Perkembangan Kredit Konsumtif Pasca Bencana Alam di Kota Palu Sulawesi Tengah (Studi pada BPR Palu Lokadana Utama)

Development of Consumptive Credit After Natural Disasters in Palu City, Central Sulawesi (Study on BPR Palu Lokadana Utama)

  • Abdul Rahman Taher Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu
  • Siti Zuhroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu
Keywords: Kredit, Konsumtif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kredit konsumtif dan upaya penstabilan kredit konsumtif pasca bencana alam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Kepustakaan dan Studi Lapangan. Adapun metode analisis yang digunakan adalah Analisis Trend dan Analisis data interaktif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa perkembangan kredit BPR Palu Lokadana Utama pasca bencana alam mengalami penurunan dan berdasarkan hasil analisis forcase, kredit konsumtif dan kredit pensiun menunjukkan penurunan dari semester akhir 2020 sampai semester awal 2023, begipun dengan Hasil dari analisis trend pada kredit konsumtif pegawai maupun pensiun pasca bencana alam yang terjadi di Kota Palu dan sekitarnya menunjukkan bahwa dari semester awal 2019 hingga semester awal 2020 terus terjadi penurunan

References

1. Bank Indonesia,. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. 1992
2. Budisantoso Totok, Triandaru Sigit. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Salemba Empat
3. Firdaus dan Ariyanti., Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung: Alfabeta.2009
4. Hasibuan., Dasar-dasar Perbankan. PT Bumi Aksara, Jakarta. 2011
5. Ismail. 2010. Manajemen Perbankan. Jakarta : Prendamedia Group
6. Kasmir., Manajemen Perbankan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. 2012
7. Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
8. Mohammad Aris, 2020, Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Mitra Cahaya Putrie, Journal stiepasim
9. Munawir, S.. Analisa Laporan Keuangan. Liberty, Yogyakarta. 2010
10. Pebriani,. Jurnal keuangan dan perbankan. Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, Vol. 1, No. 3, Juni 2015, Universitas Gunadarma, Depok. 2015
11. Rizka Amalia Ramadhani, 2015, Analisis Pengaruh DPK, SBDK Dan Suku Bunga Kredit Terhadap Kredit Konsumtif Di Indonesia. Jurnal Ilmiah, Universitas Brawijaya, Malang
12. Rivai., Credit Manajemen Handbook. Jakarta; Pt.Raja Grafindo Persada. 2006
13. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung. 2010
14. Suyatno,. Kelembagaan Perbankan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. 2007
Published
2022-06-11
Section
Artikel Penelitian