Model Pendidikan Inklusi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Multisitus SDIT Luqman Al-Hakim dan SDIT Assalaam

Inclusive Education Model on Islamic Education Subject: A Multisite Study at Luqman Al-Hakim and Assalaam Islamic Schools

  • Kurnia Julianti Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Zurqoni Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Zamroni Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pendidikan Inklusi, Studi Multisitus, Model Inklusi Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Luqman Al-Hakim dan Assalaam melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa merupakan inti dari pendekatan tersebut. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran krusial dalam memastikan partisipasi siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran. Penelitian ini berupaya mengisi kesenjangan informasi serta memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan inklusi pada konteks pengajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini mengusung pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan beberapa teknik seperti Interpretative Phenomenological Analysis (IPA), analisis interaktif, dan Cross Case Analysis. Triangulasi data dilakukan dalam tiga tahapan; sumber data, analisis, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan pendekatan inklusi antara SDIT Luqman Al-Hakim yang memfokuskan pada penyesuaian pembelajaran individu dan SDIT Assalaam yang lebih menekankan inklusi sosial di kelas reguler. Namun, keduanya memiliki pendekatan serupa dalam pengembangan potensi siswa berkebutuhan khusus dengan perbedaan dalam penggunaan "shadow teacher" dan peran orang tua. Faktor pendukung inklusi meliputi fasilitas belajar, dukungan kepala sekolah, kebersamaan, kesetaraan, dan penerimaan siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus. Namun, kendala terdapat pada keterbatasan guru PAI spesialis dan fasilitas pembelajaran yang belum memadai

References

Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th ed. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Given, Lisa M. 2008. The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Los Angeles, Calif: Sage Publications.

Harmaini, 191003002. 2022. “Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran PAI di Kota Banda Aceh.” masters. UIN Ar-Raniry.

Humas Pemerintagh Provinsi Kalimantan Timur. “Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.”

Larkin, Michael, and Andrew Thompson. 2012. Interpretative Phenomenological Analysis. eds. Andrew Thompson and David Harper. Oxford: John Wiley & Sons.

Lune, Howard, and Bruce L. Berg. 2017. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Ninth edition, global edition. Harlow, England Munich: Pearson.

Nassaji, Hossein. 2015. “Qualitative and Descriptive Research: Data Type Versus Data Analysis.” Language Teaching Research 19: 129–32.

Norman K. Denkin. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadisah, Nurhadisah. 2019. “Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” DAYAH: Journal of Islamic Education 2(2): 201–11.

Pemerintah Kota Balikpapan. 2018. “Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif.”

Rahman, Rahman, Sirajuddin Sirajuddin, Zulkarnain Zulkarnain, and Suradi Suradi. 2023. “Prinsip, Implementasi Dan Kompetensi Guru Dalam Pendidikan Inklusi.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 9(2): 1075–82.

Rohmah, Mamah Siti. 2011. “Pendidikan Agama Islam Dalam Setting Pendidikan Inklusi.” masters. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Romlah, Sitti, and Rusdi Rusdi. 2023. “Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika.” AL - IBRAH 8(1): 67–85.

Ryan, Chris. 2012. “Cross-Case Analysis.” In Advances in Culture, Tourism and Hospitality Research, eds. Kenneth F. Hyde, Chris Ryan, and Arch G. Woodside. Emerald Group Publishing Limited, 543–58.

Published
2023-10-29
Section
Artikel Penelitian