Hubungan Kondisi Sanitasi Lingkungan dengan Penyakit Diare di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli

The Correlation Between Environment Sanitation Condition and Diarrhea in Sidoarjo Subdistrict, Baolan District, Tolitoli Regency

  • Helena Pangaribuan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu Jurusan Keperawatan
Keywords: Kondisi Fisik Air bersih, Kepemilikan Tempat Sampah, Saluran Pembuangan Air Limbah

Abstract

Diare adalah suatu penyakit adanya tanda-tanda perubahan bentuk dan konsisten dari tinja yang melembek sampai mencair dan bertambahnya frekuensi BAB lebih dari biasanya 3 kali atau lebih dari 1 kali, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kondisi sanitasi lingkungan dengan penyakit diare di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan secara Cross Sectional Study  di mana variabel dependent dan variabel independent di kumpulkan dalam waktu bersamaan.Populasi dalam penelitian adalah 1700 jumlah Kepala keluarga dengan sampel 94 responden di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.Analisis yang di gunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Berdasarkan hasil penelitian di simpulkan bahwa ada hubungan kondisi fisik air bersih(p=0,02p<0,05) dan kepemilikan tempat sampah (p=0,027p<0,05) Saluran pembuangan air limbah (p=0,018<0,05) Kepemilikan Jamban (p=0,032p<0,05 dengan penyakit diare di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi dan bahan masukan di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

References

Setiawan I, LS A. Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Tembuku Kabupaten Bangli Tahun 2016. E-Jurnal Med. 2017;6(5):12–20.

Lahdji A, Putra BB. Hubungan Curah Hujan, Suhu, Kelembaban dengan Kasus Demam Berdarah Dengue di Kota Semarang. MEDIKA. 2017;8(1).

Candra Y. Hubungan Antara Keadaan Sanitasi Sarana Air Bersih dengan Status Gizi Balita di Desa Denbantas Tabanan Tahun 2013. Diakses pada tanggal. 2013;27.

Wulandari AP. Hubungan antara faktor lingkungan dan faktor sosiodemografi dengan kejadian diare pada balita di desa Blimbing Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen Tahun 2009. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2009.

Afriani B. Faktor Lingkungan Berhubungan dengan Kejadian Diare Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Muaradua Kabupaten Oku Selatan. Syifa’MEDIKA J Kedokt dan Kesehat. 2015;5(2):99–106.

Sintari Caniago F. Portoenterostomi pada atresia biliaris ditinjau dari Ked dan Islam. Universitas YARSI; 2010.

Sarudji DH. Kesehatan Lingkungan. 2010;

Ikhtiar M. Pengantar kesehatan lingkungan. CV. Social Politic Genius (SIGn); 2017.

Published
2021-02-15
Section
Artikel Penelitian