Prediksi Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa berdasarkan Nem dengan Menggunakan Algoritma Neural Network Berbasis Particle Swarm Optimization

Prediction of Student Comulative Achievement Index Based on NEM Using Particle Swarm Optimization Based Neural Network Algorithm

  • Muhamad Ziaul Haq Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Nursalim Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Prediksi, Regresi Linear, Particle Swarm Optimization, Neural Network

Abstract

Proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada berbagai perguruan tinggi di Indonesia baik itu perguruan tinggi negeri ataupun swasta melakukan seleksi terhadap calon mahasiswanya dengan melihat pada Nilai Ebtanas Murni (NEM). Guna menganalisis hubungan antara nilai NEM calon mahasiswa dengan prestasi akademik yang dicapai di STMIK Adhi Guna (dalam hal ini digunakan indeks prestasi kumulatif (IPK) dengan analisis korelasi dan regresi linier ganda. Variabel penelitian yang digunakan adalah hasil IPK kelulusan mahasiswa sebagai variabel dependen (terikat), dan nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika sebagai variabel independent (bebas). Penelitian ini menggunakan 2 algoritma yang berbeda yaitu Neural Network (NN) dan Particle Swarm Optimization (PSO) untuk membandingkan hasil dan mencari tingkat akurasi terbaik diantara kedua algoritma tersebut. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Neural Network berbasis Particle Swarm Optimization adalah algoritma yang paling baik dibandingkan dengan Neural Network untuk mengukur tingkat korelasi antara NEM dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Neural Network pada penelitian ini menghasilkan akurasi terkecil 0,214 dengan Time = 4 s. Neural Network berbasis PSO menghasilkan akurasi terkecil 0,132.

References

Asrul, Junaidi. 2014. “Reconnecting Sambungan Rumah (Sr) Pada Gardu 079 Sovia Untuk Mengurangi Losses Di PT PLN (Persero) Rayon Bukittinggi (Menggunakan Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan).” Elektron: Jurnal Ilmiah 6(1): 16–27.
Draper, Norman Richard, Harry Smith, and Bambang Sumantri. 1992. Analisis Regresi Terapan. PT Gramedia Pustaka Utama.
Fitryadi, Khairil, and Sutikno Sutikno. 2016. “Pengenalan Jenis Golongan Darah Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron.” Jurnal Masyarakat Informatika 7(1): 1–10.
Gaing, Zwe-Lee. 2004. “A Particle Swarm Optimization Approach for Optimum Design of PID Controller in AVR System.” IEEE transactions on energy conversion 19(2): 384–91.
Kennedy, James, and Russell Eberhart. 1995. “Particle Swarm Optimization.” In Proceedings of ICNN’95-International Conference on Neural Networks, IEEE, 1942–48.
Kutner, Michael H, Christopher J Nachtsheim, John Neter, and William Wasserman. 2004. 4 Applied Linear Regression Models. McGraw-Hill/Irwin New York.
Novianto, Rizka Putra, Ig Prasetya Wibawa, and Muhammad Zakiyullah Romdlony. 2020. “Analisis Pendeteksi Gelombang Tsunami Dengan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan.” eProceedings of Engineering 7(1).
Tandrian, Alvin Hanjaya, and Adhi Kusnadi. 2018. “Pengenalan Pola Tulang Daun Dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation.” Ultima Computing: Jurnal Sistem Komputer 10(2): 53–58.
Zurada, Jacek M. 1992. “Introduction to Artificial Neural Systems, West, St.” Paul, Minn 13.
Published
2023-02-13
Section
Artikel Penelitian