Pengaruh Kepemimpinan, Kemampuan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Cv. Buana Adhikarta

The Influence of Leadership, Capability, Occupational Safety and Health on Employee Performance Cv. Buana Adhikarta

  • Aflacha Viva Rahmawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kusuma Chandra Kirana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Didik Subiyanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Kepemimpinan, Kemampuan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh variabel Kepemimpinan, Kemampuan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Buana Adhikarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Buana Adhikarta dengan jumlah sampel sebesar 60 responden. Sampel yang digunakan Sampling Jenuh yang berarti semua anggota populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menghitung besarnya koefisien regresi guna menunjukkan besarnya pengaruh variabel Kepemimpinan, Kemampuan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan uji kelayakan model menunjukan bahwa variabel Kepemimpinan, Kemampuan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Buana Adhikarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Gaya Kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan;(2) Kemampuan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan;(3) Keselamatan dan Kesehatan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.

References

1. Lensufiie T. Leadership untuk profesional dan mahasiswa. Jakarta: Erlangga. 2010;103.
2. Huda TA. KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN MINAT DAN BAKAT.
3. Alam K, Utari W, ÔÇì S. Pengaruh Komitmen Organisasi, Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Personel Pada Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan. MAP (Jurnal Manaj dan Adm Publik). 2019;2(02):206–20.
4. Kurniawidjaja DRDLM, Ok S. Teori dan aplikasi kesehatan kerja. Universitas Indonesia Publishing; 2012.
5. Sugiyono D. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. 2013;
6. Marpaung M. Pengaruh kepemimpinan dan Team work Terhadap kinerja karyawan Di koperasi sekjen kemdikbud senayan jakarta. J Ilm WIDYA. 2014;2(1):33–40.
7. Pratama AAN, Wardani A. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kendal). J Muqtasid. 2017;8(2):119–29.
8. Citra DP, Purwadi A, Hakim I. Pengaruh Etos Kerja Islami Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Tabungan Negara Syariah (BTN) KC Malang. Falah J Ekon Syariah. 2018;3(2):24–33.
9. Pamesti R, Waluyo HD, Listyorini S. Pengaruh Motivasi, Disiplin, Lingkungan dan Kemampuan Terhadap Kinerja Karyawan. J Ilmu Adm Bisnis. 2014;3(2):32–9.
10. Aprilia R, Prihatini AE. Pengaruh kepemimpinan dan K3 terhadap kinerja karyawan bagian teknik PT. PLN (PERSERO) UPJ-Semarang. J Adm Bisnis. 2016;5(1):1–5.
11. DEDI H. ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KESELAMATAN KERJA, KESEHATAN KERJA, TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BONGKAR MUAT (Study Pada Pelabuhan Tanjung Emas Semarang). SKRIPSI. 2018;
Published
2022-12-20
Section
Artikel Penelitian