Strategi Pemasaran Ayam Kampung Organik pada Cv. Rahayu di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi

Organic Kampong Chicken Marketing Strategy at Cv. Rahayu in Mpanau Village, Sigi Biromaru, Sigi District

  • Moh. Salam Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Syaifuddin Nasrun Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sofya A Rasyid Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Strategi Pemasaran dan Ayam Kampung Organik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran ayam kampung organik  dan Untuk mengetahui strategi pemasaran  ayam kampung organik pada CV. Rahayu di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.  Penelitian ini di laksanakan di Peternakan CV. Rahayu Jl. Pramuka No. 208 Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi pada bulan November 2018 sampai dengan Januari 2019. Penentuan lokasi dipilih secara sengaja (purpossive) Responden dalam penelitian berjumlah 5 orang yang terdiri dari pihak internal 1  orang yakni pimpinan CV. Rahayu dan 2 orang karyawan, sedangkan dari pihak eksternal adalah 2 orang konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Faktor koefisien IFAS kekuatan adalah sebesar 1,95 dan koefisien  kelemahan adalah sebesar 0,75. Faktor koefisien EFAS peluang memiliki skor 1,04 dan faktor ancaman (threaths) memiliki skor 0,38. Hasil analisis matriks SWOT diperoleh beberapa strategi-strategi alternatif yaitu memanfaatkan hubungan kerja sama dengan konsumen dalam hal membantu pemasaran ayam kampung organik ke luar kota, memanfaatkan reputasi kualitas daging ayam kampung terhadap pasar tersedia, menciptakan deversifikasi produk dengan memanfaatkan adanya perkembangan teknologi, mempererat hubungan kerja sama terhadap beberapa swalayan maupun pelanggan tetap, meningkatkan promosi melalui berbagai media dengan adanya peningkatan teknologi, melakukan inovasi dengan mempertahankan kualitas yang ada, mempererat hubungan kerja sama dengan beberapa swalayan dan rumah makan, memberikan sosialisasi terhadap masyarakat di peternakan ayam sebagai promosi dan usaha,  mengadakan pendiskonan ayam kampung organik tiap 3 bulan sekali serta meningkatkan volume produksi/persediaan ayam kampung organik.

References

Agromedia. 2007. Budidaya Jagung Hibrida. PT Agromedia Pustaka. Jakarta

Anonim, 2012. Jagung. http://id.wikipedia.org/wiki/Jagung. Diakses Pada 30 Agustus 2019.

Dumairy. (2004). Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga Hernanto, F.

Kementerian Pertanian.2016. Modul Pendampingan Mahasiswa dalam Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian 2016.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Salemba. Empat. Jakarta

Rauf UA, Masdul MR, Lasawali AA. Strategi Dakwah Pondok Pesantren Al-Istiqamah dalam Pembinaan Masyarakat Desa Sigimpu Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. J Kolaboratif Sains. 2020;3(6):312–6.

Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Teori dan Aplikasi. Raja grafindo Persada : Jakarta. 2003.

Published
2021-01-15
Section
Artikel Penelitian