Hubungan Lama Penggunaan Alat Kontrasepsi Suntik 3 Bulan dengan Gangguan Menstruasi bagi Ibu Menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Talise

Relationship between 3 Months of Injectable Contraceptive Use and Menstrual Disorders for Breastfeeding Mothers in the Working Area of the Talise Health Center

  • Nurul Wasi’a Akademi Keperawatan Justitia Palu
  • Ardin S Hentu Akademi Keperawatan Justitia Palu
  • Rabiah Akademi Keperawatan Justitia Palu
Keywords: Lama Penggunaan KB Suntik 3 Bulan, Gangguan Menstruasi, Ibu Menyusui

Abstract

Menstruasi, juga dikenal sebagai perdarahan, lendir, dan puing-puing dari mukosa rahim diikuti oleh pelepasan periodik dan siklik (deskuamasi) endometrium, adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara teratur dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Masalah terbesar dengan kontrasepsi suntik adalah pendarahan yang tidak teratur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan lama penggunaan kontrasepsi suntik 3 bulan dengan kelainan menstruasi pada ibu menyusui di Puskesmas Talise. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Semua ibu menyusui yang menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan di Puskesmas Talise diikutsertakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17 responden (70,8%) menggunakan kontrasepsi suntik selama 3 bulan dengan lama penggunaan lebih dari 6 bulan, sedangkan 7 responden (29,2%) menggunakannya kurang dari 6 bulan. Untuk masalah menstruasi, 21 responden (87,5%) melaporkan mengalaminya, sedangkan 3 responden (12,5%) melaporkan tidak mengalaminya. Hasil uji rank Spearman didapatkan nilai signifikansi 0,002 < 0,005 antara lama penggunaan KB suntik 3 bulan dengan masalah menstruasi. Sehingga hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan antara lama pemakaian KB suntik 3 bulan dengan kelainan menstruasi pada ibu menyusui yang menggunakan KB suntik 3 bulan di wilayah operasi Puskesmas Talise tahun 2022.

References

Antika, Dita Agil, and Widaryati Widaryati. 2014. “Hubungan Penggunaan KB Suntik Dengan Siklus Menstruasi Pada Akseptor KB Suntik Di Wilayah Kerja Puskesmas Ponjong I Gunungkidul.”
Kemenkes, R. I. 2020. “Panduan Pelayanan Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi Dalam Situasi Pandemi COVID-19.” Kemenkes RI 5.
Murtadha, Atiqah. n.d. “Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Pil KB Dalam Mengatur Siklus Haid Pada Calon Jamaah Haji Dan Umrah Di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2017-2018.”
Rahmadiyana, Eka wahyu. 2018. “HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK 3 BULAN DENGAN GANGGUAN MENSTRUASI PADA AKSEPTOR KB SUNTIK 3 BULAN DI KLINIK SABARITA TANJUNG BERINGIN KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN 2018.” Kebidanan.
Siregar, Rahmadani. 2019. “Hubungan Lama Penggunaan Kontrasepsi Suntik 3 Bulan Dengan Gangguan Haid Di Puskesmas Hutaimbaru Tahun 2018.” Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan.
Siregar, Rosmaida. 2019. “Hubungan Penggunaan KB SUNTIK Dengan Siklus Menstruasi Di Klinik Sulistiowati Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas Tahun 2018. Jurnal Keperawatan.” Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan.
Spevack, Edra. 2013. “The Long-Term Health Implications of Depo-Provera.” Integrative Medicine 27.
Toduho, Serly, Rina Kundre, and Reginus Malara. 2014. “Hubungan Stres Psikologis Dengan Siklus Menstruasi Pada Siswi Kelas 1 Di SMA Negeri 3 Tidore Kepulauan.” Jurnal Keperawatan 2(2).
Tombokan, Kevin C., Damajanty H. C. Pangemanan, and Joice N. A. Engka. 2017. “Hubungan Antara Stres Dan Pola Siklus Menstruasi Pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Madya (Co-Assistant) Di RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado.” EBiomedik 5(1).
St. Umrah, Andi, and Andi Kasrida Dahlan. 2018. “Hubungan Antara Pemakaian Alat Kontrasepsi Suntik Dengan Gangguan Menstruasi Pada Akseptor Kb Suntik.” Voice of Midwifery 5(07):7–13. doi: 10.35906/vom.v5i07.12.
Wisniastuti, Luh Made, A. A. Sri Agung Adilatri, and Ika Setya Purwanti. 2018. “Hubungan Tingkat Stres Dengan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Semester VIII Di Stikes Wira Medika Bali: Stress Level Correlation To Change Of Menstrual Cycle In The Semester VIII In Stikes Wira Medika Bali.” Bali Medika Jurnal 5(1):91–100.
Published
2023-04-14
Section
Artikel Penelitian