Implementasi Teknik Distraksi pada Pasien Anak dengan Diagnosa Nyeri Akut di Rumah Sakit Bhayangkara Palu

Implementation of Distraction Techniques in Children Patients with a Nursing Diagnosis of Acute Pain in a Hospital Bayangkhara Palu

  • Hadija Akademi Keperawatan Justitia Palu, Indonesia
  • Nur Febrianti Akademi Keperawatan Justitia Palu, Indonesia
  • Rabiah Akademi Keperawatan Justitia Palu, Indonesia
Keywords: Acute Pain, Distraction, Obs Abdominal Pain

Abstract

Nyeri akut adalah pengalaman sensorik atau emosional yang terkait dengan kerusakan jaringan aktual atau fungsional yang dimulai secara tiba-tiba atau perlahan, berkembang dari ringan hingga parah, dan berlangsung kurang dari tiga bulan. Peneliti bertujuan untuk mengetahui hasil pelaksanaan teknik distraksi pada pasien anak dengan diagnosis nyeri akut di Rs Bhayangkara Palu .Metode studi kasus yang digunakan adalah studi kasus deskriptif. Studi kasus deskriptifAdalah jenis studi kasus yang memberikan gambaran khusus dan mengharuskan penelitian dimulai dengan menggunakan teori deskriptif untuk menjelaskan hasil penelitian secara teknis penelitian. Hasil yang didapatkan pada hari  pertama sebelum dilakukan teknik distraksi menonton  pasien mengeluh nyeri dibagian perut dan nyerinya hilang timbul dan setelah di berikan teknik distraksi menonton pasien merasa nampak tenang dan nyaman, hari kedua pasien mengatakan nyeri yang dirasakan mulai hilang, hari ketiga pasien mengatakan sudah tidak merasa sakit..Kesimpulannya setelah dilakukan implementasi teknik distraksi visual menonton video nyeri yang dirasakan berkurang, dan klien tampak kooperatif pada saaat dilakukan tindakan implementasi selanjutnya.

References

AIPVIKI. (2023). metode penelitia.

black, joyce m. (2014). keperawatan medikal bedah jilib 1.

Dinkes. (2020). profil kesehatan.

Irwan, M., Rahmaniah, Sadriah, & Risnah. (2021). penangan nyeri deng teknik distraksi pada pemsangan infus anak literature review.

Khasanah, Astuti, Wandin, & Resandi. (2020). STUDI KOMPARATIF SKALA NYERI SAAT PEMASANGAN INFUS PADA ANAK YANG DIBERIKAN TEKNIK DISTRAKSI AUDIO VISUAL MENONTON ANIMASI KARTUN DAN TEKNIK RELAKSASI TARIK NAFAS DALAM DI RSI SITI AISYAH KOTA MADIUN. Berdasarkan Hasil Penelitian Di Atas Maka Menunjukan Bahwa Distraksi Menonton Animasi Kartun Lebih Efektif Untuk Penurunan Skala Nyeri Saat Tindakan Infasif Hal Ini Sejalan Dengan Penelitian.

Kirono, indung susilo. . (2019). pngaruh audiovisual terhadap nyeri saat pemasangan infus pada pasien anak di igd rsud bangil.

Lathifah, A. (2018). Poltekkes Kemenkes Yogyakarta | 9. Jurnal Kesehatan, 1–8.

Lufianti, A., anggraeni, dewi, L., saputra, fredy, M., susilaningsih, zulaikcha, E., Elvira, M., fatsena. adela, R., dewi, silvia, D., Sensussiana, T., & Novaraza, R. (2022). ilmu dasar keperawatan anak.

maulidya, novita. (2021). konsep dasar keperawatan anak.

Nova Yanti, dkk. (2015). Penanganan Nyeri Dengan Teknik Distraksi Pada Pemasangan Infus Anak: Literature Review. Penelitian Ini Sejalan Juga Dengan Hasil Penelitin Bahwa Adanya Perbedaan Rata-Rata Skala Nyeri Yang Signifikan Antara Anak Yang Diberikan Teknik Distraksi Menonton Kartun Animasi Dengan Anak Yang Tidak Diberikan Teknik Distraksi Saat Dilakukan Pemasangan.

Novitasari, S., & Nurhayati, S. (2021). Penerapan manajemen nyeri distraksi story telling pada anak prasekolah children( 3-5 tahun) saat tindakan invasif pemasangan infus.

Nursalam. (2020). Analisa data.

PPNI. (2018a). STANDAR DIAGNOSA KEPERAWATAN INDONESIA.

PPNI. (2018b). STANDAR INTERVENSI KEPERAWATAN INDONESIA. DEWAN PENGURUS PUSAT PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA.

PPNI. (2018c). standar luaran keperawatan indonesia.

Prasetyo, & Utami. (2016). Distraksi menonton efektif menurunkan nyeri riangan pasien congestive heart failure. Mekanisme Teknik Distraksi Adalah Dimana Proses Mengalihkan Perhatian Kehal Lain Yang Dapat Mengakibatkan Nyeri, Dan Dengan Demikian Dapat Menurunkan Ketakutkan Terhadap Nyeri Bahkan Dapat Meningkatkan Toleransi Terhadap Nyeri.

riskesdas. (2018). laporan nasional riskesdas.

Sarfika, R., Yanti, N., & Winda, R. (2015). PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI MENONTON KARTUN ANIMASI TERHADAP SKALA NYERI ANAK USIA PRASEKOLAH SAAT PEMASANGAN INFUS DI INSTALASI RAWAT INAP ANAK RSUP DR.DJAMIL PADANG.

Supardi, S., & Surahman. (n.d.). metode pengumpulan data.

Supriatin, ari, susanto, hanafi, W., Setyawati, A., Arda, D., Muhsinin, Nainggolan, Sabrina, S., & iswati, ning. (2022). keperawatan anak.

Susanto, A. (2013). PERKEMBANGAN ANAK USIAN DINI.

Tanzia, I., Utomo, H., Mu’arofstunnisa, angnes ifa, Fitriani, N., & lukitasari, inda. (2020). profil anak indonesia.

WHO. (2022). COVID-19 pandemic fuels largest continued backslide in vaccinations in three decades. World Health Organization.

Windiarto, T., Yusuf, al huda, Santoso, ambar dwi, Nugroho, D., Solih, R., Latifah, S., Hermawati, F., Purbasari, lukmi ana, & rahmawatiningsih, anita. (2028). profil anak indonesia.

Yusuf, M. (2018). Penanganan Nyeri Dengan Teknik Distraksi Pada Pemasangan Infus Anak: Literature Review. Hasil Penelitian Ini Sejalan Dengan Penelitian Yang Dilakukan Oleh Yusuf M (2018) Bahwa Distraksi Visual Kartu Berpengaruh Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Pada Anak Selama Dilakukan Tindakan Pemasangan Infus.

Published
2024-04-05
Section
Artikel Penelitian