Pengaruh Minat Belajar Matematika terhadap Kualitas Hasil Belajar Siswa MAN 2 Palu dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam

The Effect of Interest in Learning Mathematics on the Quality of Student Learning Outcomes of MAN 2 Palu in a Review of Islamic Education Management

  • Rosalina Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu
Keywords: Pengaruh Minat Belajar, Matematika, Kualitas Hasil Belajar, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar matematika terhadap kualitas hasil belajar siswa MAN 2 Kota Palu. Untuk mengetahui tinjauan Manajemen Pendidikan Islam pada pengaruh minat belajar matematika terhadap kualitas hasil belajar siswa MAN 2 Kota Palu Hasil pengolahan data, pengujian hipotesis, dan pembahasan hasil bahwa ada pengaruh minat belajar matematika terhadap kualitas hasil belajar siswa MAN 2 Kota Palu Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan persamaan regresi sederhana Y = 73.288 + 0.133X. yang berarti bahwa apabila tidak terjadi penambahan skor jawaban dari variabel bebas Minat Belajar (X) maka Kualitas hasil Belajar/Nilai Matematika (Y) adalah 73.28. Dan setiap penambahan 1 satuan skor jawaban variabel bebas Minat Belajar (X) maka akan menambah skor jawaban variabel terikat Kualitas hasil Belajar/Nilai Matematika (Y) sebanyak 0.133 atau 13,3 %. Selanjutnya berdasarkan hasil uji simultan, diperoleh nilai signifikan 0,026 yang apabila dibandingkan dengan nilai  maka lebih kecil dari nilai  (0.05) atau 0,026 <  = 0,05 maka kesimpulannya ada pengaruh variabel bebas Minat Belajar (X) terhadap variabel terikat Kualitas Hasil Belajar (Y).Tinjauan manajemen pendidikan islam pada minat belajar matematika terhadap kulitas hasil belajar siswa di MAN 2 Kota Palu khususnya dalam penerapan fungsi-fungsi manajemen memberikan dampak yang sangat baik dalam meningkatkan minat belajar matematika.

 

References

1. Hasan M. Pendidikan Untuk Semua: Pembangunan dan Pendidikan Dalam Perspektif Ideologi-Ideologi Pendidikan. In: Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan. 2018. p. 10–7.
2. Indonesia PR. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006;
3. Winataputra US, Delfi R, Pannen P, Mustafa D. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. 2014;1–46.
4. Tafonao T. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. J Komun Pendidik. 2018;2(2):103–14.
5. Nursalam N. Diagnostik kesulitan belajar matematika: Studi pada siswa SD/MI di Kota Makassar. Lentera Pendidik J Ilmu Tarb dan Kegur. 2016;19(1):1–15.
6. Yusfaningrum K, Ghozali I. Analisis pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial melalui komitmen tujuan anggaran dan job relevant information (JRI) sebagai variabel intervening (Penelitian terhadap perusahaan manufaktur di Indonesia). 2005;
Published
2022-08-17
Section
Artikel Penelitian