Studi Literatur : Peran Suami Dalam Memotivasi Istri Melakukan Pemeriksaan Kehamilan

Literature Study On The Role Of Husbands In Motivating Wife To Conduct Pregnacy Examination

  • Sri Mulyaningsih Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Indonesia
  • Fidyawati Aprianti A. Hiola Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Indonesia
  • Fendrawati Hilamuhu Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Indonesia
Keywords: Ibu Hamil, Peran Suami, Pemeriksaan kehamilan

Abstract

Pemeriksaan kehamilan (antenatal care) yaitu tidak dapat dilakukan pemantauan kehamilan dan keadaan bayi, tidak mendapatkan pelayanan yang maksimal untuk ibu hamil, tidak diketahui adanya resiko komplikasi kehamilan pada ibu dan janin seperti anemia, keguguran, letak atau posisi janin, BB janin.Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran suami dalam memotivasi istri melakukan pemeriksaan kehamilan.Desain yang digunakan adalah desain naratif deskriptif dengan pendekatan literature review (studi literatur). Studi literatur review  merupakan sebuah sintesa dari literatur tentang topik penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu berasal dari jurnal penelitian yang sudah diteliti sebelumnya, penelitian ini menggunakan 6 jurnal.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan peran suami dalam memotivasi istri melakukan pemeriksaan kehamilan. Hal ini karena pemeriksaan kehamilan sangat penting untuk mengetahui kesehatan  ibu dan keadaan janin, suami sangat berperan dalam memotivasi istri melakukan pemeriksaan kehamilan agar ibu merasa semangat, nyaman dan aman saat melalukan pemeriksaan. suami sangat berperan dalam memotivasi istri melakukan pemeriksaan kehamilan

References

Agustin, Wawan Kuniawan. 2021. “Metodologi Penelitian Kesehatan Dan Keperawatan?; Buku Lovrinz Publishing.” Metodologi Penelitian Kesehatan dan Keperawatan 1: 170. https://books.google.com/books/about/Metodologi_Penelitian_Kesehatan_dan_Kepe.html?hl=id &id=CQAoEAAAQBAJ (July 21, 2023).
Aji, Prabu Sulistyani et al. 2022. “Asuhan Kebidanan Pada Persalinan - Google Books.” https://www.google.co.id/books/edition/Asuhan_Kebidanan_Pada_Persalinan/mKaAEAAAQBA J?hl=id&gbpv=1&dq=Asuhan+Kebidanan+Persalinan.+Jakarta:+CV.+Trans+Info&pg=PA102& printsec=frontcover (July 21, 2023).
Asmadi. 2008. “Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep Dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien.” Diani, Luh Putu Prema, and Luh Kadek Pande Ary Susilawati. 2013. “Pengaruh Dukungan Suami
Terhadap Istri Yang Mengalami Kecemasan Pada Kehamilan Trimester Ketiga Di Kabupaten Gianyar.” Jurnal Psikologi Udayana 1(1): 1–11.
Handayani, and Rinah. “View of HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP KEPATUHAN IBU MELAKUKAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE.” http://e-journal.sari- mutiara.ac.id/index.php/Keperawatan/article/view/764/644 (July 21, 2023).
Hutagaol, Aureliya. 2015. “Hubungan Motivasi Suami Pada Ibu Hamil Terhadap Pemeriksaan Kehamilan (Anc) Di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda 1(Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No. 1 Tahun 2015): 67–70. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN/article/view/225/228.
Kemenkes RI. 2022. Pusdatin.Kemenkes.Go.Id Profil Kesehatan Indonesia 2021.
Kesehatan, Kementerian, and Republik Indonesia. 2016. PROFIL KESEHATAN INDONESIA. Mahayana, Sagung Adi Sresti, Eva Chundrayetti, and Yulistini Yulistini. 2015. “Faktor Risiko Yang
Berpengaruh Terhadap Kejadian Berat Badan Lahir Rendah Di RSUP Dr. M. Djamil Padang.”
Jurnal Kesehatan Andalas 4(3): 664–73.
Megalina Limoy, Katarina Iit,. 2020. “Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Dengan Kepatuhan Kunjungan Kehamilan Di Puskesmas Banjar Serasan Kota Pontianak Tahun 2019.” Jurnal_Kebidanan 10(1): 464–72.
Mukrimaa, Syifa S. et al. 2016. 6 Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar WORLD HEALTH STATISTIC.
Rambe, Sari Kumala. “View of PERILAKU SUAMI TENTANG PENTINGNYA PERAN SUAMI SIAGA DALAM MASA KEHAMILAN DI DESA HUTALOMBANG KECAMATAN LUBUK BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS TAHUN 2018.”
https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/102/98 (July 21, 2023).
Tahir, Muhammad. “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI IBU HAMIL UNTUK MEMERIKSAKAN KEHAMILAN.”
Wuryani, Murti, and Aisyah. 2019. “Analisa Determinan Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan (K4).” Jurnal SMART Kebidanan 5(2): 18–27. http://www.stikesyahoedsmg.ac.id/ojs/index.php/sjkb/article/view/203 (July 21, 2023).
Published
2023-07-27
Section
Artikel Review