Keterlibatan Guru PAI dan Orang Tua Murid dalam Membentuk Perilaku Siswa Studi Kasus MTS Darut Tauhid Kenjeran Surabaya

Involvement of PAI Teachers and Parents in Shaping Student Behavior Case Study of MTS Darut Tauhid Kenjeran Surabaya

  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Dosen Pascasarjana Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Abd. Muta’ali Mahasiswa Pascasarjana Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Keterlibatan Guru PAI dan Orang Tua Murid, Membentuk, Perilaku Siswa

Abstract

Keterlibatan antara guru PAI dan orang tua akan dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam mendidik anaknya. karakter Islam, dan pembentukan karakter Islam membuahkan hasil berupa terbentuknya pribadi-pribadi muslim yang berkarakter Islami. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah pembentukan karakter siswa, cara peningkatan moral siswa oleh guru PAI dan orang tua murid di MTs Darut Tauhid Kenjeran Surabaya, seperti mengajarkan bagaimana bergaul dengan, perilaku baik dan tanggung jawab, metodenya berupa keteladanan guru, bimbingan, pengawasan guru dan orang tua murid. Faktor pendukung dan penghambat Keterlibatan Guru PAI dan Orang Tua Murid di MTs Darut Tauhid Kenjeran Surabaya adalah: a). Faktor-faktor yang menjadi pendukung yaitu: faktor pimpinan sekolah, faktor guru, faktor orang tua, faktor siswa, faktor tokoh masyarakat. b). Faktor-faktor yang menjadi penghambat yaitu: faktor diri sendiri, faktor lingkungan, berbedanya latar belakang para siswa, berbedanya tingkat kesadaran orang tua atau wali murid.

References

Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 1995. Ali al-Haitsami, Nuruddin. Majma’ al-Zawâ’id wa Manba’ al-Fawâ’id. Beirut: Dar al-Fikr, juz VIII, 1412 H.
Abdul Halim, Mahmud Ali. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani, 2004.
Ahmad, Santhut Khatib. Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral dan Spiritual Anak dalam Keluarga Muslim. Mitra Pustaka, Yoqyakarta, 1998.
Ahmadi, Abu. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.
Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Bintang, 1995.
Anis, M. Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Intermasa, 2002.
Arief, Romli. Pendidikan Agama Islam. Universitas Pers IKIP Surabaya, 1977.
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Bagus, Putrayasa Ida. Landasan Pembelajaran. Bali: Undiksha Press. 2013
Binti Mubarak Al-Basik, Haya. Ensiklopedi Wanita Muslimah. Jakarta: Darul Falah, 2001.
Buku Pedoman Penulisan Proposal dan Tesis Progam Pascasarjana UNSURI Surabaya, Surabaya : LPPM Unsuri Surabaya, 2019.
Dahlan, Aisyah. Membina Rumah Tangga Bahagia. Jakarta: Jamuru, 1996.
Danien Indrakusuma, Amin. Pengantar Ilmu Pendidikan, Malang: Usaha Nasional, 1973.
Darajat, Zakiah. Pembinaan Jiwa/Mental. Jakarta: Bulan Bintang, 1974.
Darajat, Zakiah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 1995.
Darajat, Zakiah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995.
Darajat, Zakiah. Perkembangan Psikologi Agama dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahan. Semarang: Toha Putra, 1989.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Fatimah, Siti. Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di SMPN 1 Sukadana Lampung Timur. Tesis, Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung, 2017.
Fuseyah Navae, Miss. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Semarang. Tesis, Program Pascasarjana UIN Walisongo Semarang, 2019.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Ofset, 2010.
WJS. Poerdaminta, Pengantar Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, edisi 3, 2001.
Pusat Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Indonesia, akarta: Balai Pustaka, 1990),
http://eprints.umg.ac.id/2825/2/BAB%20II.pdf, diakses pukul 09.14 tanggal 27 Desember 2021.
Idris, Zahara. Dasar-dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya, 2000.
Indrakusuma. Pengantar Ilmu Pendidikan. Malang: Usaha Nasional, 1973.
Irwan Nahar, Novi. Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1.1. 2016.
Isa at Tirmidzi Muhammad bin, Sunan at Tirmidzi. (Maktabah Syamilah), versi 1, jilid 10.
L. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Moleong, Lexy J. Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Muhadjir, Noeng. Pengukuran Kepribadian: Telaah Konsep dan Teknik Penyusunan Test Psikometri dan Skala Sikap. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1992.
Muhaimin, DKK. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: PT. Trigenda Karya, 1993.
Nawawi, Hadari. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: CV. Haji Masagung, 1989.
Nur’asiah. Peranan guru Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Poleang Kabupaten Bombana. Tesis, Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2012.
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995.
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda karya, 1998.
Raco. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Grasindo, 2010.
Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Rusuli, Izzatur. Refleksi Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Jurnal pencerahan, 8.1, 2014.
S. Enha, Ilung. Kalau Anak Tak Sholeh, Siapakah Yang Salah ?, Majalah Mimbar Pembangunan Agama. No. 57 Zulhijjah 1411, 1991.
Bustami, Said. Supervisi Pendidikan Agama Islam. Pamekasan: STAI Negeri, 2001.
Santhut Khatib, Ahmad. Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral dan Spiritual Anak dalam Keluarga Muslim. Yoqyakarta: Mitra Pustaka, 1998.
Soekarno, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi baru keempat, Rajawali Pers, 1995.
Soekidjo, Notoatmodjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Sudarto. Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Suprayogo, Imam dan Tobroni. Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001.
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2003.
Widianti, Refi. Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membimbing kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTs Pancasila Bengkulu. Tesis, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2019.
Zahruddin. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Published
2023-10-23
Section
Artikel Penelitian