Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Modern pada Mata Pelajaran Agama di MAN 1 Kolaka

The Effectiveness of Utilizing the Google Form Application as an Evaluation Media for Modern Learning in Religious Subjects at MAN 1 Kolaka

  • Rahmat Risyawal M. Insitut Agama Islam Al Mawaddah Warahmah
  • Abd. Haris Nasution Insitut Agama Islam Al Mawaddah Warahmah
  • Muhammad Asra Insitut Agama Islam Al Mawaddah Warahmah
Keywords: Efektivitas, Evaluasi, Formulir Google, Media, Sedang Belajar

Abstract

Sebagian besar lembaga pendidikan di Indonesia telah menggunakan aplikasi google form untuk proses evaluasinya. Salah satunya MAN I Kolaka, lembaga pendidikan Islam yang telah mempunyai prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan seni baik secara nasional maupun internasional. Namun muncul beberapa permasalahan di MAN 1 Kolaka dengan google form ini, dengan beberapa uraian yang telah dijelaskan. Pelaksanaan penilaian dan evaluasi menggunakan google form di MAN 1 Kolaka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak hanya digunakan pada saat pembelajaran daring atau daring saja, namun tetap digunakan pada saat pembelajaran luring atau tatap muka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana efektivitas penggunaan aplikasi google form sebagai media evaluasi pembelajaran modern mata pelajaran agama di MAN 1 Kolaka? dan Apa kendala penggunaan aplikasi google form sebagai media penilaian pembelajaran modern pada mata pelajaran agama di MAN 1 Kolaka? Tujuan Penelitian Untuk mengetahui efektivitas dan penghambatan penggunaan aplikasi google form sebagai media evaluasi pembelajaran modern pada mata pelajaran agama di MAN 1 Kolaka. Metode penelitian yang digunakan meliputi jenis penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif kualitatif; Objek penelitian difokuskan pada sejauh mana efektivitas penggunaan aplikasi google form yang digunakan sebagai media evaluasi modern khususnya pada mata pelajaran agama Islam; instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, angket atau angket dan dokumentasi; Teknik analisis data dianalisis menggunakan analisis fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi google form ini merupakan aplikasi yang dapat membantu kinerja guru dan penggunaannya cukup mudah serta tidak memakan banyak biaya dalam menilai soal. Kemudian jika dibandingkan dengan berbagai aplikasi lainnya, google form lebih efektif atau mudah diterapkan dan menu-menu yang ada mampu beradaptasi dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IT). Dan penulis dapat mengetahui bahwa kendala pada penerapan google form ini terdapat pada kurangnya pengetikan huruf latin dan tambahan waktu pengerjaan soal.

References

Mushaf Al-Qur’an Al-Karim
Agustian, Ary ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Jakarta: Arga Tilanta.
al-halabi, Ali Hasan. 2014. Cara Mudah Belajar Islam, Jakarta : Pustaka Imam Asy-Syafi’I.
Arifah, Fatih. 2012. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Mentari Pustaka.
arifin, Bambang Syamsul. 2015. Pisikologi Agama. Bandung: Pustka Setia
Arjiman, Nuku. 2022 “Analisis Respon Terhadap Penggunaan Google Form Sebgai Alat Evalusi Pembelajaran”, Jurnal pendidikan dan pengajaran (JPP), Vol. III. Nomor 3.
Arsad, Azhar. 2014. Media Pembelajar. Jakarta : Rajawali.
Azizah, Siti Nur. 2018 . “Efektivitas Kinerja Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pada Program Pentasharufan Dana Zakat Di Baznas Kota Yogyakarta’, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. VI. Nomor. I.
Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Bulan, Sri. 2020 ” Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir Dalam Tanggap Work Form Home Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. VIII. Nomo 1.
case, kay A.Norlander. 2009 “The Proffessional Teacher,” diterjemahkan oleh suci Romadhona dengan judul: Guru Profesinal, Jakarta Barat : Permata Puri Media.
Charolinahlm, Yanthi. 2021. “Pemamfaatan Aplikasi Google form Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi” Jurnal Paradigma” Vol. XXIII. Nomor. 1.
Damin, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia.
Darmadi, hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial, Edisi baru; Bandung: Alfabeta.
Diantoro Fery, dkk. 2021 “Upayan Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional Dimasa Pendemi”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. II. Nomor 1.
Falahudin, Iwan. 2014“Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran”, Jurnal Lingkar Widyaiswara. Edisi 1. Nomor. 4.
Faujiah, Alya Nur dan Habsah, Dinda. 2022. Penerapan Implemetasi Desain Dan Evaluasi Sumatif Di Sekolah Dasar SDN Pakulanan 2 Tangerang Selatan”, Jurnal Pendidikan Dan Sains. Vol II.Nomor.2.
Fikri, Miftahul. Dkk. 2019. Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan, bandung: Nulis buku.
fitrianti, Leni. 2018. “Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran”, Jurnal Pendidikan, Vol. X. Nomor 1.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta : Insan Madani.
Hasan, Muhammad. dkk, 2021. Media Pembelajaran, Cet.I; Jakarta: Tahta Media Groub.
Hidayah, Syarif. 2021. Efektivitas Penggunaan Google Form Pada Penilaian Harian Aspek Kognitif Mata Elajaran Al Qur’an Hadis Di Mts Ma’arif Nu 1 Cilongok Kabupaten Banyumas”. Tesis. Purwokerto.
Kemterian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahan. Syaamil Al-Qur’an The Miracle 15 In 1, Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.
Majid, Abdul. 2014. Startegi Pembelajra. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. VIII; Jakrta: Rineka cipta.
Marliany, Rosleny. 2014. Pisikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia.
Maswan dan Khoirul Muslimin. 2017. Teknologi Pendidikan, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muallimun. 2021 “Pemanfaatan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan . Vol.I Nomor 1.
Munawaroh, Rahmah Zaqiyatul. dkk. 2021. “Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring” , Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), Vol. V. Nomor 3.
Munir. 2015. Multimedia, Bandung: Alfabeta CV.
Munthe, Bermai. 2014. Desain Pembeljaran, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Purwanto, M. Ngalim. 2014. Pisikologi Pendidikan, bandung : Remaja rosdakarya.
Putra, Sitiatava Rezema. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kenerja, Cet. I; Jogjakarta: Diva Pers.
Putrid, Adinda Rahmi, dkk. 2021 “Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teamsterhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMANegeri 3 Bukittinggi”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. V. Nomor 2.
Riinawati. 2022. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta : Thema Publishing.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Lkis Printing Cemerlang.
Saefullah, U. 2014. Manajemen Pendidikan Islam, Cet. II; Bandung: Pustaka Setia.
Salehudin, Mohammad. dkk. 2020. “Siswa SD Menggunakan Smartphone Dalam Pembelajaran Online” ,Ibtida, Volume I, Nomor. 02.
Samsiadi, “Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Agama Di SMK Negeri 1 Berau Kaltim”, Jurnal esearch and Development Journal Of Education,Vol. VIII. Nomor 2.
Sani, Ridwan Abdullah. dkk. 2018. Penelitian pendidikan, Cet I; Tangerang: Tira Smart.
Shihab, M.Quraish, 2017. Tafsir Al-Misbah, Vol. V. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, M.Quraish, 2017. Tafsir Al-Misbah, Vol. XII. Jakarta: Lentera Hati.
Situmeang, Mahyudin. 2021. “Sosialisasi Penggunaan Google Form Dalam Penunjang Kegiatan Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid 19 Di Lembaga Komunikasi Dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO-Indonesia)” Journal Liaison Academia and Society (J-LAS)” Vol.I. Nomor.2.
Situs resmi MAN 1 Kolaka, www.man1kolaka.sch.id (di akses 28 januari 2023)
Suardi, Moh. 2021. Belajar dan Pemeblajaran. Bandung: Media Sains Indenesia.
Sudarsyah, Asep. Kerangka Analisis Data Fenomenologi, (Dosen Jurusan Adminitrasi Pendidikan FIP UPI : ISSN 1412-565).
Sugiyono. 2013. Motode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia.
Sulaiman, Asep. 2015. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Cet II; Bandung : Cv. Arfino Jaya, 2015.
Sumenge, Ariel Sharon. 2013.Analisis Efektifitas Dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Minahasa Selatan”, Jurnal EMBA, Vol. I. Nomor. 03.
Syamsul Arifin, Bambang. 2015. Pisikologi Agama, Cet. II; Bandung: Pustka Setia.
syaputra, Saktis. 2018. ” Pembelajaran Komunikasi, Motivasi Dan Muhasabah Untuk Guru, Siswa Dan Mahasiswa Di Masjid Al Muhajirin Perum Telaga Harapan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi”, Jurnal Komunitas, Vol.I.No.1.
Tim dosen Adminitrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2017. Manajemen Pendidikan. bandung : Alfabeta.
Usman, M.Basyiruddin. dan asnawir. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Delia Citra Utama.
Wardani, Anggi Laela Aprina. dkk. 2021. “Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IV Di SD Islam Bani Hasyim”, Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. III. Nomor. 1.
Zaini, Hisyam. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : Insan Madani.
Profil MAN 1 Kolaka dan Guru MAN 1 Kolaka Moh. Nasar, BA
Google Maps (di akses 9 maret 2023)
Arsip MAN 1 Kolaka 2023
Published
2023-08-28
Section
Artikel Penelitian