Pengaruh Eco-Enzyme pada Air Baku Sungai Borang Palembang Terhadap Nilai Parameter Conductivity, Total Dissolved Solid (TDS), dan Zat Organik

The Effect of Eco-Enzyme on the Raw Water of the Borang Palembang River on the Parameter Values of Conductivity, Total Dissolved Solid (TDS), and Organic Matter

  • Elis Agustina Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
Keywords: Air, Eco-enzyme, PDAM Tirta Musi Palembang

Abstract

Air merupakan media penularan penyakit, dikarenakan adanya pertambahan jumlah penduduk di dunia yang semakin bertambah jumlahnya. Air bersifat universal solvent (pelarut berbagai macam zat) oleh karena itu air sangat mudah tercemar oleh kondisi lingkungan. Air dapat tercemar oleh berbagai kontaminan antara lain padatan tersuspensi, minyak, logam berat, detergen, padatan larutan dan sebagainya sehingga diperlukannya perhatian terhadap sumber daya air tersebut terutama air sungai yang sering tercemar oleh limbah pabrik dan rumah tangga. Dalam proses pengolahan air bersih, PDAM Tirta Musi Palembang Instansi Borang dalam proses pengolahan air bersih tersebut melakukan pengujian pemberian eco-enzyme pada air baku Intake Borang. Pemberian eco-enzyme pada air baku Intake Borang dapat menghasilkan kualitas air sesuai dengan kriteria yang baik dan memenuhi persyaratan kualitas muta air.

 

References

Kencanawati M. Analisis Pengolahan Air Bersih pada WTP PDAM Prapatan Kota Balikpapan. J Transukma. 2017;2(2).

Khairunnas, Gusman M. Analisis Pengaruh Parameter Konduktivitas , Resistivitas dan TDS Terhadap Salinitas Air Tanah Dangkal pada Kondisi Air Laut Pasang dan Air Laut Surut di Daerah Pesisir Pantai Kota Padang. J Bina Tambang. 2018;3(4):1751–60.

Andini NF. Uji Kualitas Fisik Air Bersih pada Sarana Air Bersih Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Nagari Cupak Kabupaten Solok. J Kepemimp dan Pengur Sekol. 2017;2(1):7–16.

Mardiani IN, Nurhidayanti N, Huda M. Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik sebagai Bahan Baku Pembuatan Eco Enzim Bagi Warga Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi. J Abdimas Pelita Bangsa. 2021;2(01):42–7.

Fitriyani D, Rahmawati Y, Yusmaniar. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dengan 8E Learning Cycle. J Ris Pendidik Kim. 2019;9(1):30–40.

Nicola F. Hubungan Antara Konduktivitas, TDS (Total Dissolved Solid) dan TSS (Total Suspended Solid) dengan Kadar Fe2+ dan Fe Total pada Air Sumur Gali. Universitas Jember; 2015.

Cahyani H, Harmadi, Wildian. Pengembangan Alat Ukur Total Dissolved Solid ( TDS ) Berbasis Mikrokontroler Dengan Beberapa Variasi Bentuk Sensor Konduktivitas. J Fis Unand. 2016;5(4):371–7.

Apriyanti, Apriyani EM. Analisis Kadar Zat Organik pada Air Sumur Warga Sekitar TPA dengan Metode Titrasi Permanganometri. Alkimia. 2018;2(2):10–4.

Hamdani S. Panduan Praktikum Kimia Analisis. Bandung: Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia; 2012.

Putra FA, Sugiarso RD. Perbandingan Metode Analisis Permanganometri dan Serimetri dalam Penentuan Kadar Besi (II). J Sains dan Seni ITS. 2016;5(1):10–3.

Published
2022-06-11
Section
Artikel Penelitian