Pengembangan Kecakapan Hidup (Lifes Skill ) Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam

Development of Life Skills for Students of Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu City in Review of Islamic Education Management

  • Minarni Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu
Keywords: Lifes Skill, Peserta Didik, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan kecakapan hidup (life skills) peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini membicarakan tentang bagaimana tentang pengembangan kecakapan hidup (life skill) dan bagaimana proses manajemennya. Metode penelitian ini menggunakan bantuan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan alat bantu rekam berupa handphone. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui langkah-langkah: 1) Pengamatan (observasi), 2) wawancara, 3) Dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi. Teknik pengabsahan data yang digunakan yaitu Triangulasi. Hasil penelitian adalah pengembangan kecakapan hidup (life skills) peserta didik di MAN 2 secara umum bagus,  karena dilkukan dengan perencanaan yang didukung sarana prasarana yang memadai serta sumber daya manusia yang enerjik dan berkualifikasi. Kemudian penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan pengembangan kecakapan hidup, meliputi menentukan pendidikan keterampilan yang akan dilaksanakan, menentukan tujuan, menentukan waktu pelaksanaan, kurikulum pendidikan keterampilan pilihan, menyiapkan sarana prasarana. Pengorganisasian pengembangan kecakapan hidup(life skill) peserta didik dilakukan dengan membentuk unit program keterampilan dan mengangkat kepala unit  pengembangan keterampilan yang bertugas menangani pengembangan kecakapan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Pelaksanaan pengembangan program life skill peserta didik ditetapkan pada semua tingkatan kelas dan dilaksanakan melalui kegiatan kurikuler atau pembelajaran reguler. Dan evaluasi dilakukan dengan cara berkala dan berkesinambungan. Sedangkan menurut pandangan manajemen pendidikan Islam bahwa pengembangan kecakapan hidup (life  skill ) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu sangat sesuai dengan ajaran Islam, hal itu dibuktikan dengan dukungan sejumlash ayat Al-qur’an.  

References

1. Wijayanto RD, Arianti F. Analisis pengaruh PDRB, pendidikan dan pengangguran terhadap kemiskinan di kabupaten/kota Jawa Tengah Tahun 2005-2008. UNIVERSITAS DIPONEGORO; 2010.
2. Na’im Z. Model Pendekatan Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam. Eval J Manaj Pendidik Islam. 2018;1(1):100–18.
3. Mawardi I. Pendidikan Life Skills Berbasis Budaya Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran. Nadwa J Pendidik Islam. 2012;6(2):215–30.
4. Umamah Z. Internalisasi Life Skills Dalam Pembelajaran: Studi Atas Penguatan Pendidikan Karakter di MIN 1 Kota Madiun. J Tarbiyatuna. 2018;9(2).
5. PONTI-ANAK DPN. KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL.
6. Indonesia PR. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006;
7. Kusnawan A. Perencanaan Pendidikan Tinggi Dakwah Islam. Ilmu Dakwah Acad J Homilet Stud. 2010;5(15):897–920.
8. Somantri M. Perencanaan pendidikan. PT Penerbit IPB Press; 2014.
9. Hakim A. Perencanaan Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan.
10. Rahmawati AD. Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri. Arab J Arab Stud. 2018;3(1):52–60.
11. Goffar A. Manajemen dalam Islam (perspektif al-Qur’an dan hadits). Islam Akad J Pendidik dan Keislam. 2016;8(1):35–58.
12. Sukesi Y. ANALISIS PENGAWASAN DINAS PENDIDIKAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA DI KECAMATAN BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR (Studi Kasus Pada SMPN 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; 2012.
13. Darim A. Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah J Manaj Pendidik Islam. 2020;1(1):22–40.
Published
2022-08-17
Section
Artikel Penelitian