Hubungan Antara Kebiasaan Minum Kopi dengan Kejadian Dismenore Primer pada Mahasiswi Universitas X Kota Medan

The Reationship between Coffee Drinking Habits and the Incidence of Primary Dysmenorrhea in Students of X University Medan City

  • Nofi Susanti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mayumi Ershanda Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Indah Rizqika Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Daffa Dhiba Oesraini Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Dismenore, Kopi, Mahasiswi

Abstract

Dismenore ialah masalah ginekologis yang paling sering terjadi dihadapi oleh perempuan, baik tua maupun muda. Dismenore adalah rasa sakit yang terjadi selama menstruasi dan terjadi karena kejang pada otot di dalam rahim. Rasa sakit ini dapat membuat sulit untuk bergerak setiap hari, dan sebagian besar memengaruhi wanita.Kopi sendiri merupakan salah satu minuman yang paling familiar bagi mahasiswa. Meminum kopi sudah menjadi kebiasaan ketika tugas sudah menumpuk dan deadline yang dekat terutama pada kalangan Mahasiswi.  Mereka mengkonsumsi kopi dengan alasan ingin begadang dikarenakan mengejar deadline.Maka,Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan minum kopi dengan prevalensi dismenorea primer pada mahasiswi X Medan.   Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling yang mengumpulkan data via Gform . Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 52 responden dengan pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Dari 52 responden yang menjadi sampel pada penelitian ini didapatkan kebiasaan minum kopi Mahasiswi Universitas X Kota Medan sebanyak 47 responden (90,38%) yang dikategorikan ringan, 4 responden (7,69%) dikategorikan sedang, dan 1 responden (1,92%) dikategorikan berat. Hasil yang didapatkan bahwa tidak memiliki hubungan antara kebasaan minum kopi dengan kejadian dismenore primer pada Mahasiswi Universitas X Kota Medan. Ada kemungkinan faktor lain yang menyebabkan Mahasiswi Universitas X Kota Medan mengalai Dismenore Primer yaitu faktor keturunan/riwayat keluarga.    

 

References

Oktorika, P., Indrawati, I., & Sudriati, P. E. (2020). Hubungan Index Masa Tubuh (Imt) Dengan Skala Nyeri Dismenorea Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 2 Kampar. Jurnal Ners, 4(2), 122-129.

Wulanda, C., Luthfi, A., & Hidayat, R. (2020). Efektifitas Senam Dismenore Pada Pagi Dan Sore Hari Terhadap Penanganan Nyeri Haid Pada Remaja Putri Saat Haid di SMPN 2 Bangkinang Kota Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Tambusai, 1(1), 1-11.

Marbun, U. (2022). Efektifitas Terapy Akupresur Terhadap Pengurangan Dismenore Pada Mahasiswa DIII Kebidanan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 64-69.

Rahmi, L., & Hasnah, H. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen terhadap Kopi Arabika Lolo pada Kafe Gubuk Coffee Central di Payakumbuh. JOSETA: Journal of Socio-economics on Tropical Agriculture, 2(2).

Wahyuni, I., Yusuf, S., & Magga, E. (2020). Pengaruh Konsumsi Kopi terhadap Tekanan Darah dan Insomnia pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah ParePare. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan, 3(3), 395-402.

Nazihah, P. H., Rohmah, F., Kes, S. S. T., Astuti, A. W., & ST, S. (2020). LITERATURE REVIEW TENTANG GAMBARAN KEJADIAN DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI.

Yazia, V. (2019). Hubungan Keterpaparan Media Massa Internet Dan Status Gizi Terhadap Usia Menarche Pada Siswi Kelas Vii Smpn 22 Padang. Menara Ilmu, 13(6).

Jayanti, C. (2021). Hubungan status gizi dan usia menarche dengan kejadian dismenore pada mahasiswa Tingkat 1 Semester 2 Akbid RSPAD Gatot Soebroto. Jurnal Bidan Komunitas, 4(2), 89-95.

Hayati, S., & Agustin, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Dismenore Pada Remaja Di SMA Pemuda Banjaran Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1), 132-142.

Ade, S., Sarwinarti., Purwati, Y. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dismenore Primer di Pondok Pesantren Al-Imdad Yogyakarta.

Published
2023-08-08
Section
Artikel Penelitian