Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Ny. H yang Menderita Gout Arthrirtis dengan Masalah Nyeri Akut di Wilayah Kerja Puskesmas Talise Kota Palu

Family Nursing Care in Ny. H Who Suffers From Arthritis with Acute Pain Problems in the Working Area of the Talise Health Center, Palu City

  • Moh Arif Akademi Keperawatan Justitia Palu, Indonesia
  • Rosita Akademi Keperawatan Justitia Palu, Indonesia
  • Nur Febrianti Akademi Keperawatan Justitia Palu, Indonesia
Keywords: Gout Arthritis, Nyeri Akut, Kompres Hangat Rendaman Jahe

Abstract

Gout arthritis merupakan senyawa senyawa ini memiliki rumus kimia C4 H4 N4 O3 dan rasio normalnya 3,6 mg/dl dan 8,3 mg/dl. Dalam kondisi normal, asam urat tidak akan bahaya bagi kesehatan. Namun jika kelebihan (hiperurisemia) atau kekurangan (hiperurisemia) kadar asam urat plasma darah, maka akan menjadi indikasi penyakit pada tubuh manusia. Desain studi kasus yang digunakan yaitu studi kasus deskriptif, studi kasus deskritif, Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Ny.H dengan diagnosa Gout arthritis di wilayah kerja Puskesmas Talise Kota Palu, sampel adalah pasien Ny.H dengan masalah nyeri akut pada khasus Gout arthritis di wilayah kerja Puskesmas Talise Kota Palu. Dari pengkajian yang dilakukan kepada Ny. H ditemukan data subyektif Ny. H mengatakan nyeri dirasakan pertama kali pada tahun 2018 sampai dengan sekarang 22 juli 2023, Ny. H mengatakan nyeri hilang timbul. data objektif didapatkan TTV, TD: 130/80 mmhg, R: 20 x/menit, N: 87 x/menit Ny.H tampak memegang kakinya dan meringis. diagnosa yang didapatkan yaitu nyeri akut pada Ny.H berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal masalah kesehatan. setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3x24 terjadi penurunan nyeri akut pada Ny. H yaitu pada implementasi H-1 didapatkan nyeri dari skala 7 menjadi nyeri skala 6, pada implementasi H-2 didapatkan nyeri bersakala 6 turun menjadi skala 4, pada implementasi H-3 menunjukan hasil nyeri akut berskala 1. Evaluasi pelaksanaan kompres jahe menunjukan Ny. H mengatakan nyeri sudah berkurang, klien tampak tenang dan skala nyeri menjadi 1. Dengan adanya data penurunan nyeri tersebut berarti ada pengaruh dalam pemberian kompres jahe terhadap penurunan nyeri pada gout arthritis.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya penurunan nyeri setelah dilakukan kompres hangat rendaman jahe. Pada hari pertama pengkajian didapatkan hasil nyeri berskala 7 setelah dilakukan kompres hamngat rendaman jahe sampai hari ke 3 nyeri yang dirasakan berkurang menjadi skala 1.

References

bakri, maria, H. (2017). Asuhan Keperawatan Keluarga. Pustaka Mahardika.

Black, J. . (2014). Keperawatan Medikal Bedah (P. P. Lestarri & A. Suslia (eds.)). CV Pentasada.

Dilimartha, S., & Dilimartha, felix ardian. (2014). tumbuhan sakti atasi asam urat. penebar swadaya.

Fazri, nur ayu, Sari, rina puspita, Basri, muhamad hasan, & Safitri, A. (2023). Asuhan keperawatan keluarga dengan tahap perkembangan usia pertengahan keluarga bapak R khususnya pada ibu M dengan masalah gout arthritis terhadap terapi kompres jahe.

Harnilawati. (2013). Konsep dan proses keperawatan keluarga. Pustaka As Salam.

Khasana, F. (2020). asuhan keperawatan klien nyeri sendi pada kasus gangguan metabolisme purin dikeluarga dengan konteks individu pada penerapan kompres jahe hangat.

Nadirawati. (2018). buku ajar asuhan keperawatan keluarga. PT Rafika Aditama.

Nurarif, amin huda, & Kusuma, H. (2016). asuhan keperawatan praktis jilid 1. mediaction jogja.

Nursalam. (2020). Metodologi, Penelitian ilmu keperawatan. selamba medika.

PADILA. (2012). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. NUHA MEDIKA.

Pinzon, R. T. (2016). Pengkajian nyeri komprehensif.

PPNI. (2016). standar luaran keperawatan indonesia. Dewan Pengurus Pusat.

PPNI. (2017). standar diagnosis keperawatan indonesia. Dewan Pengurus Pusat.

PPNI. (2018a). standar intervensi keperwatan indonesia. Dewan Pengurus Pusat.

PPNI, T. pokja S. D. (2018b). Sdki.

Putri, evita muslima isnanda, Rahmi, C., & Paramitha, dewi setya. (2023). Buku Ajar Manajemen DIII Keperawatan jilid I. Mahakarya Citra Utama.

Rahayu, dian yuniar syanti, Anggraini, N., Panggaribuan, kuswanto santa maria, Hardika, i gade purnawinardi bangun dwi, Sumiyati, L., Febrianti, N., Limbong, M., Setiawan, G., Tasik, jeni rante, & Mustar. (2022). ilmu kepertwatan komunikasi dan keluarga. yayasan kita menulis.

Rechmawati, herlina kurnia. (2022). asuhan keperawatan keluarga ny. n pada ny. m dengan diagnosa asam urat melalui intervensi kompres hangat kayu manis di desa penggalaman kabupaten banjar.

Riniashi, W. (2022). asuhan keperawatan Ny S dengan fokus intervensi kompres jahe untuk mengurangi nyeri pada gout arthritis didesa sidorejo kecamatan pulokulon kabupaten grobogan.

Riskesdas. (2018). Laporan nasional riskesdas 2018 (p. 178). Riset kesehatan dasar.

Riskesdas. (2019). Laporan provinsi sulawesi tengah riskesdas 2018. lembaga penerbit badab penelitian dan pengembangan kesehatan (LPB).

Rizal, A., & Deali, W. (2022). asuhan keperawatan pada lansia dengan gout artrhtis.

Saputra, khalid fredy, Solichatin, Mardiyah, S., Sari, dewi happy anggia, Shnithania, D., Widyyati, mei lestari, Solikhah, maula mar’atus, & Ardiani, nurul devi. (2023). Keperawatan Keluarga. Pradina Pustaka.

Sari, nina pamela, Apriliani, gita fitri, Saryomo, & Mutaqqim, Z. (2022). terapi kompres hangat jahe merah untuk menurunkan tingkat nyeri pada pasien gout arthritis.

Savitri, D. (2021). Diam-diam mematikan, cegah asam urat dan hipertensi. Anak Hebat Indonesia.

Surahman, S. S. (2013). Metodologi riset keperwatan. CV. TRANS INFO MEDIA.

Susanto, wibowo hanafi ari, Mufarokhah, H., Setiayadi, A., Hansur, L., Adfar, tika dewi, Laila, W., Dani, Z., Hastuti, apriayani puji, Rahayu, hamma siti, Nurhamida, & Prastyanto, D. (n.d.). Dietika Penyakit Degeneratif. PT GLOBAL Eksekutif Teknologi.

Susanto, H. (2018). asuhan keperawatan pada Tn M dab Ny S dengan masalah nyeri akut di upt pstw jember.

WHO. (2022). gout. World Health Organisasi.

Yenrina, R., Krisnatutiu, D., & Rasjmida, D. (2014). diet sehat untuk penderita asam urat. penebar swadaya.

Published
2023-12-08
Section
Artikel Penelitian