Keputusan Pembelian Konsumen pada Media Sosial Instagram

Consumer Purchase Decisions on Instagram Social Media

  • Alfalisyado Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ali Akbar Anggara Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Pembuat Konten, Berbagi Konten, Koneksi, Pembangunan Komunitas, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembuatan konten, berbagi konten, koneksi, dan pembangunan komunitas terhadap keputusan pembelian. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 107 responden. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup kuesioner, survei, dan tinjauan literatur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Temuan penelitian mengindikasikan hal berikut: 1) pembuatan konten memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian; 2) berbagi konten tidak memiliki pengaruh signifikan atau berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian; 3) koneksi tidak memiliki pengaruh signifikan atau berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian; 4) pembangunan komunitas memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Para peneliti bertujuan untuk memahami apakah konten yang dihasilkan dan dibagikan di platform media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap pilihan konsumen saat melakukan pembelian.

References

Hartono, B. (2018). From project risk to complexity analysis: a systematic classification. International Journal of Managing Projects in Business, 11(3), 734-760.

Hartono, B., Sulistyo, S., & Umam, M. (2019). Leadership profiles of successful project managers in Indonesia.Journal of Industrial Engineering and Management, 12(2), 274-301.

Iblasi, W. (2016). The Impact of Social Media as a Marketing Tool on Purchasing Decisions (Case Study on Samsung For Electrical Home Appliances). International of Managerial Studies and Research, 4 (1), 14-28

Lin, C. T., Wang, L. Y., Yang, C. C., Anggara, A. A., & Chen, K. W. (2022). Personality traits and purchase motivation, purchase intention among fitness club members in taiwan: moderating role of emotional sensitivity. Pakistan Journal of Life and Social Sciences, 20(1), 80-95.

Mileva, L and Fauzi, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 58

Randikaparsa, I., Anggara, A. A., Suparno, C., & Rafinda, A. (2022). Understanding The Role of Materialism on The Relationship Between Advertising and Compulsive. Management Analysis Journal, 11(3), 253-259.

Rajindra, Burhanuddin, Rasmi Nur Anggaraeni, Nasrulhak Akkas, and Ahmad Yani. 2020. “Effect of Funding Policy and Working Capital on Financial Performance.” Journal of Engineering and Applied Sciences 15(3): 847–50.

Rajindra, Rajindra. 2021. “Strategi Manajemen Pengelolaan Alat Kontrasepsi Di Kabupaten Donggala, Indonesia.” Jurnal Sinar Manajemen 8(1): 14–22.

Rajindra, Rajindra, Mohamad Andri, and Ahmad Yani. 2020. “Quality of Health Services in the Family Planning Program in Donggala Regency, Indonesia.” Systematic Reviews in Pharmacy 11(11).

Rajindra, Rajindra, and Rasmi Nur Anggraeni. 2019. “Costly Fees, Men’s Participation in Family Planning Declines.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 1(1): 5–8.

Rajindra, Rajindra, Guasmin Guasmin, and Burhanuddin Burhanuddin. 2020. “Financial Performance Analysis of Shares Returns in Cosmetics and Household Purposes Companies (Studies on Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange).” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 2(4): 196–204.

RAJINDRA, Rajindra, Guasmin GUASMIN, Burhanuddin BURHANUDDIN, and Rasmi Nur ANGGRAENI. 2021. “Costs and Operational Revenue, Loan to Deposit Ratio Against Return on Assets: A Case Study in Indonesia.” The Journal of Asian Finance, Economics and Business 8(5): 109–15.

Yang, C. C., Lin, C. T., Mao, T. Y., Anggara, A. A., & Wu, C. P. (2023). Leisure Motivation and Happiness, Mediation of Leisure Attitude and Perceived Value: An Evidence from Large and Heavy Motorbike Riders in Taiwan. Annals of Applied Sport Science, 0-0.

Published
2023-11-14
Section
Artikel Penelitian