Implementasi Teknik Guided Imagery Terdadap Nyeri Epigastrium Pada Pasien Dyspepsia Dirumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah

Implementation Of Guided Imagery Techniques Epigastrium Pain In Dyspepsia Patients At Undata Regional General Hospital Central Sulawesi Province

  • Stecy Pangare Akademi Keperawatan Justitia
  • Rahma Pakaya Akademi Keperawatan Justitia
  • Maryam Akademi Keperawatan Justitia
Keywords: Dispepsia, Guided imagery, Nyeri

Abstract

Dispepsia merupakan penyakit saluran pencernaan yang banyak terjadi dikalangan masyarakat dunia, dengan gejala berupa nyeri atau rasa tidak nyaman pada di lambung, mual, muntah, kembung, mudah kenyang, rasa perut penuh, sendawa berulang atau kronis. Nyeri adalah suatu pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan akibat dari kerusakan jaringan yang bersifat subjektif. Salah satu penanganan nyeri yaitu dengan guided imagery. Guided imagery adalah suatu teknik dengan menganjurkan pasien untuk mengalihkan pikirannya terhadap sesuatu yang indah sesuai dengan instruksi sehingga nyeri yang dialami pasien akan hilang atau berkurang. Metode yang digunakan dalam Penelitian Karya Tulis Ilmiah ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mengalami nyeri epigastrium pada penyakit dispepsia di ruang seroja rumah sakit umum undata provinsi sulawesi tengah. Hasil penelitian yang ditemukan dari pengkajian pada Ny N Pasien mengatakan nyeri pada epigastrium. Setelah dilakukan teknik guided imagery nyeri yang dirasakan menurun dari skala nyeri 4 (sedang) menjadi skala nyeri 0. Penerapan dilakukan 1 kali sehari selama 2 hari. Analisa data dilakukan penerapan menunjukan bahwa setelah dilakukan penerapan guided imagery, terjadi penurunan skala nyeri pada subjek penerapan, yaitu pada subjek (Ny N) dari skala nyeri 4 ( sedang)  menjadi skala 0. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa Pemberian teknik guided imagery ini efektif terhadap penurunan skala nyeri pada pasien dispepsia. Bagi pasien yang mengalami masalah nyeri hendaknya dapat melakukan penerapan guided imagery secara mandiri untuk membantu menurunkan nyeri sehingga memberikan rasa nyaman pada pasien.

References

Badan Pusat Statistik. (2020). 10 besar penyakit di 2019 (orang).

Black M joyce. (2014). keperawatan medical bedah?: manajemen klinis untuk hasil yang diharapkan (8th ed.). Elsevie, Jakarta.

Djojoningrat, D. (2014). Buku ajar Ilmu penyakit dalam (ke 4). Balai penerbit FKUI, Jakarta.

Herman, H., & Lau, S. H. A. (2020). Faktor Risiko Kejadian Dispepsia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 1094–1100. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.471

Husnul Ikhsan, M., Widya Murni, A., & Rustam, E. R. (2020). Hubungan Depresi, Ansietas, dan Stres dengan Kejadian Sindrom Dispepsia pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Sebelum dan Sesudah Ujian Blok. Jurnal Kesehatan Andalas, 9(1S), 74–81. https://doi.org/10.25077/jka.v9i1s.1158

Nurul Kencana, Tri kesuma Dewi, A. I. (2021). Penerapan Guided Imagery (imajinasi terbimbing) Terhadap Skala Nyeri Pasien Thalasemia Dan Dispepsia Di RSUD Jend. Ahmad Yani Kota Metro. Jurnal Cendekia Muda, 2.

Pertiwi, elisabeth melia putri. (2017). Pengaruh Guided Imagery Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan. Skripsi Universitas Mercubuana, 1(1), 15–49.

Purnamasari, L. (2017). “Faktor Risiko, Klasifikasi, Dan Terapi Sindrom Dispepsia”. Continuing Medical Education, 44(12), 870.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia?: Definisi Dan Indikator Diagnostik (Edisi 1). DPP PPNI , Jakarta.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2017). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia?: definisi Dan Tindakan Keperawatan (Edisi 1). DPP PPNI , Jakarta.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2017). Standar Luaran Keperawatan Indonesia?: Definisi Dan Kriteria Hasil Keperawatan. DPP PPNI , Jakarta.

Wiralodra, G., Tumiwa, F., Pondaa, A., Musak, R., & Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Tomohon, S. (2023). Pengaruh pemberian teknik relaksasi napas dalam terhadap tingkat nyeri pada pasien abdominal pain di IGD RSUD X. 14(1), 358–363.

Zakiyah, W., Eka Agustin, A., Fauziah, A., Sa’diyyah, N., & Ibnu Mukti, G. (2021). Definisi, Penyebab, Klasifikasi, dan Terapi Sindrom Dispepsia. Jurnal Health Sains, 2(7), 978–985. https://doi.org/10.46799/jhs.v2i7.230

Published
2024-01-19
Section
Artikel Penelitian