Perubahan Prilaku dan Psikologi Siswa di MIN 1 Palembang

Behavior and Psychology Changes of Students at MIN 1 Palembang

  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Mutyati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Adinda Putri Ramadhanty Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Nadila Puti Andini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Widiya Lestari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Fitri Yanalia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Keywords: Perubahan Prilaku, Psikologi, Siswa

Abstract

Artikel ini membahas tentang perubahan perilaku dan psikologi siswa di MIN 1 Kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Dalam konteks pendidikan, perubahan perilaku dan perubahan psikologi anak merupakan dua aspek yang saling terkait, dan perubahan psikologi anak memiliki dampak signifikan pada partisipasi mereka dalam proses belajar mengajar. Peran guru sebagai pendidik memiliki peranan sentral dalam mencapai tujuan pendidikan, mengingat guru telah melakukan analisis psikologi anak.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Agung, I. M. (2020). Memahami pandemi covid-19 dalam perspektif psikologi sosial. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68-84. )

Andawatir, A., & Khakim, A. (2019). Analisis Perilaku Menyontek dan Rencana Perubahan Perilaku Siswa SMP. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah , 11 (2), 88-97.

Fhadila, KD (2017). Mengatasi perubahan perilaku remaja. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) , 2 (2), 16-23.

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198-203.

Hitipeuw, I. (2012). Pandangan guru-guru terhadap masalah-masalah tingkah-laku siswa sd. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP),

Ibrahim, Choirun Niswah, Diah Islamiyah. 2023. “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Islamiyah Tarbiyah Sekar Jaya Ogan Komering Ulu.” Jurnal Dirasah 6(2): 431–41.

Ibrahim, K M S Badaruddin, and Pipit Ridiana. 2023. “Operasionalisasi Laboratorium Komputer Dalam Pembelajaran Jambura Journal of Educational Management.” Jambura Journal of Educational Management 4(September): 239–50.

Ibrahim, I, M N Solekha, R Kanada, and ... 2023. “Penerapan Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran.” Lencana: Jurnal … 1(4). https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/2255.

Ibrahim, Ibrahim, Adi Prasetyo, Choirun Niswah, and Zulkipli Zulkipli. 2022. “Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 2(3): 170–81.

Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, N., & Pathoni, H. (2019). Analisis korelasi sikap siswa dan disiplin siswa terhadap IPA pada Siswa SMP Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 59-71.

Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59.

Mangdalena, Ina, Alif FatakhatusShodikoh, and Anis Rachma Pebrianti. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI?: Jurnal Edukasi dan Sains 3(2): 312–25.

Megawaty, D. A. (2020). Sistem Monitoring Kegiatan Akademik Siswa Menggunakan Website. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 98-101.

Miles, and Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1)

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

———. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwarni, E., Rosmalasar, T. D., Fitri, A., & Rossi, F. (2021). Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157-163.

Udayana, J. P. (2016). Gambaran kebutuhan psikologis pada anak dengan gangguan emosi dan perilaku (tinjauan kualitatif dengan art therapy sebagai metode penggalian data) AA Ayu Wulan Dwi Anggaswari dan IGAP Wulan Budisetyani. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 86-94.

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28.

Prigantini, R. D., & Abdullah, K. (2022). Perubahan Perilaku Belajar Dan Psikologis Siswa Saat Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 986-1001. 171-187

Wahid, M. A. (2020). Dampak Perubahan Perilaku Tokoh Dhirga Dalam Novel Dhirga Karya Natalia Tan (Perspektif Psikologi Behaviorisme Skinner). Bapala, 7(4), 1-15.

Published
2023-10-14
Section
Artikel Penelitian