atas produk, jasa yang ditawarkan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk.  Di sini harus ada keseimbangan produk baik sesuai kebutuhan konsumen dan dibarengi dengan teknik promosi yang tepat akan sangat membantu suksesnya usaha marketing. Ada banyak sekali strategi promosi yang sering kita temukan salah satunya promosi yang dilakukan saat diadakannya event-event disuatu tempat seperti pameran, bazar, festifal dan semacamnya dengan cara membuka semacam stand untuk menampilkan dan menawarkan produk.

Berdasarkan hasil analisis terlihat bahwa kontribusi Strategi Promosi berkisar sebesar 41,3% yang berarti sedang. Hal ini menunjukkan bahwa faktor lain diluar penelitian mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap Tingkat Penjualan yaitu sebesar 58,7%.Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Z dengan Zhitung 5,543 > Z tabel (1,96). Dengan adanya Strategi Promosi yang tinggi akan meningkatkan Tingkat Penjualan. Strategi Promosi merupakan salah satu faktor yang memberikan kontribusi terhadap keberhasilan penjualan suatu perusahaan. Dengan persepsi tarif yang semakin tinggi berarti Tingkat Penjualan untuk membeli produk di PT Asuransi Sinarmas MSIG LIFE Cabang Medan. Dengan persepsi yang tinggi maka pelanggan akan merasa puas. Perasaan puas mampu memberikan kontribusi terhadap efisiensi dan kualitas pelayanan di PT Asuransi Sinarmas MSIG LIFE Cabang Medan.

References

Amin Widjaja Tunggal. Manajemen Suatu Pengantar. Cetakan I (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002)

Ali Hasan, Marketing Dan Kasus Pilihan (Caps: Bandung, 2013)

Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2012)

Basu Swastha, Manajemen Pemasaran (PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, 2002)

Basu Swastha dan F. Irawan, Manajemen Pemasaran Jasa (Yogyakarta: Andi Offset, 1995),

Charles W. Lamb, et.al., Pemasaran Edisi 1 (Jakarta: Salemba Empat, 2001)

Erwinsyah Rizkan Fahlevi dan RR. Siti Munawaroh, “Strategi Pemasaran untuk meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Indocitra Niaga Jaya Banjarmasin”, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 17, No. 1 (April, 2016)

Husein Umar, Desain Penelitian Manajemen Strategi (Jakarta: Rajawali Press,2010)

Heri Sudarsono, Konsep Ekonomi Islam Edisi Pertama Cetakan Ketiga (Yogyakarta: Ekonisia, 2004)

I. A. Bashri, Menguak Pemikiran Ekonomi Ulama Klasik (Solo: Aqwam, 2007)

M. Suyanto, Marketing Strategy, (Yogyakarta: Andi Offset, 2007),

M. Anton Athoillah, Dasar-Dasar Manajemen, (Bandung: Pustaka Setia, 2010)

Moekijat, Kamus Manajemen (Bandung: CV. Mandar, 2000)

Nur Asnawi, Pemasaran Syariah: Teori, Filosofi, dan Isu2 Kontemporer (Depok: Rajawali Pers, 2017) Basu Swastha, Manajemen Penjualan (Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2009)

Philip Kothler Dan Kevin Lane Keller, Maarketing Manajement, (Jakarta, Pearson International Edition,2005)

Panji Anoraga, Manajemen Bisnis, (Rineka Cipta, Jakarta, 2004)

Seprianti Eka Putri, “Persepsi Konsumen terhadap Bauran Promosi (Promotional Mix) pada Matahari Department Store Bengkulu”, Management Insight, Vol. 9, No. 1,

Terance A. Shim, Priklanan Dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi terpadu, terj. Dwi Kartini Yahya (Jakarta: Erlangga, 2004)

Published
2024-02-23
Section
Artikel Penelitian